Sering kali dianggap sebagai Batman dari Marvel Universe, Moon Knight adalah sosok karakter yang sangat kompleks. Meskipun dia memiliki berbagai hal yang sangat rumit, mulai dari kepribadiannya, asal-usulnya, dan juga sejarahnya, Marvel Studios tetap pada akhirnya memenuhi keinginan para fans untuk menghadirkan sosoknya di MCU. Bahkan, Moon Knight akan memiliki seriesnya sendiri di platform Disney Plus.

Sebagian fans mungkin pada akhirnya senang dan tidak sabar untuk segera melihat Marc Spector muncul secara “nyata” untuk pertama kali, namun bisa dipastikan ada banyak fans Marvel lainnya yang kurang begitu mengenal sosok ini. Lalu, apa saja informasi yang perlu diketahui oleh para fans mengenai sosok Moon Knight? Berikut adalah pembahasannya.

Bukan Pahlawan, Melainkan Musuh

Penampilan pertama Moon Knight di komik Marvel mungkin tidak seperti yang banyak fans duga atau perkirakan. Moon Knight pertama kali muncul di komik Werewolf By Night dan seharusnya dia menjadi antagonis untuk dua cerita pertamanya. Namun, yang tidak diduga oleh Marvel adalah justru karakter Moon Knight menjadi sangat populer. Karena kesuksesan karakternya, akhirnya Moon Knight muncul di berbagai judul komik lain, bergabung dengan para pahlawan lainnya, sampai kemudian dia mendapatkan seri komiknya sendiri.

Menolak Kepercayaan Keluarganya

Keluarga Marc Spector sebenarnya adalah Yahudi. Keluarganya berhasil kabur dari peristiwa Holocaust dan akhirnya berhasil menemukan tempat aman di Amerika. Namun, Marc sendiri sepenuhnya menolak kepercayaan yang dianut oleh keluarganya sejak kecil. Ayah dari Marc sendiri adalah seorang Rabbi, atau pemuka agama Yahudi. Namun, Marc tetap tidak mau menerima dan mengakui kepercayaan keluarganya. Perannya sebagai seorang vigilante dan juga Moon Knight menjadi alasan mengapa dia menolak kepercayaan keluarganya.

Mantan Anggota CIA

Sebelum mendapatkan kekuatan yang membuatnya menjadi Moon Knight, Marc Spector sebenarnya adalah anggota badan intelijen rahasia Amerika, CIA. Dia dilatih dengan berbagai macam kemampuan dan keahlian, yang mana hal itu kemudian membentuk karirnya. Dia dahulu bekerja sama dengan sang adik, yang mana sosok tersebut kemudian berubah menjadi seorang villain yang dikenal sebagai Crossfire. Semua keahlian yang dia pelajari selama menjadi anggita CIA, membantunya menjalankan tugas sebagai Moon Knight.

Mantan Tentara Bayaran

Selepas menjadi bagian dari CIA, Marc kemudian menjalankan bisnis pribadinya sebagai tentara bayaran. Sudah ada banyak kriminal dan kelompok lainnya yang menyewa jasa Marc. Hal inilah yang membuat Marc harus terjun ke dalam dunia hitam, dan mengenal dengan sangat dalam tentang dunia kriminal. Bahkan, bisa dibilang seluruh kekayaan yang dia miliki berasal dari pekerjaannya sebagai tentara bayaran. Orang-orang rela membayar mahal Marc untuk berbagai tugas yang berbahaya.

Khonsu

Khonsu merupakan dewa bulan dan pembalasan dendam. Khonsu juga adalah sosok yang memberikan Marc Spector kekuatan supranatural, dan juga sosok yang memberikan Marc kesempatan kedua setelah dia tewas karena menolak menjalankan tugas, untuk menghancurkan sebuah wilayah di Mesir. Khonsu memang memberikan Marc kekuatan dan kesempatan kedua, namun ada hal yang mungkin tidak semuanya sadari.

