Sheldon Sampson alias The Utopian meruapakan sosok pahlawan super yang muncul dalam TV series terbaru produksi Netflix, Jupiter’s Legacy. Menjadi superhero terkuat di universe tersebut memunculkan rasa penasaran para fans mengenai kekuatannya, terutama jika kekuatan tersebut dibandingkan dengan superhero paling kuat lainnya.. Bagaimana kekuatan The Utopian jika dibandingkan dengan Superman? Apakah Superman yang unggul, atau sebaliknya?

Jupiter’s Legacy sendiri merupakan TV seri adaptasi komik dengan judul yang sama karya Mark Millar dan Frank Quietly. Serinya sendiri resmi tayang perdana di platform Netflix beberapa waktu yang lalu. Musim perdananya sendiri dibagi menjadi dua cerita. Pertama yang bersetting di 1929, yang mengungkapkan bagaimana The Utopian dan juga anggota lainnya dari the Union of Justice mendapatkan kekuatan super mereka.

Kemudian cerita kedua bersetting di masa sekarang, dimana anak-anak dari para superhero tersebut berusaha untuk bisa mempertahankan “warisan” dari orang tua mereka disaat tindak kekerasan dan aksi kejahatan meningkat. Anak perempuan Sheldon, Chloe, menolak untuk meneruskan warisan sang ayah, yang mana hal itu justru membuatnya hidup dalam kesengsaraan sebagai model dan gadis penyuka pesta.

Namun, anak laki-lakinya, Brandon, justru menjadi sosok yang berusaha dengan sekuat tenaga untuk membuktikan dirinya pantas menjadi Utopian selanjutnya. Premise dari Jupiter’s Legacy sendiri, seperti yang dirangkum oleh Mark Millar, adalah “Bagaimana jika ayahmu adalah Superman?” – dan kedua karakter ini sendiri sebenarnya memiliki banyak sekali kesamaan.

Kekuatan The Utopian pada dasarnya sama dengan Superman: dia memiliki kekuatan super, daya tahan super, bisa terbang ke luar angkasa, dan menembakan laser dari matanya. The Utopian juga bisa merasakan adanya ancaman atau bahaya yang datang, bahkan ketika ancaman tersebut berasal dari planet lain. Sheldon sendiri dalam ceritanya diektahui sudah berusia 120 tahun, dan kekuatannya tidak lagi semaksimal di era keemasannya dulu.

Brandon sendiri diperlihatkan sudah mulai berhasil mengungguli kekuatan fisik dari sang ayah. Namun, meskipun Sheldon berada di puncak kekuatannya, sepertinya jika dibandingkan dengan Superman, kekuatannnya jauh lebih lemah. Satu-satunya hal yang mungkin bisa menandingi kekuatan Superman dari The Utopian adalah daya tahannya. Kryptonite, yang merupakan kelemahan Superman, membuat Clark Kent menjadi mudah untuk diserang.

Menang Lawan DC Comics, Ini Wafer Superman dari Surabaya yang MelegendaDalam dua pertarungannya melawan Blackstar di musim perdana ini, The Utopian diperlihatkan berhasil selamat dari ledakan yang akan membunuh orang pada umumnya, namun dia hanya terluka dan berdarah ketika menerima serangan dari Blackstar. Jadi, sebenarnya The Utopian juga bisa berdarah atau terluka. Meskipun begitu, berbeda dengan Superman, The Utopian diketahui tidak memiliki kelemahan.

Dari segi strength atau kekuatan fisik, kemampuan Superman tentunya jauh lebih unggul dari The Utopian. Dalam salah satu momen di serinya, Sheldon diperlihatkan menarik sebuah traktor atau pembajak sawah besar di sepanjang peternakannya. The Utopian juga bisa dikalahkan dengan mudah oleh Blackstar di episode pertama, meskipun dia mendapatkan bantuan dari anggota the Union.

Terakhir, keduanya sama-sama memiliki “kekuatan” dalam karakter mereka. baik Superman maupun The Utopian sudah menyatakan menolak untuk membunuh musuhnya. Yang membedakan adalah sudah menjadi sifat alamiah dari Superman untuk berbuat kebaikan. Dia adalah sosok harapan dan tuntunan bagi orang lain. Di sisi lain, alasan The Utopian menolak hal tersebut adalah karena aturan yang sangat ketat. Aturan tersebut dia sendiri yang membuatnya, dengan tujuan agar para pahlawan tidak bertindak diluar kendali.

Jupiter's Legacy review: Netflix's comics series asks “Should superheroes kill?” - PolygonMeskipun begitu bukan berarti keduanya tidak pernah membunuh sama sekali. Superman pernah diperlihatkan membunuh musuhnya, General Zod, di akhir film Man of Steel, yang dia lakukan untuk mencegah Zod membunuh sebuah keluarga. Jupiter’s Legacy musim perdana juga memperlihatkan momen ketika The Utopian pada akhirnya harus melanggar aturan yang dia buat sendiri demi mencegah kematian sosok yang dia cintai. Pada akhirnya The Utopian diampuni atas sikapnya tersebut.

Jadi, secara keseluruhan, diantara Superman dan The Utopian memang sudah jelas bahwa Superman jauh lebih unggul dibandingkan the Utopian. Namun, dalam beberapa hal, Utopian memiliki peluang untuk menandingi Superman. Namun, apakah mereka akan diceritakan bertarung? Dalam cerita buatan fan, mungkin saja hal itu tersebut. Tapi, dalam cerita resmi, kecil kemungkinan itu terjadi. Karena, Mark Millar sendiri pada dasarnya menciptakan The Utopian berdasarkan citra dari Superman.