Stormtroopers adalah fondasi militer Kekaisaran di Star Wars, tetapi berapa gaji sebenarnya untuk Stormtroopers? Karena mereka berada di pihak musuh, film Star Wars tidak membahas secara detail kehidupan para Stormtroopers. Namun, di beberapa literasi lain seperti buku, game, dan serial Star Wars, memperlihatkan sedikit keseharian para Stormtrooper, termasuk beberapa informasi mengenai bagaimana mereka digaji.

Setelah Clone War berakhir, Palpatine baru dari Kekaisaran Galaksi mulai mencari cara baru untuk meningkatkan kekuatan militernya. Proyek kloning Kamino dihentikan, pasukan klon yang tersisa melayani Kekaisaran sementara untuk perekrutan anggota baru diwajibkan dari seluruh galaksi. Seperti yang terlihat di serial Star Wars: The Bad Batch, beberapa pasukan klon yang lebih elit bertugas melatih dan memimpin regu Stormtroopers baru, menciptakan semacam jembatan antara era Republik dan Kekaisaran.

Admiral Tarkin mengatakan dalam The Bad Batch bahwa Stormtrooper normal jauh lebih hemat dan efisien dibandingkan dengan versi kloningnya, tetapi dia tidak membahasnya lebih detail lagi. Berkat beberapa cerita Star Wars lainnya, situasi finansial militer Kekaisaran menjadi sedikit lebih jelas. Seperti standar militer di dunia nyata, Kekaisaran menyediakan makanan dan perumahan untuk tentaranya. Dalam beberapa kasus, hal tersebut cukup menjadi alasan bagi seorang warga muda untuk mendaftar, terutama bagi mereka yang berasal dari planet di mana ekonomi mereka terpuruk akibat Clone War.

Dengan mendaftar, mereka berharap mendapatkan penghasilan yang konsisten untuk menghidupi keluarga mereka yang miskin, seperti yang dilakukan Luke Skywalker saat menghadiri Akademi Kekaisaran di awal A New Hope. Stormtroopers menerima pembayaran rutin dalam bentuk uang Imperial. Sebagian besar dari mereka mengirim langsung uang Imperial ke keluarga mereka di planet asal mereka, walaupun ada beberapa yang menghabiskannya untuk bersenang-senang.

Semakin tinggi pangkat Stormtrooper di Kekaisaran, semakin besar bayaran mereka. Tetapi untuk kebanyakan Stormtrooper normal, uang Imperial yang mereka terima jumlahnya relatif UMK (Upah Minimum Kekaisaran). Mereka lebih tertarik dengan janji stabilitas ekonomi di tengah masa paceklik akibat Clone Wars, janji tersebut digunakan Kekaisaran sebagai propaganda untuk merekrut pasukan dan memastikan kesetiaan mereka.