Setelah dirilisnya film Godzilla vs. Kong masih ada sekitar delapan Titan tersisa yang masih misterius di MonsterVerse alias masih dinantikan kemunculannya oleh para fans. Mereka semua sempat disebutkan di film Godzilla: King of the Monsters, namun sejauh ini masih belum ada satupun yang diperkenalkan. Masih belum diketahui apakah hal ini akan berubah pada masa yang akan datang.

Panggilan Ghidorah di King of the Monsters sudah membangkitkan banyak sekali Titan yang ada di bumi. Dari puluhan Titan yang terpanggil tersebut diperkirakan ada sebelas Titan yang tidak pernah muncul secara langsung, namun nama mereka muncul di monitor pengawasan Monarch. Tiga dari sebelas Titan tersebut sudah diperlihatkan – dalam versi novelnya dan komik – sedangkan delapan lainnya masih misterius. Berikut adalah kedelapan Titan yang masih misterius.

Bunyip

Berlokasi di pos pengamatan Monarch nomor 99, yang ada di Ayers Rock, Australia, terdapat seekor Titan yang sedang diawasi yaitu Bunyip. Dia adalah seekor Titan yang memiliki kaitan dengan hewan mitologi suku Aborigin. Bunyip dipercaya merupakan hewan berwarna hitam yang terlihat seperti anjing laut atau kuda nil dan memiliki raungan yang mengerikan warga sekitarnya di abad ke 19. Bunyip sempat dilaporkan terlihat beberapa kali, tetapi bentuk dari Bunyip yang digambarkan atau dideskripsikan tidak pernah sama.

Sekhmet

Sebuah pos pengamatan Monarch yang ada di Kairo, Mesir, bertanggung jawab untuk mengawasi Sekhmet. Dalam mitologi Mesir, sekhmet merupakan seorang dewi dengan kepala singa betina. Dia dianggap sebagai sosok pelindung dan dewi penyembuh, yang juga menciptakan padang gurun dengan nafas apinya.

Ini bisa menjadi petunjuk tentang bagaimana penampilan dari Sekhmet di MonsterVerse, di mana monster ini memiliki kemiripan dengan Mothra. Dari segi bentuk dan reputasinya sebagai pelindung, hal ini juga mirip seperti monster Toho lainnya yaitu King Caesar.

Leviathan

Dalam kitab injil (bible), Leviathan adalah seekor makhluk laut raksasa dan merupakan “kebalikan” dari monster yang hidup di darat, Behemoth. Leviatahan juga erat kaitannya dengan legenda masyarakat Skotlandia, Loch Ness, yang mana Monarch juga memilik pos pengamatan Loch Ness di Skotlandia. Dalam novelnya, disebutkan kalau Leviathan melakukan perjalanan melalui laut dengan melewati terowongan Hollow Earth. Salah satu pintu masuk untuk mencapai ke terowongan lautan itu adalah dengan melewati bagian bawah di mana Loch Ness berada.

Quetzalcoatl

Quetzalcoatl merupakan seekor Titan yang ada di wilayah Machu Pichu, Peru. Bagi para suku Aztec, Quetzalcoatl merupakan dewa ular. Mereka biasanya menggambarkan Quetzalcoatl sebagai monster berbentuk ular dengan warna hijau yang ditutupi oleh bulu-bulu berwarna. Para suku Inca juga memuja makhluk yang sama, tetapi mereka menyebut makhluk ini sebagai Amaru. MonsterVerse bisa aja menghubungkan kedua makhluk serupa ini, karena Quetzalcoatl memiliki nama yang sama dengan dewa Aztec tetapi tinggal di kota yang hilang dari para suku Inca.

Baphomet

Titan atau monster yang dikenal sebagai Baphomet ada di pos pengamatan Volubilus, Maroko. Titan ini menjadi pengawasan penting Monarch akibat adanya “panggilan” dari King Ghidorah. Nama Baphomet sendiri ada kaitannya dengan para kesatria Templar pada zaman dahulu, di mana makhluk ini dipuja oleh para kesatria tersebut.

Volubilus sendiri merupakan sebuah kota yang dibangun sekitar 2.000 tahun yang lalu. Sebuah tembok ditemukan di reruntuhan kota tersebut, termasuk gambar dari Acteon, pahlawan yang berubah menjadi seekor rusa jantan. Bisa jadi Acteon dan Baphomet pernah saling bertarung, yang mengakibatkan Acteon berubah menjadi seekor binatang.

Typhon

Dalam mitologi Yunani kuno, Typhon merupakan seekor monster ular raksasa yang memiliki ratusan kepala dan pernah bertarung melawan Zeus dalam sebuah pertarungan yang epik. Menurut mitosnya, Typhon berhasil dikalahkan oleh Zeus ketika dia menyerangnya dengan sebuah serangan kilat atau petir. Jika Typhon dalam MonsterVerse sama dengan makhluk mitologi yang pernah dilawan oleh Zeus, Typhon bisa menjadi pesaing berat dari monster yang memiliki banyak kepala.

Yamata no Orochi

Monarch juga terus memperhatikan seekor Titan yang hidup di bawah gunung Fuji, di Jepang. Titan tersebut adalah Yamata no Orochi, seekor makhluk mitologi yang erat kaitannya – dan mungkin punya hubungan langsung – dengan Ghidorah. Dalam mitologi Jepang, Yamata no Orochi adalah naga berkepala delapan dengan delapan ekor dan mata yang merah.

Titan ini memang menjadi inspirasi bagi Toho untuk menciptakan karakter monster King Ghidorah. Toho sendiri sempat membuat Yamata no Orochinya sendiri dan menghadirkannya dalam beberapa film, seperti Orochi, the Eight-Headed Dragon.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.