Ketika Luffy sibuk untuk menghadapi Kaido di atap istananya, Kidd dan Killer sibuk untuk menghadapi Yonko yang lain yaitu Big Mom. Di chapter sebelumnya diperlihatkan bagaimana rencana dari Kidd akhirnya berhasil, untuk memisahkan Kaido dan Big Mom. Hal ini untuk mempermudah kelima Worst Generation untuk bisa mengalahkan kedua Yonko.

Big Mom sempat diperlihatkan jatuh dari Onigashima, namun dia kemudian berhasil diselamatkan oleh Promotheus. Big Mom juga bahkan sempat membuat satu Homies baru yaitu Hera, yang kekuatannya tidak kalah mengerikan dari Homies Big Mom lainnya. Big Mom sendiri terjatuh ke salah satu lantai istana Kaido, yang mana hal itu membuat Kidd berusaha mengejarnya.

Di chapter 1013 kemarin, kita melihat bagaimana Big Mom hampir saja menyerang Nami dan Usopp. Bahkan, dia juga hampir saja menyerang Otama, yang dianggapnya tidak tahu berterima kasih dan berkhianat. Beruntung, sebelum Big Mom melancarkan serangannya, Kidd berhasil menahan Big Mom dengan Punk Gibson. Kidd juga bahkan membuat Big Mom tersungkur.

Monkey D. Luffy (Character) - Comic VineBerbicara mengenai Kidd, banyak fans yang beranggapan bahwa dia akan berhasil mengalahkan Big Mom. Bukan hanya itu, Kidd akan berhasil mengalahkan Big Mom dengan menggunakan Advanced Conqueror Haki, seperti halnya Luffy. Harus diakui bahwa untuk menghadapi mereka yang paling kuat, maka Conqueror Haki adalah hal mutlak yang diperlukan.

Mengingat Kidd adalah sosok yang dianggap sebagai rival dari Luffy, rasanya wajar dan masuk akal jika kemudian Kidd juga memiliki kemampuan Advanced Conqueror Haki. Dalam kasus Luffy, kemampuannya untuk bisa membangkitkan Advanced Conqueror Haki dikarenakan dia sebelumnya sudah menguasai Advanced Armament Haki, yang mana hal ini membuat Luffy lebih mudah mengendalikan Conqueror Haki.

Beriktu adalah penjelasan singkat mengenai level dari Armament Haki:

  • Basic/dasar – mengeraskan bagian kulit penggunanya
  • Intermediate/menengah – mengalirkan Haki keluar dari tubuh
  • Advanced/tingkat atas – mampu menembus pertahanan musuh dengan menggunakan Haki serta menghancurkan apapun dari dalam.

OPspoiler (@OPspoiler) | TwitterBagaimana dengan Kidd? Untuk kasus Kidd, ada kemungkinan dia sudah menguasai level dasar dari Armament Haki sehingga dia bisa lebih leluasa mengendalikan Conqueror Haki. Dalam pertarungannya melawan Big Mom, besar kemungkinan bahwa Kidd juga akan melapisi dirinya dengan Advanced Conqueror Haki. Namun, rasanya menguasai level tertinggi dari Conqueror Haki – bagi sosok Kidd – dalam waktu singkat dirasa tidak masuk akal.

Salah satu hal yang unik dan menarik dalam pertarungan melawan para Yonko adalah para Suoernova atau Worst Generation memiliki metode mereka masing-masing untuk menyerang atau melukai para Yonko. Dan hal ini rasanya masih akan berlanjut ke aspek lainnya, seperti menguasai Advanced Conqueror Haki.

Lalu, pertanyaannya kemudian bagaimana Kidd akan belajar menguasai Advanced Conqueror Haki? Jawabannya adalah melalui buah iblisnya. Sampai saat ini, kita masih belum mengetahui bagaimana kekuatan penuh dari buah iblis. Namun, buah iblis sendiri diketahui memiliki keterkaitan dengan hal yang mengandung magnet. Mungkin hal ini akan dijelaskan lebih lanjut ketika Kidd menggunakannya untuk membangkitkan Advanced Conqueror Haki miliknya.

Chapter 1013 suggests how Kid will unlock Advanced Conqueror's Haki against Big Mom! - One PieceChapter 1013 kemarin memberikan kita petunjuk mengenai hal ini, dimana serangan dari Big Mom – yaitu Meser Cannon – memiliki keterkaitan dengan elektromagnetik. Jadi, singkatnya, Kidd akan menciptakan sebuah medan magnet yang akan menjadi fondasi bagi Advanced Conqueror Haki miliknya. Ini akan menjadi cara lain selain menguasai Advanced Armament Haki.

Hal ini juga yang diyakini dilakukan oleh Whitebeard, dimana dia menggunakan gelembung gempa (quake buble) sebagai dasar dari Advanced Conqueror Haki miliknya. Hal ini seolah kembali memperkuat spekulasi bahwa Kidd akan menjadi Whitebeard bagi Luffy yang memiliki kesamaan dari Roger.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.