Chapter terbaru dari manga One Piece memberikan kejutan besar dimana salah satu kru Topi Jerami, Roronoa Zoro, ternyata memiliki salah satu kemampuan dahsyat dan langka di serinya yaitu Haoshoku Haki atau Conqueror Haki. Hal ini dikonfirmasi oleh sang Yonko sendiri, Kaido, saat dia menerima serangan Asura yang dilancarkan oleh Zoro sebagai serangan terakhirnya.

Berbicara mengenai Conqueror Haki, Haki ini memang sangat cukup menarik dibandingkan dengan dua jenis Haki lainnya. Haoshoku Haki atau Conqueror Haki merupakan salah satu kemampuan yang sangat luar biasa yang diperlihatkan dalam cerita One Piece. Haki tersebut juga merupakan Haki terkuat dibandingkan dua Haki lainnya seperti Armament Haki dan Observation Haki.

Hiro Studios

Haki kepemimpinan ini tidak bisa dilakukan oleh sembarangan orang, meskipun berlatih sekuat apapun. Karena, pada dasarnya ini merupakan bakat dari lahir. Tapi, dengan belum adanya informasi yang pasti dan jelas dari Oda Sensei mengenai Conqueror Haki, membuat para fans saat ini hanya bisa berspekulasi, terutama mengenai apa sebenarnya kriteria atau persyaratan yang membuat seseorang bisa memiliki kemampuan Conqueror Haki.

Secara harfiah, kata ‘Hao’ sendiri bisa berarti penguasa (supreme rulers). Namun, ada juga yang mengartikannya sebagai ‘overlord’ atau dengan kata lain adalah penguasa dari para penguasa, raja dari para raja. Hal ini sendiri didukung oleh ungkapan Mariegold di chapter 519, saat dia melihat sosok Luffy. Berdasarkan arti secara harfiah dari ‘Haoshoku’ dan juga pernyataan dari Mariegold, seorang pengguna Conqueror Haki haruslah:

  1. Seseorang yang sudah ditakdirkan sebagai pemimpin/pemimpin sejak lahir.
  2. Seorang raja petarung – petarung yang sangat luar biasa. Sebenarnya ada juga arti kata dari ‘Hao’ lainnya yang dikutip dari Wiki, yang mana disebutkan “meskipun “Hao” diterjemahkan sebagai raja, kata tersebut mereferensikan pada sosok penguasa perang atau penakluk, seseorang yang meraih kekuasaan dengan kekuatan atau menaklukan.”
  3. Seseorang yang memiliki tekad yang kuat. Informasi penting mengenai Haoshoku Haki juga muncul dari sosok Silvers Rayleigh, seperti yang dia ungkapkan di chapter 597. Pada panelnya disebutkan bahwa Haoshoku haki adalah “kekuatan untuk menaklukan (overwhelm) keinginan dari orang lain.” Simpelnya, Haoshoku Haki adalah kekuatan tekad yang luar biasa kuat, sampai-sampai kekuatan tekad tersebut mampu menandingi kekuatan tekad milik orang lain. inilah alasan mengapa pengguna Haki ini mampu mengintimidasi orang lain.
  4. Terkenal dalam skala luas. Rayleigh juga mengatakan bahwa kemampuan Haoshoku Haki bisa ditemukan di orang-orang yang mencari ketenaran untuk dirinya sendiri dalam skala global.
  5. Memiliki ambisi untuk menjadi raja atau penguasa. Kriteria ini muncul ketika Luffy bertemu dan Don Chinjao dan Luffy menyebutkan mengenai ambisinya untuk menjadi raja bajak laut. Dan Chinjao pun kemudian bertanya, “raja seperti apa yang kau inginkan?” Namun, yang menarik adalah di sisi lain, kriteria ini juga tidak berlaku secara keseluruhan. Kita bisa melihat bagaimana Sengoku atau Rayleigh memiliki Haki ini, namun mereka tidak memiliki ambisi untuk menjadi seorang penguasa. Karena itulah perlu penjelasan lebih lanjut dari Oda Sensei.
  6. Faktor keturunan. Untuk faktor ini, rasanya Geek semua sudah mengetahuinya. Untuk bisa memiliki kemampuan Conqueror Haki, selain kelima “kriteria” di atas, ada juga satu kriteria yang mungkin tidak bisa semua orang miliki, yaitu faktor keturunan. Hanya mereka yang dari keturunan kerajaan/pemimpin yang berpeluang besar memiliki kemampuan ini. Momonosuke bisa menjadi bukti kuat dari hal tersebut.
  7. Berbeda dengan Armament dan Observation Haki, Conqueror Haki tidak bisa didapatkan dengan cara berlatih, tidak peduli sekuat apapun. Apakah artinya seseorang bisa mendapatkan ketenaran atau belajar menjadi pemimpin melalui berbagai ujian, tapi tidak akan pernah mendapatkan Haki ini kecuali mereka memang terlahir dengan kemampuannya? Inilah yang diucapkan Doffy kepada Trebol, “kau sudah terpilij oleh surga.” Suku Kuja sendiri mengatakan bahwa Haki tersebut adalah “Haki untuk sosok terpilih.” Dan Garp mengatakan bahwa takdirlah yang membuats seseorang bisa memiliki kekuatan tersebut.

Ketujuh poin diatas merupakan beberapa kriteria yang mungkin bisa menjadi acuan bagaimana seseorang bisa memiliki kemampuan Conqueror Haki, berdasarkan apa yang diperlihatkan dalam cerita. Apakah mungkin ada faktor lain yang bisa muncul? Bisa jadi. Seperti yang disebutkan di atas, belum adanya informasi jelas dan pasti dari Oda, membuat semuanya masih sekedar spekulasi.

Hiro Studios