Dengan tantangan yang semakin besar dan semakin kuat kedepannya, sebelum Luffy berhasil menuju Laugh Tale, tentunya perlu ada peningkatan kekuatan dan kemampuan dari calon raja bajak laut ini. Dan terkait hal ini, banyak para fans meyakini bahwa cepat atau lambat Luffy akan memperlihatkan atau mendapatkan Gear 5, yang akan menjadi “senjata baru” andalannya.

Selain Gear 5, ada juga yang beranggapan bahwa Luffy akan mengalami evolusi (awakening) terutama dari buah iblisnya. Sejauh ini, diketahui sudah ada beberapa karakter yang sudah memperlihatkan kemampuan awakening buah iblisnya, yaitu Charlotte Katakuri, Donquixote Doflamingo, Kuzan, dan juga Sakazuki.

Hiro Studios

Oda Sensei memberikan petunjuk mengenai kemunculan Gear 5, seperti yang diungkapkan dalam kolom SBS Volume 98. Salah seorang fan bertanya bahwa jika Gear 4 kemudian menjadi sesuatu yang luar biasa, apakah kemudian Gear 5 juga bisa menjadi sesuatu yang luar biasa. Oda sensei sendiri tidak menjawab pertanyaan tersebut dengan gamblang atau jelas, namun lebih kepada sebuah “pesan tersembunyi.”

Menurut Oda, saat ini musuh yang sedang dihadapi adalah sosok paling kuat di dunia. “Karena itulah dunia membutuhkan sebuah transisi dari “4G” ke “5G.” “G” artinya ‘gear,’ bukan?” Jika dilihat dari jawabannya, Oda seolah sedang melakukan twist antara 5G jaringan koneksi internet dan juga Gear 5. Namun, berdasarkan hal tersebut artinya bukan tidak mungkin jika kemudian Oda akan memperkenalkan Gear 5 dalam pertarungan melawan Kaido ini.

Selain “5G”, kata kunci lainnya adalah “karena itulah dunia membutuhkan sebuah transisi…” yang mana artinya Oda sendiri menyadari bahwa harus ada perubahan yang nyata atau transisi untuk menghadapi makhluk paling kuat dan paling dahsyat di dunia saat ini. Jika memang Gear 5 akan terwujud, masih belum diketahui akan seperti apa bentuknya. Masing-masing buah iblis tentunya akan memiliki kemampuan dan bentuk awakening yang berbeda.

Untuk Luffy sendiri, ada kemungkinan saat awakening tersebut muncul dia bukan akan merubah sekelilingnya menjadi karet. Melainkan tubuh karetnya bisa membentuk senjata apapun yang ada dalam pikirannya. Contoh yang paling simpel adalah tubuh/tangannya bisa berubah menjadi bentuk kapak atau palu.

Hal ini tentunya akan meningkatkan jarak serangan dari Luffy. Sama seperti Gear 4, dia akan mampu menyatukan berbagai teknik lainnya menjadi Gear 5. Awakening dari buah iblis atau Gear 5 ini bisa dibilang akan menjadi senjata paling kuat yang pernah dimiliki oleh Luffy. Tentunya kemampuan awakening ini juga akan dilapisi oleh Armament Haki dan Conqueror Haki, yang membuat serangan atau teknik ini semakin bertambah kuat.

Mungkin juga nantinya Luffy akan mampu merubah tubuhnya menjadi sebesar sebuah pulau kecil, mirip seperti buah iblis yang dimiliki oleh Sanjuan Wolf. Ada juga teori lainnya yang menyebutkan bahwa, bisa jadi Gear 5 Luffy nanti terinspirasi dari sosok Kaido dalam bentuk naga, dimana Luffy akan mampu membentuk kulitnya menjadi lebih kuat dan lebih padat.

Ketika Luffy mengakses kekuatan ini, tidak ada satupun senjata ataupun kekuatan lainnya yang bisa menembus atau membuat luka dari sosok Luffy. Jika memang benar terjadi, tentu hal ini bisa menjadi salah satu kekuatan Luffy lainnya, sebagai bekal persiapan untuk menghadapi berbagai kejutan dan kekuatan yang jauh lebih kuat dibandingkan yang dia kira. Apakah Eiichiro Oda akan memberikan Gear 5 yang sangat dahsyat tersebut kepada Luffy? Kita nantikan saja ya Geeks!

Hiro Studios