Bane merupakan sosok monster yang sengaja dibangun untuk menghadirkan rasa sakit dan juga ketakutan. Namun, dibalik semua tingkah dan perilakunya yang sangat keras, Bane tetaplah seorang anak yang rapuh, tersesat dalam kegelepan dunia tempat dia lahir. Ketika Bane mencoba mencari tahu identitas ayahnya yang misterius, dia menemukan fakta mengejutkan yang memperlihatkan bahwa Bruce Wayne dan Bane kemungkinan adalah saudara kandung.

Pertama kali diperkenalkan dalam Vengeance of Bane #1 yang dirilis pada 1993 oleh Chuck Dixon dan Graham Noan, ibu dari Bane, seorang pejuang anti komunis, melahirkannya di penjara Pena Duro. Dia berada disana menggantikan posisi ayahnya, yang mana seharusnya ayahnyalah yang dihukum. Saat Bane masih kecil, ibunya kemudian melemah dan meninggal di dalam penjara.

Dengan penyakit yang muncul dipenjara tersebut, kelaparan, dan berbagai hal mengerikan lainnya, membuat Bane berusaha untuk bisa keluar dari sana. Dan pada akhirnya dia pun berhasil melakukanya. Bane mulai menemukan orang-orang yang mau membantunya, terutama membantunya dalam meningkatkan kekuatan fisik dan juga pengetahuan.

Salah satu orang yang membantu Bane adalah Bird. Dia memberi informasi mengenai Gotham City, yang mana hal itu membuat Bane menjadi terobsesi untuk membunuh Batman. Seperti halnya Bruce, Bane juga memiliki kenangan buruk dengan kelelawar ketika dia berada di penjara. Terpilih dalam program uji coba tentara super, Bane kemudian ditanamkan implan di kepalanya dan kemudian disuntikan obat yang bersifat adiktif, Venom.

Setelah pergi ke Gotham, dan ketika cerita tentang Knightfall terjadi, Bane mencoba membangun strategi untuk mematahkan tulang punggung Batman dan berusaha mengambil alih kota Gotham. Namun, Bane tidak lama berkuasa setelah Azrael muncul dan mengalahkannya. Dalam Vengeance of Bane #2, Bane kemudian diperlihatkan dikirim ke penjara Blackgate, dan dihantui oleh sosok imajinasi ayahnya.

Bane kemudian berhasil kabur dari penjara Blackgate da mencoba untuk menghancurkan kelompok kriminal yang mendistribusikan Venom. Disanalah dia kemudian bertemu dengan seorang dokter yang pernah bekerja di Pena Duro, dan mengungkapkan bahwa ayah Bane masih hidup. Inilah yang kemudian menjadi awal mula petualangan Bane dalam mencari ayahnya dalam cerita komik Bane of the Demon yang dirilis pada 1998.

Di Santa Prisca, Bane bertemu dengan pemuka agama yang dia temui di penjara, dan mengungkapkan ada empat orang yang kemungkinan adalah ayah dari Bane: seorang pasukan revolusi di wilayah Santa Prisca, seorang tentara bayaran Inggris, seorang dokter Amerika, dan seorang banker Swiss yang memiliki koneksi dengan Order of St. Dumas.

Dialogue to Follow...: March 2017Bane kemudian mencari keberadaan sosok bankir tersebut, yang ternyata sudah tewas dibunuh oleh Azrael. Sebelum Bane mencari bukti lainnya, dia kemudian bertemu dengan League of Assassins. Dia kagum terhadap sosok Ra’s Al Ghul, yang mana hal itu membuat R’as meminta Bane untuk menjaga anaknya, Talia, yang kemudian menjadi cerita utama dalam seri komik Legacy.

Saat membantu Ra’s menyebarkan ketakutan dan kekacauan di dunia, bane berhasil dihentikan oleh Batman, yang membuatnya berpisah dengan R’as dan Talia. Namun, yang menarik adalah Ra’s sendiri berhasil mengungkapkan ayah kandung dari Bane. Setelah cerita No Man’s Land, Bane kemudian berencana untuk menghancurkan Lazarus Pit milik Ra’s.

Dalam cerita “Tabula Rasa,” Bane kemudian disuguhkan bukti potensial dari identitas sang ayah oleh salah satu mantan tahanan di Pena Duro. Bane kemudian pergi ke Wayne Manor dan bertemu dengan Bruce Wayne untuk membicarakan hal ini. Bane meminta bantuan Bruce untuk menghancurkan Lazarus Pit dan sebagai gantinya dia akan memberikan Bruce sebuah informasi yang sangat berharga.

Setelah setuju, Bane kemudian memperlihatkan sebuah foto lama yang memperlihatkan Thomas Wayne sedang bersama dengan ibu dari Bane di suatu tempat. Kaget mengenai hal ini dan dugaan adanya sang ayah yang mengkhianati sang ibu, Bruce pun meminta untuk segera melakukan tes DNA. Dan ternyata hasilnya adalah negatif. Alfred kemudian menjelaskan bahwa Thomas Wayne memang sering membantu ibu dari Bane disaat Santa Prisca mengalami masa-masa sulit.

Dalam Gotham Knights #47-49 yang dirilis pada 2004 lalu, diperlihatkan bagaimana Bane, yang didukung oleh bantuan dana Bruce dan Dr. Leslie Thompkins, akhirnya menemukan lokasi dari ayah Bane yang ternyata ada di Kangchenjunga. Ternyata ayah Bane adalah seorang tentara bayaran bernama King Snake. Dia terluka parah akibat dihentikan oleh Tim Drake.

Berusaha untuk menggunakan senjata mematikan, rencana Snake akhirnya bisa dihentikan. Namun, sayangnya, Bane harus terluka parah saat mencoba menyelamatkan Batman. Pada akhirnya, Bruce menggunakan Lazarus Pit untuk mengembalikan nyawa dari musuhnya tersebut, dan memberikannya kesempatan kedua. Meskipun mereka bukan bukan saudara kandung, Batman dan Bane memiliki masa lalu buruk yang sama dan sama-sama berubah menjadi sosok yang kuat.