Home COMIC COMIC FEATURES Berbagai Perubahan Captain America Sejak Tahun 40an!

Berbagai Perubahan Captain America Sejak Tahun 40an!

 

Captain America Adalah Agen Hydra

Seperti disebutkan di poin sebelumnya, Hydra adalah organisasi yang dihadapi oleh Caotain America dan menjadi musuh bebuyutannya. Namun, dalam cerita di Secret Empire, para fans diperkenalkan dengan sosok Captain Hydra, Captain America versi Hydra. Dia adalah sosok yang menyusup ke organisasi SHIELD. Beruntung, Steve Rogers yang asli berhasil menghentikannya.

 

Tidak Melulu Bertema Militer

Pada awalnya, cerita tentang Captain America memang erat dengan cerita militer. Hal ini dikarenakan latar belakangnya yang merupakan tentara yang membantu Amerika memenangkan perang dunia kedua. Saat ini, meskipun masih sering juga muncul dalam misi militer, Captain America juga tidak jarang terlibat dalam cerita epik dan penuh denga fantasi.

Tidak Lagi Terkait Dengan Perang Dunia Kedua

Captain America merupakan produk dari eranya, dan perang dunia kedua merupakan setting utama dari masanya. Saat ini, perang dunia kedua hanyalah bagian dari masa lalunya, dan Captain America sendiri harus terjebak di dunia modern.

Bukan Lagi Karakter Propaganda

Captain America pada awalnya merupakan sosok yang diciptakan untuk propaganda militer, untuk menarik minat orang-orang bergabung dengan angkatan darat. Namun, seiring berjalannya waktu Captain America “melampaui” tugasnya. Dia kemudian berkembang menjadi sosok pahlawan super yang membela bumi dalam menghadapi ancaman besar yang ada.

Patriotisme Berlebihan Di Era 1950an

Dalam salah satu reboot pasca perang dunia kedua, Captain America diperkenalkan kembali sebagai seorang “commie smasher” atau penghancur komunis. Sayangnya, reboot tersebut tidak mendapatkan tanggapan yang baik dan kemudian dilakukan retcon dengan reboot pada era 1960an.

Captain America Menentang Pemerintah

Pada saat di awal kemunculannya, tidak menuruti perintah atau melawan perintah yang diberikan sepertinya menjadi sesuatu yang mustahil dilakukan oleh Captain America. Hal ini mengingat dia adalah “produk” dari militer dan pemerintah Amerika itu sendiri. Namun, di era modern ini Captain America sering tidak mematuhi perintah, yang mana dia sendiri tahu bahwa itu adalah sesuatu yang tidak etis dan tidak bermoral. Civil War menjadi bukti nyata dari hal ini.

Pernah Ditangkap Lebih Dari Sekali

Siapa sangka bahwa Captain America pernah ditangkap dan dipenjara. Salah satu alasan Captain America di penjara adalah karena dia menentang perintah yang diberikan. Meskipun dia kemudian akan mencari cara untuk memperbaiki semuanya, namun pada akhirnya dia tetap berada di sebuah posisi dimana tidak ada yang menyangka hal itu akan terjadi pada Captain America di era Golden Age.

Jadi contoh Seluruh Universe Marvel

Salah satu hal yang membuat Captain America menjadi sosok yang spesial adalah karena nilai-nilai yang selalu dia pegang teguh selama ini. Steve memiliki kebaikan yang sangat besar dalam dirinya. Inilah kemudian menjadikan Captain America menjadi tentara yang hebat selamat perang dunia kedua. Dan dengan hal tersebut, Captain America menjadi contoh bagi seluruh karakter di Marvel Universe.

Captain America Sebagai Perwujudan Mimpi Amerika

“kesempurnaan” dari sosok Captain America selalu disimbolkan sebagai nilai ideal dari negara Amerika. Dan hal ini semakin menjadi jelas di era 70an dan seterusnya. Pasca krisis perang Vietnam, Captain America menyatakan bahwa dia berjuang demi apa yang bisa dia lakukan dan harus dia lakukan sebagai seorang warga Amerika, bukan apa yang terjadi saat itu.

Joe Simon Mendapatkan Kembali Hak Klaim Captain America Pada 2003

Karena salah satu klausa yang dibuat oleh Marvel Comics, Joe Simon dan Jack Kirby tidak mendapatkan credit dan royalti setelah menciptakan Captain America. Simon kemudian menuntut marvel atas hal tersebut pada 1966 dan 1999. Permasalahan ini sendir selesai di meja peradilan pada 2003. Sejak saat itu, Simon mendapatkan credit sebagai pencipta Captain America dan mendapatkan royalti atas karyanya.

Jack Kirby Mendapatkan Klaim Co-Creator Pada 2014

Ketika disney mengakuisisi Marvel dan merencanakan berbagai hal untuk Capatin America, Kirby sempat mengatakan bahwa dia meminta Royalti dan kredit atas karyanya. Meskipun Marvel menang di pengadilan, namun mereka sudah menyelesaikan permasalahan tersebut di luar sidang. Sejak saat itu, Kirby juga menerima kredit atas berbagai karyanya di MCU serta mendapatkan royalti dari karyanya.

Exit mobile version