Dengan hilangnya sosok Kurama setelah dia mengorbankan diri demi bisa mengalahkan Isshiki Otsutsuki, membuat Uzumaki Naruto kini harus kehilangan sebagian besar kekuatannya. Harus diakui, bahwa Kurama memberikan banyak kontribusi untuk kekuatan dan kemampuan Naruto selama ini. Salah satunya adalah dengan meminjamkan sedikit chakra miliknya. Berkat hal inilah Naruto menjadi sosok yang kuat.

Tetapi, perlu dicatat juga bahwa selain berkat Kurama, kerja keras Naruto juga berperan penting dalam membentuk karakternya saat ini. Tanpa latihan berat yang dia lakukan, Naruto tidak akan bisa menguasai berbagai macam ninjutsu hebat. Hal inilah yang membuat para fans meyakini bahwa Naruto masih mampu menjadi sosok shinobi yang hebat meskipun tanpa kehadiran Kurama.

Banyak yang meyakini bahwa Naruto masih memiliki banyak ninjutsu yang dia kuasai untuk mengalahkan musuh-musuhnya. Di sisi lain, ini juga membuat para fans banyak menghadirkan spekulasi dan teori liar mengenai kekuatan dari Naruto. Salah satunya adalah spekulasi bahwa Naruto akan menguasai teknik Kekkei Genkai langka milik Hashira Senju, yaitu Mokuton.

Naruto: 8 Kekkei Genkai Paling Langka! | GreensceneMokuton merupakan Kekkei Genkai elemen kayu yang sangat rumit, karena itulah tidak semua orang bisa menggunakannya. Di sisi lain, sebagian fans lainnya beranggapan bahwa Naruto menguasai Mokuton adalah hal yang kecil kemungkinan akan terjadi. Hal ini didasari berbagai hal yang diperlihatkan di ceritanya, seperti lengan buatan Katasuke yang ada di tangan Naruto.

Seperti yang kita ketahui, setelah Naruto dan Sasuke kehilangan sebagian lengan mereka akibat pertarungan terakhir yang mereka lakukan, Katasuke kemudian membuatkan masing-masing sebuah lengan baru. Berbeda dengan Sasuke yang menolak hal tersebut, Naruto kemudian menggunakannya untuk keperluannya melindungi desa Konoha.
Lengan tersebut dibuat dari sel Hashirama yang sangat luar biasa.

Artinya secara logika, sel Hashirama ada di tubuh Naruto, dan Naruto bisa saja menggunakan teknik Kekkei Genkai miliknya, termasuk Mokuton. Namun, pada kenyataannya sampai sekarang Naruto belum menunjukkan kemampuan tersebut. Masih belum diketahui apakah Naruto memang bisa menggunakan teknik tersebut.

Biomedical Badasses: Hashirama Cells | Naruto AminoApakah memang Naruto sebenarnya memiliki dan bisa menggunakannya, namun memutuskan untuk tidak menunjukannya? Jika memang ya, tentu hal ini tidak masuk akal. Pasalnya, lawan yang harus dihadapi para shinobi saat ini adalah klan Otsutsuki. Contoh nyatanya adalah Isshiki. Dengan menggunakan teknik Mokuton, Naruto seharusnya bisa mengimbangi para Otsutsuki.

Meskipun begitu, bukan berarti Naruto tidak mungkin menguasai teknik Mokuton. Naruto bisa saja menguasai teknik luar biasa tersebut. Ada beberapa poin yang mendukung hal ini. Pertama, karena Naruto adalah karakter utama/penting. Rasanya sudah tidak aneh jika para karakter utama atau karakter penting akan mendapatkan prioritas, khususnya mengenai peningkatan kekuatan.

Karakter utama seperti Naruto bukan tidak mungkin jika dikemudian hari Masashi Kishimoto akan memberikan kemampuan tersebut kepadanya. Kita bisa melihat contoh lainnya seperti Kakashi, yang merupakan salah satu karakter utama. Meskipun dia bukan keturunan Uchiha, dia bisa menggunakan teknik Sharingan dengan baik dan bahkan dia bisa menggunakan teknik Susanoo.

Dan's Naruto Facts on Twitter: "#DailyNarutoTrivia 419 - Naruto's prosthetic arm is made from a combination of Hashirama cells and engineering from puppet mechanics… https://t.co/u1ITO0pTkf"Kedua, kita bisa melihat salah satu karakter minor bernama Anato. Dia dulunya merupakan salah satu staff di pusat penelitian milik Victor, yang sedang meneliti tentang sel Hashirama demi membangkitkan pohon suci. Diperlihatkan bahwa dengan mengonsumsi sel Hashirama, dia bisa melakukan berbagai teknik yang bisa juga dilakukan oleh Hashirama, termasuk Mokuton.

Artinya, bisa jadi bahwa dengan hanya mengonsumsi sel Hashirama maka seseorang – seperti Naruto – bisa mengakses kekuatan dahsyat dari Hashirama, termasuk Mokuton. Bagaimana menurut kalian Geeks, apakah kalian setuju dengan spekulasi yang berkembangan mengenai Mokuton ini?

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.