Seri manga My Hero Academia saat ini sedang berada di arc final cerita manganya, dimana Izuku Midoriya berhasil membuka kekuatan penuh dari Quirk One For All dan kemudian bersiap untuk pertarungan puncak melawan Tomura Shigaraki dan sang penguasa kejahatan, All For One. Setelah pertarungan epik antara para pahlawan dan liga kejahatan, Deku memutuskan untuk mulai bergerak sendiri.

Deku tidak ingin teman-temannya terluka atau terbunuh dalam pertarungannya. Deku sendiri kemudian membentuk aliansi yang tidak biasa, yaitu dia bergabung bersama Endeavor, Hawks, dan Beast Jeanist, serta mentornya yang tidak lain adalah All Might. Deku memutuskan untuk meninggalkan U.A. demi melindungi teman-temannya. Selain meninggalkan temannya, dia juga meninggalkan rivalnya, Katsuki Bakugo.

Namun, setelah pengembangan cerita di sepanjang serinya yang sudah sangat luar biasa untuk cerita Deku, saatnya giliran sosok Bakugo yang juga mendapatkan pengembangan cerita yang epik juga. Dan salah satu skenario yang menarik dan mungkin saja terjadi adalah seluruh kelas 1-A, yang merupakan kelas dari Deku, ikut bertarung menghadapi All For One.

My Hero Academia Why Bakugo Fight All For One Ketika pertarungan puncaknya nanti, akan sangat menarik dan masuk akal jika kedua pasangan karakter ini saling bertarung, Shigaraki dan All For One vs. Deku dan Bakugo. Namun, dari sisi lain, bisa juga pertarungan terakhir nanti posisi Bakugo akan digantikan oleh All Might yang jauh lebih berpengalaman dan kuat. Tapi, hal itu tidak akan sesuai dengan konteks serinya.

Tujuan akhir dari All Might adalah bertarung kembali melawan All For One. Toshinori Yagi alias All Might sendiri saat ini berperan sebagai mentor bagi Deku. Tapi, eranya sendiri dianggap sudah selesai. Deku dan Bakugolah yang menjadi inti cerita, semenjak serinya dimulai – bahkan sebelum All Might muncul. Dan untuk benar-benar memenuhi konteks tersebut, maka Bakugo harus terlibat dalam pertempuan epik tersebut.

Bisa jadi, Bakugo muncul dan menyelamatkan Deku, seperti yang dilakukan Deku terhadap Bakugo dulu. Shigaraki dan All For One sendiri berpeluang besar untuk kemudian mencuri atau menghancurkan Quirk milik Bakugo. Tapi, hal itu tidak menjadi masalah. Justru hal itu bisa menjadi peluang untuk menghadirkan cerita yang sangat epik bagi Bakugo dan Deku.

My Hero Academia's Deku and Bakugo on Season 5, Class 1-B, and Dark Betrayals | Den of GeekDalam film kedua dari My Hero Academia, yaitu My Hero Academia Heroes: Rising, kita melihat sesuatu yang sangat luar biasa di akhir filmnya. Dalam pertarungan puncak sang villain utama, Nine, kita melihat bagaimana Deku kemudian pada akhirnya berbagai Quirk yang dia miliki, yaitu One For All bersama Bakugo. Momen tersebut bisa menjadi petunjuk mengenai akhir cerita di seri manganya.

Lagipula, misi utama dari Deku adalah menyelamatkan Shigaraki dari pengaruh All For One. Dan seperti biasa, umumnya dalam genre Shonen, menyadarkan seseorang biasanya dilakukan dengan menggunakan teknik “talk no jutsu.” Ketika Deku melakukannya, dia butuh seseorang untuk melindunginya dari serangan All For One. Jadi, mengapa hal itu tidak dilakukan oleh Bakugo? Mengalahkan All For One bisa mengukuhkan citranya sebagai salah satu pahlawan terbaik di generasinya.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.