Dari sekian banyak karakter yang muncul di seri My Hero Academia, Dabi mungkin adalah salah satu karakter yang paling misterius. Motivasinya masih sangat misterius semenjak dia pertama kali diperkenalkan. Dan hal ini juga diperkuat dimana dia sedikit “berbeda” dibandingkan dengan para anggota League of Villains lainnya. Dia bahkan menolak untuk mengungkapkan identitas aslinya ketika dia ditanya oleh Shigaraki.

Dabi mengatakan bahwa dia akan mengungkapkan semuanya ketika waktunya dianggap tepat. Dengan kepribadiannya yang sulit untuk diterka dan juga bagaimana dia mengasosiasikan dirinya dengan kelompok lain membuat para fans banya berspekulasi, mengenai identitas aslinya dan juga tujuannya. Berikut adalah beberapa teori mengenai sosok Dabi.

Hiro Studios

Quirk Dabi Adalah ‘Skinwalking’

Kondisi kulit Dabi yang aneh menjadi “daya tarik” utama dari karakternya, selain juga di sisi lain banyak pertanyaan mengapa Dabi bisa berada dalam kondisi seperti itu. Apa yang sebelumnya terjadi. Salah satu fan di situs diskusi, Reddit, sempat menyampaikan spekulasinya. Menurutnya Quirk milik Dabi sebenarnya bukanlah Cremation atau kremasi.

Quirk milik Dabi bisa jadi adalah mampu menggunakan Quirk milik orang yang dia sentuh dengan menggunakan kulitnya. Dabi bisa menggunakan kemampuan api, karena dia menggunakan kulit dari anak terakhir Endeavor, Touya Todoroki. Menurut teorinya, Dabi merupakan seorang villain yang mencoba membalas dendam terhadap Endeavor yang sudah membakarnya, dan membuat kulitnya menjadi seperti itu.

Untuk membuat Endeavor merasakan apa yang dia rasakan, Dabi kemudian menculik Touya, dan kemudian mengulitinya. Dia kemudian menggunakan kulit Toya untuk kemudian dipasang di tubuhnya, selain untuk menutupi bekas lukanya, tapi juga untuk mendapatkan akses terhadap Quirknya. Todoroki sendiri diteorikan selamat dari momen horor Dabi. Todoroki sendiri menghabiskan waktunya untuk meningkatkan dan memperkuat kemampuannya untuk kemudian membalas dendam sosok yang menculiknya.

Salah Satu Anak Buah All For One

Teori lainnya yang muncul tentang Dabi adalah dia merupakan salah satu dari sekian banyak anak buah yang dikendalikan All For One, yang ditugaskan untuk mengawasi perkembangan Tomura Shigaraki. Al For One sudah memprediksi mengenai kekalahan Shigaraki dan kemudian memerintahkan Dabi untuk mengawasi perkembangan kekuatannya dari dekat. Hal ini memperkuat spekulasi bahwa Quirk yang dimiliki Dabi merupakan pemberian, dan Quirk tersebut baru dia berikan.

Dengan Dabi masih baru dalam penggunaan Quirknya bisa menjelaskan mengapa dia masih berusaha untuk beradaptasi dengan Quirk tersebut. Dabi memang tidak sehebat dan seterampil Endeavor. Kemampuan Dabi lebih dianggap setara dengan sosok Todoroki, yang baru-baru ini bisa menggunakan Quirk api miliknya. Jika semua teori yang ada memang terbukti, artinya Shigaraki tahu mengenai hubungan dabi dengan All For One. Mengenai mengapa Shigaraki belum bertemu dengan Dabi masih masih menjadi misteri.

Dabi Berpikir Dia Adalah Todoroki

Pengguna reddit lainnya juga mengunggap teori menarik lainnya mengenai asal usul dari Dabi. Semua tindakan kejahatan serta masa kecil yang penuh manipulasi dan hal mengerikan lainnya, merupakan tanggung jawab dari sang ibu. Teorinya menyebutkan bahwa ibu dari Dabi kemungkinan adalah sosok villain yang jahat yang berhasil dikalahkan oleh Endeavor.

Setelah dia ditangkap, dia bersumpah akan membalas dendam terhadap Endeavor dan menghabiskan waktunya di penjara untuk menyiapkan rencana balas dendam. Ibunya kemudian melakukan perkawinan Quirk setelah dia bebas dari tahanan. Tujuannya adalah melahirkan seorang anak yang memiliki Quirk yang sama dengan Endeavor. Ketika Dabi lahir dengan Quirk api yang lebih dahsyat, sang ibu sangat senang.

Ibunya justru menculiknya dan kemudian membesarkannya sendiri, sambil terus memberikan informasi bahwa dia adalah anak dari Endeavor. Ketika dia beranjak dewasa, Dabi mulai merasa kesal dengan hilangnya sosok “ayah,” dan juga keluarga barunya, karena dia percaya Endeavor meninggalkan mereka demi Todoroki.

Terlupakan, Dabi terus berlatih dan memperkuat Quirk miliknya untuk bisa mengalahkan Endeavor. Teorinya sendiri menyebutkan bahwa bekas luka yang ada di tubuhnya, menjadi bukti bagaimana Dabi berlatih dan seberapa keras dia berlatih. Ketika sang ibu sudah puas dengan perkemangannya, dia memerintahkan Dabi untuk bergabung dengan League of Villains. Dan itu artinya dia satu langkah untuk mengakhiri nyawa Endeavor. Dabi sendiri bukanlah Todoroki. Dia hanya berpikir bahwa dia adalah Todoroki.

Dabi Adalah Seorang Pengguna One For All

Teori lainnya yang juga dibagikan di situs reddit menyebutkan bahwa dabi bisa jadi adalah salah satu pengguna Quirk One For All. Dia kemungkinan dibangkitkan kembali dari kehidupan oleh All For One. Teori ini muncul berdasarkan adanya kesamaan antara siluet Dabi dan juga gaya rambutnya dengan pengguna sebelumnya dari One For All. Dan secara sekilas, memang keduanya memiliki kemiripan.

Menurut teorinya, Dabi dibangkitkan kembali untuk alasan yang sama All For One memiliki cucu dari Nana Shimura untuk menjadi penerusnya. Dan hal ini menjadi tamparan keras lainnya bagi All Might. Ketika Dabi menyadari seberapa rendahnya standar para pahlawan semenjak kematiannya, dia kemudian bergabung dengan League of Villain sesuai keinginannya. Teorinya juga menyebutkan bahwa Dabi berusaha untuk “mengembalikan” kehormatan dari para pahlawan.

Hiro Studios