Seperti yang kita ketahui, impian terbesar Luffy di cerita One Piece adalah menemukan keberadaan harta karun paling berharga dan kemudian menjadi sosok raja bajak laut, posisi yang selalu dia impikan dan sudah dia impikan sejak lama. Proses perjalanan menuju pulau terakhir sendiri saat ini sudah berkisar 70%, yang artinya seri ini atau petualangan Luffy sudah akan mendekati akhir.

Dalam setiap pertemuan, pasti akan selalu ada perpisahan. Kru Topi Jerami tidak diragukan lagi adalah kru yang paling menarik dan unik dibandingkan kru lainnya. Kru mereka pun bisa dibilang lengkap. Tapi, seperti yang kita tahu bahwa Eiichiro Oda, selaku kreator serinya, senang dengan adanya similaritas atau paralel antara cerita yang sudah terjadi dengan cerita yang sedang terjadi.

Gol D. Roger adalah salah satu orang yang berhasil pergi ke Laugh Tale, pulau terakhir di Grand Line.  Disana dia menemukan One Piece, dan rahasia lainnya. Tidak hanya Roger, para krunya yang lain – kecuali Shanks dan Buggy – juga ikut menikmati pulau Laugh Tale dan tertawa bersama di pulau tersebut. Setelah semuanya selesai, Roger kemudian memutuskan untuk membubarkan krunya.

Luffy selalu dikaitkan sebagai “reinkarnasi” atau sosok paralel dari Roger. Dan sudah menjadi pola cerita yang umum dalam genre Shonen, dimana di akhir cerita pastinya sang karakter utama akan mewujudkan mimpi. Artinya, bisa diasumsikan bahwa Luffy, di akhir cerita nanti, akan berhasil pergi menuju Laugh Tale dan menemukan One Piece serta mengungkapkan rahasia lainnya.

ADVERTISING
amp-fx-flying-carpet height="300px">
ADVERTISING

Luffy juga mungkin akan membubarkan, dan berpisah dengan seluruh kru lainnya seperti halnya Roger. Dengan anggapan bahwa itu memang benar akan terjadi kepada kru Topi Jerami, lalu apa yang akan terjadi kepada yang lainnya? Dalam artikel sebelumnya sempat dibahas kemungkinan Oda Sensei yang sudah mempersiapkan cerita akhir dari masing-masing kru.

Dalam artikel tersebut disebutkan bahwa Sanji mungkin akan kembali ke Wano, Sanji akan menjadi chef terkenal, dan Luffy mungkin akan pulang ke desa Fusha. Tapi, ada kemungkinan lainnya yang bisa saja terjadi. Trio monster ini mungkin akan mengikuti jejak Rocks D. Xebec atau Roger, dimana mereka akan membentuk kru mereka sendiri.

Kita bisa melihat Shanks, yang dulunya adalah kru dari Roger. Setelah berpisah dengan kru Topi Jerami, dia lalu membentuk kru bajak lautnya sendiri dan kemudian mulai mendapatkan gelar sebagai Yonko. Hal ini mungkin saja terjadi kepada Luffy, Zoro, dan Sanji dimana mereka mulai membentuk kru mereka sendiri.

Untuk Zoro, mungkin dia akan membentuk kru bajak laut yang khusus untuk memburu bajak laut buronan. Seperti yang kita tahu, bahwa Zoro pada awalnya adalah seorang pemburu buronan. Zoro memiliki beberapa rekan yang juga sama-sama pemburu buronan. Dengan kemampuan yang dia miliki, Zoro bisa saja memimpin sebuah pasukan bajak laut yang memang bergerak dalam hal memburu para buronan.

Dengan kekuatannya yang dahsyat, bukan tidak mungkin juga Zoro akan mengisi posisi Yonko yang kosong. Tapi, tentunya hal itu akan terjadi setelah Zoro mewujudkan mimpinya mengalahkan Dracule Mihawk dan menjadi ahli pedang terkuat di dunia. Jika kemudian hal itu terjadi, maka arc untuk sosok Zoro akan sempurna.

Sanji pun memiliki potensi untuk mengisi posisi Yonko, namun kemungkinan dia memilih untuk tidak mengambil posisi tersebut. Sanji mungkin akan membentuk krunya sendiri, tapi bukan sebagai bajak laut atau Yonko melainkan sebagai kru memasak. Sanji belajar banyak dari Zeff dan restoran Baratie. Bisa jadi dialah yang akan melanjutkan restoran terapung tersebut, atau justru membuat restorannya sendiri.

Lalu, bagaimana dengan Luffy? Sama halnya dengan Roger, mungkin dia akan “pensiun” sebagai bajak laut karena semua usahanya dan mimpinya sudah terwujud. Dia tidak perlu lagi membuktikan siapa dirinya. Luffy mungkin akan memegang titel raja bajak laut untuk waktu yang cukup lama. Namun, mengingat sikap Luffy yang senang akan kebebasan dan juga petualangan, mungkin dia tidak akan lama di desa Fusha sebelum kembali berlayar.

Dalam pelayarannya yang kedua kali ini, tujuannya tentu bukan untuk mencari harta karun melainkan ada hal lainnya yang membuatnya nyaman, contohnya adalah berpetualang melintasi lautan. Roger sendiri pernah mengunjungi beberapa tempat lebih dari sekali. Dan dalam petualangannya yang kedua ini, Luffy mungkin akan memiliki kru yang baru yang tidak kalah bersemangat dari Luffy. Kita nantikan saja ya Geeks apa yang akan terjadi kepada trio monster ini pasca cerita One Piece selesai. (featured image:@RikUw223xx)

Writer for Greenscene.co.id, i'd love every genre of movies but specially, i'm nolan fans.