Sosok Marc Spector sendiri sudah tewas saat dia dibunuh di Mesir. Sosok yang bangkit kembali adalah perwakilan dari Khonsu. Karena itulah kekuatan dan berbagai hal yang bisa dilakukan oleh Marc, sebenarnya bukan diberikan oleh Khonsu. Tubuh Marc terkoneksi dengan kekuatan Khonsu, yang mana Marc bisa menggunakan berbagai kemampuan luar biasa miliknya.

Mengalami Gangguan Kepribadian

Seperti disebutkan di atas, Moon Knight merupakan superhero yang “unik” karena dia memiliki gangguan kepribadian. Marc Spector adalah seorang penderita Dissociative identity disorder (DID) atau secara singkatnya adalah gangguan kepribadian. Gangguan mental ini membuat Marc memiliki beberapa kepribadian, sehingga dia memiliki perbedaan ingatan (memory gaps) antara satu kepribadian dengan kepribadian yang lain.

Kondisi ini sudah dimulai ketika Marc masih berusia sangat muda. Marc yang hidup di era perang dunia kedua dan merupakan seorang keturunan Yahudi, berusaha untuk bisa selamat dari serangan Nazi. Dan pada saat itulah gangguan mental ini mulai muncul dalam diri Marc. Ketika dia mencoba untuk mengobati masalah kepribadiannya ini ke psikiater, disanalah dia bertemu dengan Khonsu untuk pertama kalinya.

Rivalitas Dengan Dracula

Dracula mungkin adalah vampir paling tua di Marvel Univserse, dan merupakan salah satu karakter yang unik. Namun, di sisi lain, dia juga adalah musuh lama alias musuh bebuyutan dari Moon Knight. Moon Knight sering kali mencari keberadaan Dracule, terutama setelah dia berbohong dan berpura-pura menjadi bagian dari Avengers (yang mana kemudian Marc ketahui faktanya bahwa itu adalah bohong). Rivalitas ini juga yang diharapkan para fans bisa muncul di seriesnya nanti.

Moon Copter

Banyak pahlawan super memiliki moda transportasnya sendiri yang terinspirasi dari alter ego mereka. Jika Batman memiliki Batmobile, maka Moon Knight juga memiliki kendaraanya sendiri. Nama kendaraan Moon Knight adalah Moon Copter. Moon Copter sendiri adalah sebuah pesawat terbang yang berbentuk seperti bulan sabut. Moon Knight sangat menarik di mana sering kali pesawat ini lepas landas dalam kondisi vertikal. Moon Copter memang jarang sekali dimunculkan di komiknya, namun tentu akan menarik jika dihadirkan di seriesnya nanti.

Dibenci Taskmaster

Seperti yang mungkin Geeks sudah ketahui, bahwa salah satu kemampuan dari musuh Black Widow, Taskmaster, adalah menirukan secara persis kemampuan atau keahlian seseorang – baik pahlawan atau villain – di Marvel Universe. Hampir semua orang bisa Taskmaster tirukan gerakannya, namun ada satu orang yang tidak akan bisa dia tirukan gerakannya yaitu Moon Knight.

Simpelnya, gaya bertarung atau pergerakan dari Moon Knight tidak bisa diprediksi dan juga sangat gila. Marc tidak pernah menahan serangan yang datang ke arahnya, namun dia justru menyambut serangan tersebut dengan harapan pukulannya akan jauh lebih efektif dan mematikan. Taskmaster tidak senang dengan gaya bertarung tersebut, karena itulah dia membenci dan tidak pernah mau menirukan gaya bertarung dari Marc Spector.

Last of The Knights

Marvel Knights menghadirkan para pahlawan dengan level jalanan, seperti Daredevil, Elektra, Punisher, atau bahkan Black Panther. Ini adalah kelompok pahlawan lainnya di Marvel Universe, selain Avengers dan kelompok lain. Moon Knight sendiri juga adalah bagian dari Marvel Knights. Ada sebuah fakta menarik mengenai Marvel Knights, di mana hampir semua anggotanya pernah muncul di layar lebar atau muncul dalam versi live-action. Dengan Shang-Chi yang akan muncul pada tahun ini di film layar lebar, artinya Moon Knight akan menjadi Knights terakhir yang mendapatkan adaptasi.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.