Serial One Piece telah memperlihatkan bagaimana rumitnya Arc Wano yang saat ini masih berjalan dengan kondisi yang penuh dengan adegan menegangkan. Setiap pertarungan dalam arc Wano nampaknya semakin memanas beberapa chapter lalu setelah Luffy dan beberapa kawan-kawannya bisa mencapai puncak dan bertarung melawan Kaido dan Big Mom.

Terlepas dari semua yang terjadi sekarang, arc Wano memang telah memberikan banyak pelajaran pada masing-masing karakter. Meski ada beberapa karakter yang baru saja keluar di Arc yang berkaitan dengan Wano, namun karena kurun waktu yang begitu panjang membuat perkembangan karakter itu menjadi lebih terasa. Salah satu karakter yang berkembang dari awal muncul hingga sekarang adalah Momonosuke.

Anak kandung Oden itu awalnya nampak seperti bocah penakut yang tidak berguna, beberapa penggemar menganggap Momonosuke seperti itu karena jika dibandingkan dengan Oden, anaknya terlampau jauh lebih lemah. Sebab Oden sejak kecil telah mengeluarkan potensinya yang sangat luar biasa. Namun seiring berkembangnya alur cerita di Arc Wano, membuat Momonosuke lebih paham makna kehidupan yang telah ditinggalkan oleh mendiang ayahnya.

Perubahan ini bisa kalian lihat dari perkembangan sifat Momonosuke yang sudah lebih tenang daripada sebelumnya. Meski terkadang dia masih menyimpan sifat konyol, namun itu sudah tidak separah seperti saat pertama kali karakter ini diperkenalkan di alur cerita utama One Piece. Sehingga Momonosuke belajar melalui rentetan kejadian baik dan buruk yang sering menimpanya dan orang-orang disekelilingnya.

Terutama rentetan kejadian yang menimpa Kinemon dan kawan-kawan, Momonosuke nampak lebih merasa kasihan kepada mereka semua. Sebab, yang telah menjaga Momonosuke dan ibunya adalah Nine Red Scabbards. Sehingga Momonosuke belajar banyak dari mereka semua. Kemudian saat bertemu dengan Luffy dan kawanan bajak laut Topi Jerami, dia juga belajar tentang rasa percaya satu sama lain dan arti perjuangan. Selain itu saat ini dia telah diselamatkan Yamato dan memegang buku catatan mendiang Oden. Nampaknya ke depan Momonosuke akan semakin layak untuk menjadi Shogun di Wano.

Meski memang semuanya memerlukan waktu dan proses, terlebih lagi Momonosuke masih dibawah umur, kemungkinan itu masih sangat jauh. Tapi melihat perkembangan Momonosuke dari seorang bocah yang berisik dan pengecut, menjadi bocah yang cukup berani dan bertanggung jawab seperti sekarang, tampaknya hal itu akan segera terwujud di masa depan.