Seri komik Heroes Reborn sudah mengubah Marvel Universe menjadi sesuatu yang hampir tidak bisa dikenali lagi. Bukan hanya ceritanya dipenuhi oleh berbagai intrik, tetapi juga menjadi sebuah kesempatan yang baik untuk memperkenalkan salah satu kelompok pahlawan terhebat dari Marvel Comics, yaitu the Squadron Supreme. Bisa dibilang, ini merupakan Justice League versi Marvel.

The Squadron Supreme sendiri dipimpin oleh Superman versi Marvel, sosok yang mengakui dirinya sendiri sebagai Super-Sentinel of Liberty, yaitu Hyperion. Meskipun Hyperion dan Squadron Supreme adalah “Superman” versi Marvel, namun sebenarnya Marvel Comics sendiri sebelumnya sudah memperkenalkan Superman versi mereka, yaitu Sentry. Dan pasti pertanyaan besarnya kemudian adalah siapa di antara Hyperion dan Sentry yang akan menang bila mereka bertarung?

Sentry, Kekuatan Avengers Yang Terlupakan

Bob Reynolds alias Sentry merupakan salah satu karakter pahlawan paling kuat di seluruh Marvel Universe. Ketika Bob pertama kali diperkenalkan dalam komik Sentry #1 pada tahun 2000, masa lalunya menjadi sebuah misteri. Tidak ada satu orang pun yang mengingat siapa dia sebenarnya. Namun, hal ini sebenarnya dilakukan untuk melindungi umat manusia dari sosoknya yang jahat, the Void.

Bob mendapatkan kekuatannya setelah dia mencuri sebuah serum Super Soldier, dan kemudian mengonsumsinya. Tanpa diduga, dia mendapatkan kekuatan yang sangat luar biasa. Kekuatannya sama dengan satu juta matahari yang meledak. Selain kekuatan super, Sentry memiliki sederet kekuatan lainnya, termasuk energi yang berasal dari kekuatannya sendiri.

Keunikan kekuatannya membuat Sentru bisa mengatur molekul di tubuhnya secara mandiri, seperti yang diperlihatkan dalam komik Dark Avengers #12. Dengan semua kemampuan dan kekuatan yang ada, wajar jika Sentry merupakan sosok yang paling kuat sejagat Marvel. Dan di sisi lain, dia juga menjadi sosok yang mengerikan – bila sosok Void muncul dari dalam dirinya.

Hyperion, Kekuatan “Baru” Marvel Universe

Sosok Mark Milton sudah beberapa kali dimunculkan di Marvel Comics dalam beberapa tahun belakangan, dan versi yang terbaru adalah yang muncul di seri Heroes Reborn. Dibandingkan dengan versi sebelumnya, versi terbaru ini dianggap jauh lebih kuat. Sama halnya seperti Superman, Mark datang ke bumi ketika dia masih bayi. Dia adalah ras alien yang tersisa dari dunianya yang hancur.

Dibesarkan oleh sepasang orang tua yang ada di wilayah tengah Amerika, Mark Milton tumbuh dan berkembang menjadi sosok pahlawan yang memiliki tekad kuat. Dia juga sangat berdedikasi dengan prinsip hidupnya. Yang menarik adalah Hyperion memiliki kekuatan super, yang belum pernah dimiliki oleh versi sebelumnya. Di sisi lain, Hyperion juga sering kali digambarkan sebagai penerus dari para Eternals atau Celestials.

Berkat hal tersebut, Mark memiliki kemampuan untuk bisa terbang dan juga kekuatan yang luar biasa. Dengan gabungan kedua hal tersebut, Hyperion mampu mengalahkan Galactus dalam Heroes Reborn #2. Bahkan, dia juga diperlihatkan menggunakan optic beams untuk membunuh Hulk. Hyperion bukan hanya menjadi lawan tangguh bagi Sentry, tetapi juga menjadi sosok musuh yang sulit untuk ditaklukan.

Siapa Yang Menang?

Hyperion mungkin adalah sosok pahlawan yang selalu membela kebenaran, keadilan, dan juga prinsip yang dia yakini benar. Namun, di sisi lain, apa yang dianggap benar tersebut semuanya tergantung pada kompas moral Hyperion itu sendiri. The Sentry tidak pernah ragu memperlihatkan kemarahannya yang sangat gila, namun dengan kepercayaan diri yang berlebihan yang dia miliki membuatnya harus tewas di tangan Knull.

Belum lagi dengan adanya ancaman the Void, membuat Sentry sering kali menahan dirinya sendiri. Jika ada seseorang yang bisa mengalahkan sosok Bob, maka orang tersebut adalah Mark Milton. Seperti disebutkan di atas, Mark tidak pernah ragu menghabisi musuhnya. Meskipun Hyperion memiliki kelemahan, yaitu Argonite, namun bukan berarti Hyperion tidak bisa mengalahkan Sentry.

Ketidakstabilan mental menjadi masalah besar bagi Bob. Dan ini bisa menjadi sumber kelemahan juga bagi Bob. Jadi, berdasarkan pertimbangan tersebut, jika keduanya saling bertarung maka Hyperion akan menjadi pemenangnya. Namun, kemenangan tersebut bukan menjadi kemenangan yang mudah.