Bagi banyak orang dan para penggemar Marvel comics Steve Rogers akan selalu menjadi sosok dibalik nama Captain America. Ketika Joe Simon dan Jack Kirby menghadirkan karakter ini lebih dari 80 tahun yang lalu, tujuan awalnya adalah menjadikan Steve sebagai panutan bagi para superhero bertameng lainnya. Dan sepertinya impian dari kedua legenda tersebut terbukti saat ini.

Namun, Marvel Comics sendiri mencoba memberikan nuansa lain dengan menghadirkan berbagai karakter yang pernah menggunakan titel Captain America atau pernah menggunakan tameng miliknya, sejak era 70an. Dan sepertinya, mitologi Captain America sendiri masih akan terus berlanjut di era modern ini dimana Marvel Comics memperkenalkan deretan karakter baru yang menggunakan titel Captain America.

Untuk menyambut dan menghormati 80 tahun karakter Captain America, Marvel Comics akan merayakannya dengan sangat spesial. Mereka akan merilis sebuah mini seri komik yang berjudul The United States of Captain America. Seri komik terbatas ini akan memiliki lima cerita dan akan memperkenalkan sederet karakter baru yang juga menggunakan titel Captain America.

Yang pertama adalah Captain America yang merupakan bagian dari kelompok LGBTQ+ yaitu Aaron Fischer. Menurut deskripsinya, Aaron adalah seorang remaja yang tidak takut untuk maju dan membela mereka yang lemah dan tersingkirkan. Kemudian yang kedua adalah Nichelle Wright, seorang wanita berkulit hitam. Nichelle akan menjadi karakter wanita lainnya, selain America Chavez alias Miss America yang pernah menggunakan titel ini.

Menurut deskripsinya, Nichelle akan mewakili kaum kulit hitam yang selama ini tertindas. Dia berusaha untuk melindungi komunitasnya sekaligus juga berkontribusi untuk kebaikan. Ketiga adalah Joe Gomez yang berasal dari suku Kickapoo, salah satu suku asli Amerika. Joe Gomez merupakan seorang pekerja konstruksi, sesuatu yang dianggap ironis dimana dia hidup di dunia yang penuh dengan superhero.

Namun, itulah yang dianggap sebagai sesuatu yang luar biasa dari Gomez. Ketika bangunan atau jembatan hancur akibat pertarungan melawan penjahat, Joe Gomez berhasil mengembalikan semuanya seperti semula. Pekerjaan seperti itu mungkin dianggap sepele, namun Joe benar-benar menikmati perannya dalam membantu seluruh komunitasnya untuk bisa terus bertahan hidup.

Sejauh ini, Marvel Comics baru memberikan bocoran tiga karakter Captain America terbaru dari lima karakter yang dijanjikan. Seperti halnya seri komik terbatas lainnya, masing-masing seri atau cerita akan ditulis, digambar, dan didesain oleh orang-orang yang berbeda. Jadwal periisannya juga akan berbeda, dimana untuk volume pertama akan dirlis pada 2 Juni mendatang. Sementara untuk volume kedua akan dirilis pada Juli mendatang, dan volume ketiga pada Agustus 2021. Bagaimana menurut kalian deretan Captain America baru ini Geeks?

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.