Ketika Oden mati, beberapa kawan terdekatnya termasuk Whitebeard alias Shirohige juga mengetahui kabar duka tersebut. Bahkan, Ace yang telah mendengar kehebatan Oden ingin datang ke Wano untuk membalaskan dendam Oden. Namun niat itu di halangi oleh Shirohige. Bagi Shirohige, Kaido adalah masalah yang tidak bisa diselesaikan dengan mudah, sehingga hanya akan menimbulkan masalah yang jauh lebih besar di kemudian hari.

Keputusan Shirohige memang sangat disayangkan oleh beberapa penggemar, pasalnya karakter ini memang telah terkenal dengan kekuatannya yang luar biasa dan armada bajak lautnya yang relatif banyak. Namun Shirohige bukanlah orang yang dengan gegabah bertindak. Dia merupakan seorang pemimpin yang sangat matang sehingga menjadikannya sebagai salah satu legenda yang masih hidup di era Luffy, meski sekarang telah mati akibat tragedi Marineford.

Dengan kekuatannya, seharusnya Shirohige tidak takut melawan Kaido atau beberapa musuhnya yang lain. Tetapi, ada beberapa hal yang harus Shirohige pertimbangkan dalam mengambil sebuah tindakan, sebab Shirohige juga sadar bahwa dirinya adalah “ayah” bagi banyak anak buahnya. Oleh karena itulah, Whitebeard tidak ingin mengambil sebuah keputusan yang sekiranya bisa menimbulkan konflik baru seperti dengan gegabah melawan Kaido ataupun langsung memburu Kurohige alias Teach.

Seperti yang disebut diatas, tindakan itu (melawan Kaido) hanya akan menimbulkan sebuah masalah yang jauh lebih besar, sebab bajak laut Beast memiliki koneksi dengan orang-orang jahat yang jauh lebih merepotkan dan bisa jadi akan mengancam keutuhan bajak laut Shirohige. Sisi kepemimpinan Shirohige itulah yang membuatnya menjadi seorang legenda.

Shirohige menjadi seorang legenda bukan hanya karena kekuatan yang dia miliki saja, melainkan karena sisi kepemimpinan yang unik, sehingga dia tidak sama seperti Luffy, Oden, Kaido, dan beberapa pemimpin lainnya. Walau kuat, Shirohige tidak serta merta menggunakan kekuatannya untuk mengalahkan seseorang. Dia lebih menggunakan pemikirannya untuk menyelesaikan suatu masalah? Menurut Geeks, apakah Tindakan Shirohige yang terlihat di chapter 999 benar atau salah?