Siapa yang tidak mengenal monster raksasa bernama Godzilla? Monster yang satu ini memang sangat terkenal, baik di Jepang yang menjadi tempat asalnya, maupun di Amerika. Bahkan, Godzilla pernah muncul di berbagai film produksi Amerika. Selain di film, Godzilla sebenarnya pernah muncul di berbagai medium lainnya seperti kartun, anime, hingga buku komik.

Marvel Comics juga pernah mendapatkan hak cipta dari Godzilla yang membuat Godzilla bisa tampil di komik produksi Marvel. Itu berarti Godzilla pernah menjadi bagian dari Marvel Universe dan pernah muncul dalam beberapa bagian, termasuk saat Godzilla mengadapi Avengers. Dalam komik Godzilla, King of the Monsters yang rilis tahun 1977 garapan Doug Moench dan Herb Trimpe, komik tersebut dimulai dengan dihidupkannya kembali Godzilla dari bongkahan es.

Meskipun tak dijelaskan bagaimana Godzilla bisa terjebak di dalam es, tetapi kemudian dia terbangun di wilayah Alaska dan berenang melewati lautan luas dan akhirnya mendatangi kota New York. Sepanjang perjalanannya menuju New York, Godzilla diserang oleh berbagai pahlawan Marvel seperti Avengers, Fantastic Four, dan Spider-Man. Dia bahkan sempat “berperang” dengan J Jonah Jameson.

Dalam komik ini, Godzilla tidak digambarkan sebagai pahlawan. Godzilla malahan diperkenalkan sebagai sumber kekacauan. Dia mirip seperti binatang liar yang pergi ke wilayah lain untuk bertarung, dengan menghancurkan apapun yang ada di sekitarnya. Hal ini sedikit berbeda dengan Godzilla di era Showa, dimana Godzilla justru berada di pihak manusia untuk menjadi pelindung. Dia bahkan diperlihatkan bisa berbicara dengan monster lainnya.

Karena kekacauan besar yang ditimbulkan, SHIELD mencoba untuk melumpuhkan Godzilla sebelum dia membuat kekacauan yang lebih besar lagi. Dum Dum Dugan kemudian diperintahkan untuk menangkap dan meledakan monster tersebut, tapi dia diperintahkan untuk tidak melukai warga sipil. Saking seringnya bersitegang, Godzilla dan Dum Dum Dugan akhirnya saling menghormati.

Dengan bantuan dari Stark International dan ilmuwan Tamara Hashioka, SHIELD akhirnya menciptakan sebuah robot raksasa yang disebut Red Ronin untuk bertarung melawan Godzilla. Tapi anak dari Hashioka, Rob, justru membajak robot tersebut dan mengendalikannya. Dia bertarung melawan Godzilla, sekaligus juga ingin menghancurkan SHIELD.

Di komik ini, para pembaca diperkenalkan dengan seorang villain baru bernama Doctor Dominicus, karakter orisinal yang sengaja diciptakan untuk komik ini. Dia merupakan seorang ilmuwan yang berubah menjadi gila akibat adanya radiasi racun. Dia menciptakan berbagai monster untuk bertarung melawan Godzilla, yang semuanya berhasil dikalahkan. Akhirnya Godzilla pun mendapatkan julukan King of the Monsters, atau raja dari para monster.

Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/