Bisa Mengukur Kekuatan Lawan

Observation Haki adalah salah satu kekuatan dahsyat yang memberikan banyak kelebihan kepada para penggunanya. Selain bisa membaca emosi dan merasakan bahaya, Luffy juga bisa mengukur kemampuan atau level kekuatan lawan dengan Haki ini. Sayangnya, memang kemampuan ini mulai jarang digunakan dalam cerita. Inilah yang membuat Rayleigh dan Boa Hancock bisa mengetahui bahwa di Rusukaina terdapat banyak sekali hewan berbahaya. Bahkan, Rayleigh secara sepsifik menyebutkan jumlah binatang yang kekuatannya jauh lebih kuat dari Luffy. Dan hal ini sempat dipraktikan oleh Luffy saat berada di Zou.

Mampu Melihat Ke Masa Depan Dengan Advanced Observation Haki

Dalam pertarungannya melawan Charlotte Katakuri, Luffy berhasil membuka kemampuan Observation Haki miliknya sampai ke tingkat yang lebih tinggi. Bukan lagi Luffy mampu melihat emosi musuhnya atau melihat level kekuatan dari musuh, Luffy bahkan mampu melihat ke masa depan meskipun hanya unuk beberapa saat. Semua hal itu berkat Katakuri yang memaksa Luffy pada titik maksimal penggunaan Observation Hakinya. Dengan hal ini, Luffy tidak akan bisa diserang dengan mudah.

Menumbangkan Musuh Dengan Conqueror Haki

Conqueror Haki adalah jenis Haki yang sangat jarang dimiliki orang lain. Disebutkan dari satu juga orang, hanya ada beberapa orang yang memiliki kemampuan tersebut. Seperti yang banyak diperlihatkan oleh beberapa karakter, seperti Rayleigh ataupun Shanks, dengan menggunakan kemampuan Haki ini, Luffy akan mampu membuat musuh atau orang-orang di sekitarnya menjadi tidak sadarkan diri akibat hawa semangatnya yang mengintimidasi. Pada level tertinggi, Luffy mampu menumbangkan 50.000 manusia ikan dengan tekniknya ini.

Mampu Menaklukan Binatang Dengan Conqueror Haki

Selain bisa membuat musuh atau orang lain di sekitarnya menjadi tidak sadarkan diri dengan hawa semangat yang mengintimidasi, Haki ini juga bisa membuat hewan-hewan merasakan intimidasi tersebut. Karena itulah Luffy pernah diperlihatkan beberapa kali berhasil menjinakan binatang buas. Di Rusukaina, Luffy berteman dengan para hewan buas disana berkat kekuatan ini. Kemudian, Luffy juga berhasil mengendalikan Tsurume, seekor kraken raksasa, saat dia hendak pergi ke pulau duyung.

Melapisi Kekuatannya Dengan Conqueror Haki

Ini merupakan salah satu kemampuan “baru” dari Luffy yang diperkenalkan di arc Wanokuni. Seperti yang Geeks ketahui, biasanya untuk melapisi bagian tubuh tertentu dengan Haki dan meningkatkan kekuatan serangannya, seseorang akan menggunakan Armament Haki. Namun, saat Whitebeard dan Roger bertarug, kita kemudian melihat sesuatu yang tidak biasa lebih dari sekedar Armament Haki.

Dan pada akhirnya, di chapter 1010 kemarin diketahui bahwa rahasia kekuatan Kaido selama ini bukanlah Armament Haki tingkat tinggi, melainkan penggunaan Conqueror Haki untuk melapisi tubuhnya dan juga untuk menyerang Luffy. Ini juga ternyata yang membuat pertarungan Whitebeard dan Roger epik, dan inilah kemampuan yang membuat Luffy akhirnya bisa menaklukan Kaido.

1
2
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.