Marvel Cinematic Universe saat ini akan menggali lebih dalam tentang makhluk yang paling kuat yang pernah ada di universe tersebut, yaitu Celestials. Pertama kali diperkenalkan di film pertama Guardians of the Galaxy, Celestials adalah makhluk yang memiliki kekuatan dahsyat yang bisa disetarakan dengan dewa. Mereka bisa menghancurkan atau membuat sebuah planet.

Dalam cerita komiknya, dengan kekuatan yang mereka miliki, para Celestials ini memiliki pengaruh terhadap terciptanya bumi. Namun, di filmnya sendiri baru sedikit kemampuan Celestials yang diperlihatkan. Dalam GOTG Vol. 2, ayah dari Star-Lord, Ego, merupakan salah satu dari Celestials, yang tidak lain adalah Ego the Living Planet. Di filmnya dijelaskan bahwa dia adalah seorang Celestials dan bisa memanipulasi sesuatu untuk menciptakan bentuk Humanoidnya.

Ego juga memiliki kemampuan untuk menyebarkan sel-sel miliknya ke planet lain, dan dengan bantuan dari Celestials lainnya, mengembangkan pikirannya ke seluruh alam raya untuk mengambil alih planet lain. Ego sendiri tidak tahu Celestial lainnya yang masih hidup. Meskipun Ego tidak dianggap sepenuhnya sebagai dewa, namun di komiknya Celestials adalah salah satu makhluk yang bisa menciptakan atau menghancurkan apapun.

Mengingat mereka juga adalah sosok yang abadi, sulit untuk membunuh para Celestials. Bisa dibilang, para Celestials ini satu tingkat di bawah sosok yang memang dikenal sebagai “Sang Pencipta” di alam raya Marvel, yang tidak lain adalah The One Above All. Sampai sejauh ini, MCU masih belum memperlihatkan sampai sejauh mana kekuatan dari para Celestials.

Meskipun begitu, mengingat ukuran mereka yang besar dan berbagai hal lainnya, para penonton mungkin bisa memperkirakan bahwa mereka adalah makhluk yang kuat. Di MCU, Knowhere merupakan sebuah tempat yang sebenarnya berada di dalam kepala dari seorang Celestials yang sudah tewas. Berbagai sumber daya di dalamnya benar-benar sangat luar biasa, dan berdasarkan ukuran kepalanya saja, artinya ukuran tubuh Celestials benar-benar sangat masif.

Salah satu Celestials sempat diperlihatkan sedang menghancurkan planet dengan menggunakan Power Stone. Untuk saat ini, keberadaan pasti dari para Celestials di MCU masih belum diketahui, namun mungkin pada akhirnya kita akan tahu di mana posisi mereka setelah film Eternals dirilis – atau ketika film GOTG Vol. 3 dirilis. Para Celestials sendiri tidak ada ketika Thanos menghancurkan setengah dari kehidupan di alam raya tersebut.

Mengingat mereka lahir di luar ruang dan waktu, ada kemungkinan efek Decimation dari Thanos tidak berpengaruh terhadap para Celestials. Lagipula, Celestials adalah kelompok yang membuat atau menciptakan Infinity Stones. Dirilisnya film Eternals diharapkan bisa menggali lebih dalam tentang para Celestials ini dan mengetahui di mana keberadaan mereka di MCU.

Lagipula, merekalah yang menciptakan para Eternals dengan melakukan eksperimen terhadap manusia purba. Ketika filmnya dirilis, mungkin kita akan tahu lebih banyak tentang para Celestials, di mana keberadaan mereka, dan apakah mereka sebenarnya jahat atau baik. Filmnya sendiri akan dirilis pada November 2021 mendatang, jadi kita nantikan saja ya Geeks!

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.