Apakah ayah Kuzan alias Aokiji adalah Brook? Keduanya memang adalah karakter dari sudut yang berbeda, namun melihat kacaunya masa lalu yang dimiliki oleh masing-masing karakter dalam dunia One Piece memunculkan beberapa spekulasi terkait apa yang sebenarnya terjadi di masa lalu.

Kemungkinan ini memiliki dasar yang cukup kuat yaitu dimulai dari struktur tulang wajah dan model rambut yang relatif sama. Brook memiliki tulang tengkorak yang sedikit lonjong dengan model rambut kribo. Sedangkan Kuzan juga memiliki struktur tulang tengkorak yang relatif sama. Selain itu, hingga sekarang pembahasan mengenai masa lalu Kuzan masih belum memperlihatkan mengenai kedua orang tuanya. Sehingga masih ada kemungkinan mengenai dua karakter ini memiliki hubungan satu sama lain.

Selain itu alasan berikutnya adalah mengenai umur Kuzan dan Brook yang nampak sesuai jika memang keduanya adalah ayah dan anak. Saat ini Brook berusia sekitar 90 tahun dan Kuzan sekitar 49 tahun. Bisa jadi saat Brook bergabung dengan kelompok bajak laut Rumbar dia berusia sekitar 38 tahun. Dan Brook menghabiskan waktunya menjadi bajak laut sekitar tiga tahun, jadi saat menjadi seorang ayah Brook berusia 41 tahun.

Dan pada saat yang sama bisa jadi Garp tau bahwa Kuzan adalah anak dari seorang bajak laut dan berniat menolongnya. Tindakan ini sama seperti yang dia lakukan pada Ace selaku anak kandung dari Roger. Meski Garp adalah Angkatan Laut yang paling ditakuti, namun dia memiliki belas kasihan yang sangat tinggi pada siapapun.

Bisa jadi alasan kenapa Aokiji mengatakan kepada Luffy mengenai Garp yang sempat menolongnya di masa lalu, adalah mengenai identitas asli Kuzan masih belum diketahui oleh pihak Angkatan Laut. Sebab akan menjadi sebuah masalah besar, jika banyak yang tahu bahwa seorang anak bajak laut menjadi salah satu orang penting di Angkatan Laut. Garp juga melakukan ini agar Aokiji pada saat itu memiliki sebuah tujuan baru setelah kematian ayahnya. Oleh sebab itu Aokiji merasa sangat berhutang budi pada Garp, sebab dialah yang telah menolong Aokiji hingga sekarang.