Apakah Boruto akan berubah menjadi seorang shinobi jahat? Apakah Boruto akan benar-benar berubah menjadi seorang villain? Mungkin itulah pertanyaan yang banyak dipikirkan oleh para fans pasca apa yang terjadi di chapter 53 kemarin. Tidak pernah ada yang menyangka bahwa Boruto akan melakukan tindakan yang sangat gila, seperti menusuk mata kiri dari Sasuke.

Melihat hal tersebut banyak para fans kemudian bertanya-tanya siapa sebenarnya penjahat dalam seri Boruto: Naruto Next Generation? Apakah Kawaki adalah sosok penjahatnya, seperti yang selama ini diperlihatkan?  Kita masih belum mengetahui memang apa yang akan terjadi kedepannya, namun untuk pertanyaan apakah kemudian Boruto akan menjadi villain di masa depan jawabannya adalah adalah ya.

Tapi, ada yang perlu digarisbawahi dalam hal ini bahwa meskipun Boruto berpotensi menjadi seorang villain di masa depan, itu bukanlah keinginannya sendiri. Seperti yang kita ketahui bahwa semua hal negatif yang dilakukan oleh Boruto dikendalikan oleh Momoshiki Otsutsuki dari dalam tubuh Boruto, yang menjadi wadahnya.
Sebenarnya, sedari awal saat Boruto mendapatkan segel Karma milik Momoshiki Otsutsuki para fans sendiri sudah skeptis mengenai masa depan Boruto. Karena, mereka yang sudah menjadi wadah dari Otsutsuki bisa dipastikan akan kehilangan kendali atas tubuhnya, dan bergerak sesuai keinginan sang Otsutsuki tersebut. Dan akhirnya hal ini terbukti di chapter 53 kemarin.
Apakah Boruto kemudian akan kabur dari Konoha – seperti halnya Sasuke dan Itachi – dan menjadi ninja jahat? Meskipun kemungkinannya kecil namun hal itu mungkin saja terjadi. Bisa jadi, Boruto akan merasa bersalah atas apa yang sudah dia lakukan sebelumnya dan kemudian dia memutuskan untuk memilih pergi dari Konoha, seperti yang dulu pernah dialami oleh Itachi.

Mungkin juga ketika Boruto pergi dari Konoha, dia akan bergabung dengan Kara, seperti halnya Itachi yang memutuskan bergabung dengan Akatsuki. Jika memang hal itu terjadi, Boruto mungkin bisa menggali banyak informasi penting mengenai Kara, dan kemudian suatu saat menginformasikannya kepada Konoha. Dengan semua perubahan dalam diri Boruto, lalu bagaimana dengan peristiwa di masa depan yang ditunjukan di awal serinya?

Dalam adegannya kita melihat bahwa Kawaki dan Boruto sama-sama memiliki segel Karma, yang mana masih menjadi pertanyaan darimana Kawaki mendapatkan segel Karma tersebut mengingat dia sekarang sudah tidak lagi memiliki segel Karma. Apakah Kawaki akan mendapatkan kekuatan dari Otsutsuki lain? apakah Momoshiki akan memberikan sebagian Karmanya kepada Kawaki?

Namun, berdasarkan dialog yang diperlihatkan – serta adegannya – sepertinya justru Kawaki sudah “kembali” menjadi jahat, dengan mengirimkan Naruto ke sebuah tempat lain (dibunuh). Dan Boruto pun kemudian mengatakan bahwa dia tidak pernah menyangka bahwa Kawaki akan melakukan hal sampai sejauh itu. Hal tersebut kemudian memunculkan sebuah pertanyaan besar.

Apa yang akan kemudian terjadi kepada segel Karma Boruto? Apakah Boruto akan mampu mengendalikannya? Bisa jadi, saat Boruto memutuskan untuk pergi dari desa Konoha dia juga belajar bagaimana mengendalikan kekuatan Karma pada dirinya. Sehingga Boruto bisa menggunakannya sesuai kebutuhannnya. Seperti halnya Naruto saat belajar mengendalikan chakra Kurama.
How strong is Himawari compared to other hyuga? - QuoraPada awalnya, Naruto tidak mampu mengendalikan Kurama. Kekuatan dahsyat tersebut muncul karena emosi Naruto yang meledak-ledak. Namun, seiring berjalannya waktu dan kemampuan Naruto yang semakin terasah, akhirnya Naruto bisa mengendalikan chakra Kurama sesuai kebutuhannya. Bahkan Naruto berteman baik dengan monster dalam tubuhnya.
Momoshiki sendiri pernah mengatakan saat dia pertama kali bertemu dengan Boruto, bahwa mata biru miliknya akan membawa bencana besar. Boruto akan kehilangan sosok yang dia cintai akibat dari mata tersebut. Meskipun masih belum diketahui secara pasti, bukan hal mustahil bahwa ramalan dari Momoshiki tersebut memang terbukti.
Di sisi lain, bisa jadi bukan Kawaki yang membunuh Naruto mengingat dia pernah mengatakan bahwa dunia tanpa kehadiran Naruto akan terasa sangat hampa. Hal ini memperlihatkan bagaimana hubungan Kawaki dan Naruto benar-benar sangat mendalam, meskipun Kawaki bukanlah anak kandungnya. Naruto peduli terhadap Kawaki, dan Kawaki bisa merasakannya.
Karena hal itulah mungkin Kawaki yang justru mencoba menghadapi Boruto karena sudah melakukan hal yang diluar batas. Pertanyaan mengenai siapa sebenarnya yang jahat, masih menjadi sebuah misteri yang besar. Meskipun ada beberapa “petunjuk” yang diperlihatkan, namun tetap saja semuanya masih terasa samar.

Sebagian fans juga berpendapat bahwa mungkin Boruto akan bernasib sama seperti Eren Yeager dalam cerita Attack on Titan, dimana pada akhirnya dia berubah dari protagonis menjadi sosok villain utamanya. Tapi, jika melihat rekam jejak Masashi Kishimoto dari seri orisinal Naruto sangat kecil kemungkinan tersebut akan terjadi, meskipun akan menjadi sesuatu yang luar biasa jika memang benar terjadi. Bagaimana menurut kalian Geeks, apakah kalian setuju jika Boruto berubah menjadi villain utamanya?