Klan Otsutsuki adalah klan yang sangat populer di franchise Naruto saat ini. Ada banyak anggota Otsutsuki paling terkenal, tetapi Isshiki dianggap sebagai salah satu karakter paling kuat dalam klan Otsutsuki, bahkan dibandingkan dengan Kaguya Otsutsuki. Padahal Kaguya merupakan musuh paling kuat yang pernah Naruto hadapi di perang besar ninja keempat.

Naruto dan ratusan ninja yang terlibat dalam perang tersebut bahkan kesulitan melawan Kaguya yang seorang diri. Setelah kemunculan Isshiki dalam seri Boruto: Naruto Next Generations, peta kekuatan di seri Naruto dan Boruto mulai berubah. Isshiki muncul sebagai villain yang sangat superior. Ada banyak bukti yang menunjukkan bahwa Isshiki Otsutsuki jauh lebih kuat dari Kaguya.

Salah satunya adalah Isshiki mampu melawan Naruto Uzumaki dan Sasuke Uchiha dalam pertempuran. Bahkan, kedua ninja terhebat tersebut tidak bisa berbuat banyak saat menghadapi Isshiki. Tidak ada satu serangan pun yang berhasil mengenai Isshiki. Namun, kini situasinya sudah berubah. Isshiki diceritakan sudah tewas setelah Kurama mengorbankan nyawanya untuk mengaktifkan Baryon Mode, yang memperpendek usia Isshiki.

Kawaki juga berperan serta dalam tewasnya sosok Isshiki. Meskipun begitu, pada kenyataannya ancaman di dunia shinobi belum berhenti. Dengan kematian Isshiki, pertanyaannya kemudian siapa sosok yang paling kuat di serinya saat ini. Satu hal yang pasti, Naruto dan Sasuke harus menerima kenyataan bahwa kekuatannya berkurang drastis dengan tidak adanya Rinnegan dan tewasnya Kurama.

Berdasarkan beberapa chapter terakhir, dua sosok karakter yang akan menjadi ancaman besar dengan kekuatannya, sekaligus menjadi karakter paling kuat di serinya saat ini adalah Eida dan Code. Kita sudah tahu bahwa Code merupakan penerus dari Isshiki dan seseorang yang dia pilih untuk mewarisi kekuatannya melalui sebuah segel karma yang unik.

Code sendiri, seperti yang diceritakan oleh Amado, merupakan anggota Inner Kara terakhir setelah banyak dari mereka yang sudah tewas. Menurutnya Code adalah sosok yang spesial. Dia adalah ancaman yang tidak bisa dianggap remeh, yang artinya dia sama berbahaya seperti halnya Isshiki Otsutsuki. Bahkan, Amado sendiri memasang limiter di dalam tubuhnya yang menandakan seberapa berbahayanya Code. Kawaki pun mengatakan hal yang sama. Dia mengatakan bahwa sosok Code merupakan anak yang sama yang pernah menjalani ritual Karma seperti dirinya.

Stephen King doesn't know how to write smart characters: CharacterRantCode memiliki semacam ikat berwarna hitam, ikat yang sama yang ada di kepalanya. Dia akan membentuk jalur dimana dia akan muncul. Konsepnya mungkin mirip teknik bayangan dari Shikamaru, namun Code lebih mengandalkan sabuk tersebut. Selama sabuk atau ikat tersebut ada, Code akan dengan leluasa menghilang dan muncul dari dalam ikat tersebut.

Bahkan, hal ini juga bisa diikatkan ke tubuh seseorang dimana kemudian Code akan muncul dan membunuh musuhnya dari dalam atau dari belakang. Bagian jari dari Code sendiri akan memanjang dan kukunya akan berubah menjadi runcing. Dengan jari-jaring tersebut, dia bisa membunuh lawannya dengan cara menembus jantung. Musuh pun akan tewas seketika.

Selain Code, sosok karakter terkuat saat ini adalah Eida. Eida merupakan karakter baru yang diperkenalkan di chapter 56 kemarin. Dia merupakan salah satu cyborg ciptaan Amado. Kekuatan Eida disebut-sebut jauh lebih kuat dibandingkan Code, bahkan dia juga dianggap jauh lebih kuat dibandingkan Jigen. Inilah alasan mengapa kemudian Jigen memerintahkan Amado untuk menghancurkan dan membuang Eida dan Cyborg lainnya.

Eida (Boruto) vs Saiyan Saga Vegeta - Battles - Comic VineMenurut Code dia adalah “sosok yang tahu segalanya di dunia ini.” Masih belum diketahui secara pasti siapa sebenarnya Eida, namun melihat bagaimana reaksi dari Code dan mengapa kemudian dia memilih Eida, memberikan petunjuk bahwa mungkin Eida adalah cyborg paling kuat dan mematikan di dunia – sosok pembunuh yang sangat ideal. Eida diketahui memiliki doujutsu Senrigan, yang bisa membuatnya melihat ke masa lalu dan masa depan.

Namun, kekuatan berbahaya yang dimiliki Eida adalah bagaimana dia bisa membuat orang jatuh hati kepadanya. Sudah ada banyak “korban” dari hal tersebut, bahkan Bug dan Code sendiri menjadi korban dari hal tersebut. Menarik tentunya untuk melihat bagaimana dua karakter terkuat di seri Boruto saat ini, menghadapi para shinobi dari Konoha demi menjalankan misi mereka.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.