Baru-baru ini salah satu perusahaan streaming dari Amerika yang bernama Tubi TV telah membeli lisensi untuk sebuah franchise anime pahlawan super yang berjudul Anpanman. Seri satu ini merupakan salah satu franchise yang sangat digemari oleh banyak anak kecil di Jepang dari dulu hingga sekarang. Sehingga, meski waralaba ini telah ada sejak tahun 1973, Anpanman masih sangat hit bahkan di sekitar wilayah Asia.

Namun tampaknya hal ini tidak terjadi di belahan dunia Amerika, sehingga dengan Tubi TV membeli lisensi untuk panayangan waralaba satu ini, banyak yang berharap ini adalah jalan untuk memperkenalkan salah satu franchise legenda ke kancah internasional. Lantas yang menjadi pertanyaan adalah bagaimana Anpanman menjadi salah satu dari franchise ikonik di Jepang?

Hiro Studios

Karakter Anpanman sebenarnya berawal dari sebuah proyek buku gambar untuk anak-anak di Jepang yang dibuat oleh Takashi Yanase. Namun secara perlahan, ketenaran dari karakter satu ini akhirnya membuat Anpanman menjadi banyak produk karya seni populer seperti manga, anime, film, animasi pendek dan beberapa lainnya. Bahkan karakter satu ini juga sempat menjadi beberapa barang seperti celana pendek untuk anak kecil, hadiah spesial ketika natal dan beberapa barang lainnya.

Anpanman merupakan seorang Pahlawan Super yang terbuat dari isian kacang merah (Anpan) dan memiliki musuh jahat yang terbuat dari kuman bernama Baikinman. Tugas dari sang Pahlawan adalah menjaga Bumi dari kuman tersebut. Karakter satu ini memang terkenal sebagai lambang dari keadilan, keseimbangan, kebaikan, dan lain-lain.

Karakter Pahlawan satu ini juga menginspirasi sebuah karakter lain yang bernama Saitama dari serial One Punch Man. Hal ini bisa langsung kalian bandingkan dari detail kostum keduanya yang nampak sangat mirip dari warna dan bentuknya. Hal ini malah menambah kepopuleran Anpanman sebagai salah satu karakter pahlawan bagi anak kecil di Jepang.

Kepopuleran Anpanman bahkan melampaui Hello Kitty pada tahun 2002. Hal ini terbukti dari menjamurnya produk dari karakter Anpanman dengan berbagai bentuk seperti tas, kotak pensil, baju, ransel dan beberapa barang yang lain. Sehingga tentu tidak ada yang tidak kenal dengan karakter Anpanman terutama anak-anak. Selain lucu Anpanman terkenal karena perannya sebagai pahlawan pembela kebenaran.

Selain itu karakter satu ini juga telah memiliki sekitar 30 film yang telah rilis setiap natal sejak tahun 1988. Dalam filmnya, Anpanman tentu memiliki lawan dan alur cerita yang berbeda-beda. Namun untuk karakter, sifat dan peran dari Anpanman selalu sama, yaitu sebagai Pahlawan sejati. Selain telah rilis menjadi 30 film lebih, karakter satu ini juga telah menjadi sekitar 42 video game yang telah menyebar ke tangan penggemarnya.

Sehingga bentuk kepopuleran dari Anpanman sejak awal hingga sekarang masih cukup besar dan memiliki penggemar yang banyak di beberapa negara di Asia. Sehingga dengan adanya Tube Tv yang akan menayangkan franchise di wilayah Amerika dan belahan dunia barat. Nampaknya akan memperluas kepopuleran si Kacang merah ini yang telah besar dari dulu hingga sekarang.

Tidak cukup hanya itu, bahkan Anpanman juga memiliki beberapa museum terkenal di Jepang, dan salah satu museum tersebut berisikan detail menarik mengenai sang pencipta dari karakter satu ini. Sehingga nama dari Museum tersebut adalah Takashi Yanase Memorial Hall. Para penggemarnya bisa menikmati beberapa karya original dari sang penulis melalui museum tersebut.

Jika kalian perhatikan, karakter satu ini memiliki bentuk yang berbeda dari Pahlawan Super kebanyakan. Anpanman memiliki bentuk karakter apa adanya dan lebih mirip seperti sebuah kacang yang berwarna merah. Hal ini tentu berbeda dengan beberapa Pahlawan terkenal lainnya seperti Batman, Superman dan lain-lain. Namun tampaknya kesederhanaan itulah yang membuat karakter satu ini memiliki sesuatu yang bisa diterima anak kecil terutama di Jepang.

Sehingga dengan bentuk fisik yang apa adanya tersebut, bisa mengajarkan kepada anak kecil di Jepang untuk menjadi diri sendiri. Dan hal itu adalah sesuatu yang baik untuk dijalani. Sehingga tidak ada yang perlu takut dan tidak percaya diri dengan keadaan fisik masing-masing. Sebab Anpanman mengajarkan bahwa “kita menjadi kuat dengan menjadi diri sendiri”.

Hiro Studios

seorang manusia yang kebetulan tinggal di Malang dan lulusan salah satu kampus di sana pula. Lahir di Lumajang dan anak pertama dari dua bersaudara. Meski menyukai banyak hal, terkadang ada juga yang tidak disukainya juga sebab itu adalah sifat alami manusianya. Salam kenal untuk para Pembaca dan selamat menikmati sajian tulisannya.