Laugh Tale merupakan tujuan akhir dari setiap para bajak laut dalam cerita One Piece, tidak terkecuali sosok Monkey D. Luffy. Seperti yang kita ketahui, Luffy memiliki mimpi besar untuk bisa menemukan One Piece dan menjadi seorang raja bajak laut. Dan keberadaan One Piece sendiri diketahui berada di pulau paling ujung di Grand Line, yaitu Laugh Tale.

Mengapa disebut Laugh Tale? Menurut flashback Kozuki Oden di babak kedua arc Wanokuni, nama Laugh Tale muncul setelah Gol D. Roger berhasil pergi kesana, menemukan One Piece, dan dia tertawa akan apa yang dia temukan. Memang, sampai saat ini, masih menjadi sebuah misteri besar mengapa Roger tertawa. Banyak spekulasi dan juga teori yang mencoba menjelaskan hal tersebut.

Hiro Studios

Lalu, pertanyaannya kemudian apakah Luffy juga akan tertawa seperti Roger saat menemukan One Piece? Berdasarkan informasi yang ada, kemungkinan Luffy tidak akan tertawa layaknya Roger saat dia menemukan One Piece. Mengapa? Rayleigh sempat  memberikan petunjuk mengenai hal tersebut di arc Sabaody.

Hal ini muncul saat kru Topi Jerami bertemu dengan Rayleigh di bar milik Shakky. Nico Robin sendiri sempat bertanya kepada Rayleigh mengenai apa yang sebenarnya terjadi di abad yang hilang. Rayleigh sebenarnya bisa saja menceritakan semuanya, namun dia beralasan jika hal itu dilakukan maka semua petualangan akan menjadi sia-sia.

Rayleigh menyarankan untuk berjalan setahap demi setahap dan Rayleigh pun mengatakan bahwa mungkin apa yang disimpulkan oleh Roger dulu bisa jadi berbeda dengan Luffy dan kru Topi Jerami lainnya. Bagaimana sejarah bisa berbeda kepada dua kelompok yang berbeda ketika isi dari sejarahnya sama. Kontennya mungkin tidak berbeda, tapi bagaimana mereka menginterpretasikan konten tersebut yang menjadi pembeda.

Tapi, bagaimana kemudian kelompok Topi Jerami bisa menginterpretasikan berbeda sebuah sejarah yang sama dari kelompok bajak laut Roger? Menurut teori yang ada, flashback Oden menjadi petunjuk apa maksud dari Rayleigh. Intinya adalah bagaimana perjalanan mereka menuju Laugh Tale tersebut dan bukan isinya. Mengapa kemudian Roger tertawa melihat isi One Piece tersebut?

Mungkin karena peristiwa yang dulu terjadi disebabkan oleh sebuah kesalahan yang konyol atau saking tragisnya semuanya sampai terasa lucu. Intinya kita masih belum tahu apa sebenarnya yang membuat isi harta karun tersebut lucu, atau membuat Roger tertawa. Meskipun Luffy mungkin disebut-sebut mewarisi tekad dari Roger, perjalanan mereka tentunya sangat berbeda.

Sejauh ini, Roger diketahui hanya berpetualang di laut, menghadapi kelompok bajak laut kuat lain, rivalnya dan melampaui yang lain. Tidak diketahui apakah Roger pernah mengalami hal yang sama seperti Luffy, seperti membantu membebaskan sebuah wilayah. Namun, yang menjadi catatan adalah Luffy bukanlah bagian dari seorang revolusioner seperti ayahnya. Dia bahkan tidak ingin menjadi pahlawan.

Semua yang dia lakukan semata-mata demi temannya. Kita bisa melihat arc Alabasta, dimana dia rela membantu temannya. Dan sekarang, Luffy berada di Wano untuk membantu Kinemon, Red Scabbards, Momo, dan Tama. Whitebeard pernah mengatakan bahwa seseorang akan muncul dan membawa sejarah dari ribuan tahun lalu kemudian menantang seluruh dunia untuk bertarung.

Grant the Clownen Rider on Twitter: "Luffy's little Zou 😂😂😂 #OPGrant… "Bagaimana kemudian Luffy bisa membawa semua sejarah yang ada, bila Luffy sendiri tidak pernah peduli mengenai sejarah. Luffy terlalu bodoh untuk hal itu, buktinya dia tidak peduli tentang politik, abad yang hilang, dan sebagainya. Mungkin, setelah Luffy mempelajari sejarah, cerita tragis yang dulu dialami oleh Joy Boy, Luffy akan memahami bahwa semua pulau-pulau yang pernah dia datangi, pernah berada dalam situasi mengerikan, dan dia akan memahami mengenai tragedi dan penderitaan dari pengalaman yang sudah dia alami selama ini.

Pengalaman itulah yang mungkin tidak dimiliki oleh Roger dulu. Dengan menyadari dan merasakan penderitaan mereka, Luffy tidak akan tertawa saat melihat ceritanya. Dia mungkin akan marah. Kemarahan itulah yang mungkin kemudian menjadi awal Luffy menghancurkan Pemerintah Dunia. Kemarahan dan keinginan untuk membebaskan teman-temannyalah yang membuatnya melakukan apa yang harus dia lakukan.

Kesimpulannya Luffy mungkin tidak akan tertawa saat dia berada di Laugh Tale. Dia bisa jadi marah saat melihat isi Poneglyph terakhir di Laugh Tale. Dan itulah yang dimaksud dengan “kesimpulan yang berbeda” yang dimaksud oleh Rayleigh saat itu. Sebuah perbedaan besar yang kemudian akan membuat perbedaan hasil. Kita nantikan saja ya Geeks bagaimana kelanjutan cerita dari Luffy menuju Laugh Tale.

Hiro Studios