Meskipun Tony Stark menghadirkan sebuah mode unik, menarik, dan sekaligus mematikan yaitu “Instant Kill” di kostum Iron Spider milik Spider-Man, dia tidak pernah menghadirkan mode tersebut di armor Iron Man miliknya. Alasan dari hal tersebut bisa jadi ada kaitannya dengan kepribadian Tony Stark dan juga dinamisme hubungannya dengan Peter Parker pasca Civil War.

Diperkenalkan di film Captain America: Civil War oleh Tony Stark sebagai salah satu cara untuk bisa mengimbangi kekuatan Captain America, Spider-Man kemudian harus dibebani dengan insting melindungi yang dianggap berlebihan dari Tony Stark. Meskipun Peter dianggap sebagai “Iron Man selanjutnya,” namun Tony sendiri berusaha dengan keras untuk melindungi penerusnya tersebut.

Kostum Iron Spider sendiri merupakan salah satu cara dari Tony untuk bisa melindungi Peter seaman mungkin, meskipun dia kemudian memutuskan untuk menjadi seorang Avengers. Secara signifikan, sepertinya Tony lebih memilih untuk melindungi Peter Parker dibandingkan dirinya sendiri. Hal itulah yang kemudian membuat Tony menghadirkan mode Instant Kill di kostum Spider-Man.

What Tom Holland Thinks Spider-Man's Kill Function Actually Does - CINEMABLENDNamun, hal tersebut tetap tidak menjawab pertanyaan mengapa mode yang sama tidak diaplikasikan di armor Iron Man, padahal hal itu bisa melindunginya dari ancaman yang ada atau bisa menyelamatkannya ketika situasi sedang terdesak. Lagi pula, modenya sendiri bukan dengan sengaja dihadirkan untuk tujuan mmbunuh, melainkan sebagai bentuk perlindungan ketika jumlah musuh jauh lebih banyak atau musuh lebih kuat.

Tony sendiri khawatir bahwa Spidey akan berada dalam posisi atau situasi bahaya yang sangat sulit untuk dia hadapi sendiri. Tony Stark versi MCU merupakan sosok karakter yang arogan dan tidak peduli terhadap dirinya sendiri. Dia banyak menciptakan sebuah senjata dahsyat yang dikendalikan dan ditenagai oleh tubuhnya sendiri. Tony juga sering kali berada dalam situasi yang memaksanya harus mempertaruhkan nyawanya.

Activate Instant Kill | Know Your MemeHal tersebut sudah diperlihatkan sejak lama dan apa yang terjadi di film Endgame menjadi puncak pengorbanan Tony Stark. Di sisi lain, ini juga yang menjadi alasan mengapa Tony tidak akan dan tidak mau menambahkan perlindungan tambahan seperti mode Instant Kill ke armor miliknya. Tony merasa bahwa kehidupan atau nyawanya tidaklah seberharga Peter Parker yang harus dilindungi.

Mode Instant Kill bukanlah tentang kehancuran, membunuh, atau menghilangkan nyawa. Semuanya lebih tentang mengendalikan rasa takut Tony – seperti dijelaskan di buku Wakanda Files – bahwa Peter Parker butuh lebih banyak perlindungan. Di sisi lain, Tony sendiri tidak berpikir seperti itu terhadap dirinya yang mana hal itu sesuai dengan karakternya di MCU.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.