Salah satu detail menarik mengenai apa yang terjadi dalam waralaba Dragon Ball adalah mengenai kisah bangsa Saiyan. Pembahasan kisah bangsa Saiyan cukup menarik karena mereka menjadi inti cerita Dragon Ball. Salah satu bagian dari kisah bangsa Saiyan yang membuat beberapa penggemar menjadi sangat penasaran adalah mengenai seorang pria bernama Tarble yang merupakan saudara dari Vegeta.

Kisah ini bermula ketika Raditz dan beberapa penakluk dari bangsa Saiyan yang lain seperti Vegeta dan Nappa tiba di Bumi pada awal serial Dragon Ball Z. Menurut informasi yang beredar, ketiganya merupakan ras Saiyan yang tersisa sebelum akhirnya planet mereka dihancurkan Frieza. Sehingga, diasumsikan bahwa mereka bertiga dan Goku adalah para Saiyan terakhir yang berhasil selamat.

Namun ternyata, beberapa saat setelah kekalahan Majin Buu, terungkap bahwa ada Saiyan lain yang ternyata juga selamat dari kehancuran planet mereka. Setelah diselidiki cukup mendalam, ternyata bangsa Saiyan yang selamat tersebut adalah adik dari Vegeta yang telah lama hilang. Nama adik Vegeta adalah Tarble, dan tempat tinggal Tarble masih menjadi perdebatan di kalangan penggemar. Sebab informasi mengenai tempat tinggal Tarble memang tidak begitu jelas. Namun secara perlahan, Tarble akhirnya menjadi bagian dari karakter inti.

Awalnya Tarble diperkenalkan di film Dragon Ball: Yo! Son Goku and His Friends Returns! (2008), yang pada saat itu merupakan hasil tulisan asli dari sang pencipta waralaba satu ini yaitu Akira Toriyama. Dalam film tersebut dikisahkan setelah dua tahun kekalahan Majin Buu, Hercules Satan mengadakan sebuah jamuan makan untuk memperingati pembukaan hotel mewahnya yang baru. Namun di tengah-tengah acara sedang berlangsung, datanglah pesawat luar angkasa Saiyan yang mengangkut Tarble dan istrinya Gure, momen tersebut merupakan perkenalan pertama karakter ini ke waralaba Dragon Ball.

Dalam kisahnya, Tarble dianggap sangat lemah di kalangan keluarganya. Hal itulah yang membuat saudara Vegeta tersebut dibuang sangat jauh agar selamat dari invasi Frieza yang saat itu memang ingin menghancurkan planet Vegeta. Selain memperkenalkan pertama kali karakter Tarble, dalam film ini, Tarble juga meminta bantuan dari Vegeta dan Goku untuk mengalahkan dua perwira dari Frieza Force yang pada saat itu mengancam Planet Gure.

Sejak Tarble keluar di film Dragon Ball: Yo! Son Goku and His Friends Returns!, karakter satu ini sudah tidak pernah muncul kembali dalam certa canon Dragon Ball. Namun sejauh yang kita ketahui, Tarble pernah disebutkan sebanyak dua kali hingga sekarang, yaitu saat Battle of God dan dalam seri Dragon Ball Super, yang membahas mengenai diperlukannya enam Saiyan untuk membuka Super Saiyan transformasi dewa. Pada saat itu, Bulma memberikan saran pada Vegeta untuk menghubungi Trable demi meminta bantuannya. Namun Vegeta menentang hal itu karena pada saat itu Tarble sedang berada di titik kosmos terjauh.

Dengan begini, maka karakter Tarble merupakan asli buatan Akira dalam film tahun 2008 tersebut. Sehingga pastinya Tarble akan memainkan peran yang cukup penting dalam franchise ini nantinya. Sebab setiap karakter buatan Akira tentu memiliki maksud dan tujuan yang jelas dalam cerita Dragon Ball. Sehingga ada kemungkinan kelak Tarble akan datang kembali dan memainkan perannya sebagai salah satu dari bangsa Saiyan dan saudara dari Vegeta.