Tidak diragukan lagi kekuatan super membuat kehidupan pahlawan super lebih mudah, tetapi terkadang ada karakter-karakter tragis yang berjuang mengendalikan kekuatan mereka. Marvel atau DC sering kali mengembangkan karakter dengan kekuatan yang tidak dapat diprediksi, bahkan ada beberapa dari pahlawan super justru mendapatkan kekuatan super sebagai kutukan yang harus mereka terima.

Sekolah seperti di X-Men atau mentoring dari pahlawan super yang lebih dahulu melawan kejahatan, membantu para pahlawan melatih kekuatan mereka sampai akhirnya mereka dapat membantu orang lain dan melakukannya dengan aman. Berikut sepuluh pahlawan super yang telah berjuang bertahun-tahun untuk mengendalikan kekuatan luar biasa mereka, dan terbukti dapat berakibat fatal terhadap orang disekitarnya atau bahkan dirinya sendiri.

DC: Wally West

Wally West harus berjuang melawan rasa kehilangan istri dan anak-anaknya ketika menjadi Scarlet Speedster di era DC Rebirth, yang membuat dirinya tidak bisa mengontrol energi Speed ​​Force di dalam dirinya. Hal tersebut menyebabkan ledakan Speed Force dahsyat yang menyebabkan kematian orang lain sekaligusnya membuatnya kontroversial karena harus berusaha menutupi kejahatannya tersebut.

DC: Damage

Nama asli Damage adalah Grant Emerson, seorang remaja yang menemukan dirinya mempunyai kekuatan destruktif yang jika sedikit saja hilang kendali hal tersebut akan menyebabkan kekacauan. Walaupun dia tercatat sebagai pahlawan super, tetapi dia pernah menggunakan kekuatannya dan meratakan setengah dari pusat kota Atlanta. Kekuatannya tersebut membuat dirinya seperti reaktor nuklir berjalan yang terus-menerus menyerap energi disekitarnya, hal tersebut sangat berbahaya karena jika dia tidak melepaskan dayanya secara berkala, dia akan meledak.

DC: Human Bomb

Roy Lincoln alias Human Bomb awalnya terpapar bahan kimia eksperimental yang menyebabkan tubuhnya menghasilkan ledakan tak terkendali saat kulitnya disentuh. Hal tersebut membuatnya harus mengenakan kostum khusus untuk melindungi dirinya sekaligus orang di sekitarnya. Dia bisa meningkatkan ukuran ledakan dengan tambahan energi pada pukulannya. Dengan begitu, semakin kuat Human Bomb semakin besar juga dampak kerusakan akibat ledakan dari kulitnya.

Marvel: Hazmat

Avengers Academy memperkenalkan Jenny Takeda sebagai pahlawan super yang dikenal sebagai Hazmat. Kekuatan mutannya menyebabkan dia memancarkan gelombang radiasi mematikan yang tidak dapat dikendalikan, memaksanya untuk mengenakan kostum anti radiasi agar tidak meracuni orang di sekitarnya. Pada kisah penculikan tragis di Murderworld, Hazmat meledakkan dan mengeluarkan sebagian besar energinya, kejadian tersebut membuat dirinya tidak perlu mengenakan kostumnya lagi.

Marvel: Hulk

Ketika Bruce Banner pertama kali terkena radiasi gamma, transformasinya menjadi Hulk membuatnya seperti manusia serigala. Saat menjadi Hulk, walaupun beberapa kali Banner pernah bisa mengendalikannya, dia sering hilang kendali sampai mengamuk dan menyebabkan kekacauan. Di film Avengers: Age of Ultron bahkan diperlihatkan Tony Stark harus menggunakan Hulkbuster untuk menenangkan Hulk setelah menghancurkan satu kota.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2

1
2