Film Black Panther 2 saat ini sedang dalam masa pengembangan, dengan Ryan Coogler yang kembali ditunjuk sebagai penulis sekaligus sutradara filmnya. Untuk sejauh ini, masih belum banyak informasi yang diketahui mengenai proyek film tersebut selain Ryan Coogler kini harus menyusun ulang cerita dan rencana kedepannya setelah pemeran T’Challa, Chadwick Boseman, meninggal dunia.

Namun, baru-baru ini Marvel Studios akhirnya mengumumkan judul film untuk film sekuel ini yaitu Black Panther: Wakanda Forever. Judul film ini merupakan penghormatan dari salam yang biasa dilakukan oleh para penduduk di Wakanda. Semua hal tersebut berkat kepopuleran film Black Panther yang dirilis pada 2018 lalu. Dengan tangan mengepal sambil menyilangkan keduanya di depan dada, selain menjadi salam, gerakan ini juga menjadi simbol rasa hormat yang tinggi.

Kalimat “Wakanda Forever” juga menjadi kalimat yang diucapkan oleh T’Challa sebelum memimpin dan berperang melawan Thanos di film Avengers: Infinity War. Semenjak Black Panther dirilis, kalimat tersebut menjadi salah satu kalimat yang populer, baik di sosial media maupun di kehidupan sehari-hari. Dan ini juga seolah sudah menjadi “wajah” dari franchisenya.

Bagi sebagian besar orang, khususnya para fans MCU, salam Wakanda Forever ini sudah memiliki dampak yang luar biasa. Tidak perlu ada kata-kata yang terucap, mereka semua sudah tahu apa arti atau apa yang dilakukan oleh yang melakukan gerakan tersebut. Meskipun baru saja muncul di MCU, Wakanda dan Black Panther sudah menciptakan sejarah. Jadi, rasanya wajar jika kedua hal tersebut menjadi referensi bagi film selanjutnya.

Di sisi lain, seperti yang disebutkan di atas, produksi film Black Panther 2 kini harus berbeda dengan tidak adanya Boseman, yang meninggal dunia akibat kanker usus yang sudah dia derita sejak empat tahun yang lalu. Dengan peran dari T’Challa yang diputuskan untuk tidak dilakukan recast atau mencari pengganti Boseman dan fokus cerita kini harus bergeser dari perkembangan karakternya, Black Panther: Wakanda Forever bisa jadi akan menyentuh warisan yang ditinggalkan oleh Boseman.

Kim Kardashian entra en la lista de milmillonarios de Forbes por sus negocios - EXA El PasoMasih belum diketahui secara pasti bagaimana filmnya nanti akan menjelaskan kepergian atau absennya T’Challa dari cerita, tapi dari judulnya sendiri sudah jelas bahwa semua kenangannya akan tetap terus hidup. Jadi, secara keseluruhan, kesimpulannya adalah judul Wakanda Forever adalah judul yang pas untuk sekuel dari Black Panther, mengedepankan bagaimana pentingnya salam tersebut, sejarah dibalik wilayah Wakanda, dan juga keberagaman orang-orangnya.

Besar kemungkinan bahwa filmnya nanti akan menghadirkan karakter baru yang akan menjadi pusat ceritanya, namun tidak jauh-jauh dari mereka yang memang sudah berjasa besar atas Wakanda. Contohnya adalah Shuri, Nakia, atau Okoye dan juga para Dora Milaje. Selain itu, filmnya juga mungkin akan lebih banyak lagi menghadirkan cerita tentang Wakanda. Dengan film pertama menghadirkan keluarga dan juga warisan Black Panther dan T’Challa, mungkin di film kedua ini kita akan melihat lebih banyak karakter dan sejarah dari Wakanda.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.