Episode terakhir The Falcon and the Winter Soldier mengisyaratkan Contessa Valentina Allegra de Fontaine (Julia Louis-Dreyfus) sedang membentuk sebuah tim super baru. Setelah kekalahan Thanos di Avengers: Endgame, MCU masih belum menceritakan secara menyeluruh akan seperti apa Fase 4 dan seterusnya. Val sepertinya akan menjadi bagian dari alur cerita besar MCU berikutnya, terutama jika dia berhasil membentuk tim super baru, baik itu Thunderbolts ataupun Dark Avengers.

Di komik, Val adalah seorang agen ganda, dia adalah agen rahasia HYDRA sekaligus agen rahasia SHIELD, bahkan dia sempat terlibat asmara dengan Nick Fury. Contessa adalah petarung yang terampil dan ahli dalam strategi brilian, beberapa kali dia terlibat pertempuran untuk membela kebenaran, walaupun pada akhirnya kesetiaan dia pada HYDRA membawanya kembali ke orang-orang jahat. Tidak lama setelah dirinya kembali beroperasi sebagai Madame Hydra, Val akhirnya berhasil ditangkap dan dipenjara.

Hiro Studios

Saat ini peran Val di MCU masih belum terungkap sepenuhnya. Karena di fase 4, diceritakan SHIELD dan HYDRA sudah lama tidak aktif. Sepertinya Val akan menjadi karakter sentral di masa depan MCU, dia tampaknya tertarik untuk membentuk sebuah tim super untuk rencananya yang masih misteri. Hal tersebut dimulai dengan perekrutan US Agent John Walker oleh dirinya.

Membentuk Tim Super

Setelah John Walker keluar dari militer Amerika, dia didatangi oleh Contessa Valentina dan diundang untuk bergabung dengannya. Di episode terakhir TFATWS, John bertemu Val kembali, kali ini Val memberikan kostum dan nama baru sebagai US Agent. Pada pertemuan tersebut, Val mengatakan bahwa akhir-akhir ini banyak hal ‘aneh’ terjadi, membuktikan bahwa Val mengetahui banyak hal. Dia memberitahu John untuk selalu bersiap dan mengangkat telepon saat Val membutuhkannya.

Dengan begitu bisa disimpulkan bahwa Val memang sedang mengumpulkan tim super rahasianya sendiri. John sepertinya bukan orang pertama ataupun terakhir yang Val ajak, sepertinya masih banyak karakter Marvel lain yang akan dia rekrut, baik yang sudah pernah diperlihatkan di MCU atau nanti wajah baru dari acara MCU kedepannya. Pertanyaan terbesar sekarang adalah, tim apa yang sedang dibentuk oleh Val? Dan ada di pihak mana tim itu nantinya, kebaikan atau kejahatan?

Pada siapa Val bekerja?

Saat ini masih belum jelas untuk tujuan apa dan untuk siapa Val bekerja. Dia jelas mempunyai izin tingkat tinggi dari pemerintah, yang menjelaskan bahwa dia bekerja sebagai semacam agen rahasia seperti Nick Fury. Atau bisa saja Val memang sedang bekerja sama dengan Fury. Teori tersebut sepertinya masuk akal untuk masa depan Fase 4 MCU. Serial besar Disney+ berikutnya adalah Secret Invasion, serial tersebut akan berfokus pada bangsa Skrull yang menyusup ke bumi, beberapa di antaranya bersekutu dengan Nick Fury.

Saat Val mengatakan bahwa banyak hal aneh terjadi, bisa saja hal tersebut mengarah ke kejadian Secret Invasion nantinya. Jika dia bekerja sama atau bekerja untuk Fury, Val bisa saja membentuk tim untuk bersiap melawan invasi Skrull. Tetapi jika kesetiaannya bukan pada sisi baik, misalnya pada sisa-sisa kelompok HYDRA, hal tersebut akan menjadi ancaman untuk para pahlawan super di MCU.

Kemungkinan Thunderbolts

Karena Secret Invasion yang akan tayang selanjutnya, ada kemungkinan Val sedang membentuk Thunderbolt versi MCU. Di komik, Thunderbolt adalah tim penjahat yang dibentuk oleh Baron Zemo, mereka mengubah nama dan citranya sebagai pahlawan untuk mendapatkan kepercayaan publik dan pemerintah, padahal semua itu demi tujuan jahat mereka. Namun, seiring berjalannya waktu, tim tersebut mulai menikmati bekerja di sisi kebaikan, dan Thunderbolts akhirnya menjadi tim superhero yang tepat.

Thunderbolt kemungkinan menjadi tim MCU pilihan Val karena beberapa alasan. John Walker memang bukan anggota asli Thunderbolts di komik, tapi dia pernah diceritakan bertarung bersama mereka. Di komiki, Thunderbolts juga memainkan peran penting dalam kisah Secret Invasion, jadi masuk akal jika MCU menghadirkan tim ini. Apalagi Zemo yang sekarang terkenal berkat TFATWS, sekarang sudah berada di penjara Raft, tempat awal Thunderbolts dibentuk. Alasan-alasan tersebut yang memungkinkan bahwa tim yang sedang Val bentuk adalah Thunderbolts versi MCU.

Kemungkinan Dark Avengers

Kemungkinan lain tim super yang sedang Val bentuk adalah Dark Avengers. Tim yang mengambil konsep sama seperti Thunderbolts tetapi lebih jahat. Di komik, Dark Avengers dipimpin oleh Norman Osborne yang mendapatkan kekuatan besar setelah invasi Skrull. Bisa saja MCU berencana memperkenalkan Thunderbolt terlebih dahulu, kemudian mengubahnya menjadi Dark Avengers setelah Secret Invasion. Atau bisa saja MCU langsung menceritakan Dark Avengers agar lebih sederhana.

Tidak seperti di Thunderbolt, John Walker adalah anggota asli Dark Avengers di komik. Norman Osborne juga dirumorkan akan muncul di Spider-Man: No Way Home, hal tersebut memungkinkan karakternya untuk mengambil peran bersama Val membentuk tim Dark Avengers. Memperkenalkan tim super jahat yang terinspirasi Dark Avengers akan menjadi sentuhan menarik untuk MCU. Tetapi tentu saja, masih ada kemungkinan bahwa niat Val sebenarnya tidak jahat. Apa pun peran Val nantinya, hal tersebut akan membawa beberapa perkembangan menarik untuk Marvel Cinematic Universe.

Hiro Studios

An ordinary person and nobody. Just a multi-enthusiast.