Serial Bleach memang telah tamat beberapa tahun yang lalu, namun serial ini telah menjadi legenda seperti Naruto dan juga One Piece. Sehingga, wajar jika Bleach hingga sekarang masih menjadi pembahasan yang menarik bagi para penggemarnya. Bleach memiliki cerita yang menarik dengan menceritakan Kematian atau yang biasa dikenal dengan istilah Soul Reaper.

Soul Reaper merupakan seseorang yang bertugas untuk membasmi monster gaib bernama Hollow dan memiliki kekuatan yang luar biasa. Namun, Soul Reaper juga memiliki tugas lain yang memiliki hubungannya dengan hal-hal yang berbau ghaib dan menyangkut keselamatan umat manusia. Oleh sebab itu, tugas dari Soul Reaper menjadi sangat penting dalam serial Bleach. Lantas bagaimana syaratnya untuk menjadi seorang Soul Reaper? Berikut syarat-syaratnya!

Melalui Shinōreijutsuin

Sebelum menjadi seorang Soul Reaper sejati, kalian harus masuk dalam sebuah Akademi yang bernama Shinōreijutsuin, para kadet akan berlatih teknik dasar menjadi seorang Soul Reaper dan berlatih menggunakan pedang Zanpakutonya hampir setiap saat. Tindakan ini bertujuan untuk melatih para calon Soul Reaper agar menjadi kuat dan terbiasa dengan pedang yang mereka gunakan.

Selain dilatih bertarung, para kadet juga mendapat pelatihan beberapa keterampilan lainnya yang mereka perlukan untuk menjalankan tugasnya menjadi seorang Soul Reaper, seperti mengevakuasi masyarakat dan melacak Hollow. Bahkan seorang Soul Reaper juga akan mendapat pengetahuan mengenai roh gentayangan yang terkadang menjadi hantu di dunia manusia.

Belajar Tata Ruang Soul Society

Dunia para Soul Reaper tinggal bernama Soul Society, mereka menghabiskan waktunya untuk menjaga kota ini menjadi damai dan berlatih untuk menjadi Soul Reaper yang ideal. Oleh sebab itu salah satu syarat menjadi Soul Reaper adalah menghafal kota Soul Society. Sebab Soul Society memiliki banyak labirin dan memiliki wilayah yang sangat luas. Oleh sebab itu para calon Soul Reaper jangan sampai tersesat saat merintis karirnya. Selain itu, dengan menghafal lokasi di Soul Society membuat para calon Soul Reaper bisa mudah menyelesaikan tugas di lapangan.

Pelepasan Roh

Soul Reaper pada umumnya memiliki baju yang sangat mencolok dengan baju dominan hitam dan pedang yang selalu dibawa kemana-mana. Oleh sebab itu, para Soul Reaper bisa memiliki dua jasad yang berbeda, yang satu digunakan di dunia manusia dan memiliki tubuh dan pakaian normal. Namun, jika melakukan pelepasan jiwa, seorang Soul Reaper bisa langsung mengaktifkan kekuatan dan mengenakan pakaian resminya sekaligus. Teknik pelepasan roh bisa mempermudah Soul Reaper saat menjalankan tugas.

Terbiasa Mengurusi Dokumen

Meski seorang Soul Reaper harus memiliki skill bertarung yang tinggi, namun terkadang mereka juga harus terbiasa dengan mengurus beberapa dokumen. Pada umumnya, Soul Reaper akan semakin sibuk berurusan dengan dokumen ketika telah menjabat menjadi seorang kapten atau wakil kapten. Namun, ada beberapa kapten yang memilih untuk tidak ingin berurusan dengan sebuah dokumen karena itu adalah aktivitas yang melelahkan seperti Kenpachi, Ikkaku dan lain-lain. Oleh sebab itu sejak awal seorang kadet harus telah terbiasa mengurusi sebuah dokumen penting.