Danzo Merasa Kakashi dan Itachi Memiliki “Kegelapan”

Ketika Might Guy bertemu dengan Hokage Ketiga untuk membicarakan tentang dirinya menjadi anggota Anbu untuk mengawasi Kakashi, sang Hokage menolaknya dan mengatakan bahwa Danzo tidak sembarangan mencari anggota Anbu. Mereka harus memiliki kegelapan dalam dirinya. Kakashi, yang sudah melihat kematian temannya, gurunya, dan bahkan ayahnya, dianggap sudah memiliki kegelapan dalam hatinya. Sedangkan Itachi, sosok anak yang rela membunuh dan mengikuti perintah, memiliki kegelapan dalam kemampuannya untuk melakukan tindak kekerasan dan mengesampingkan emosi pribadinya demi berjalannya sebuah misi.

Itachi Diperingati Soal Kakashi

Setelah Rin terbunuh oleh Chidori milik Kakashi, dia kemudian dianggap sebagai pembunuh teman. Orang-orang lainnya melihat Kakashi sebagai seorang shinobi yang tidak akan berhenti dan rela melakukan apapun demi menyelesaikan sebuah misi, meskipun itu harus membunuh temannya sendiri. Inilah yang menjadi sumber kegelapan dan kegundahan dalam hati Kakashi selama ini.

Sebelum misi pertama mereka, Itachi sempat diberi peringatan soal kakashi dari anggota Anbu lainnya. Namun, Itachi sepertinya sama sekali tidak khawatir terhadap kakashi. Ironisnya, Itachi kemudian mendapatkan reputasi yang sama dengan Kakashi, bedanya Itachi dianggap sebagai sosok yang tega menghabisi keluarganya sendiri.

Kakashi Adalah Mentor Bagi Itachi

Ketika anggota Anbu lainnya mencoba menguji Itachi, Kakashi mengatakan dengan tegas bahwa Itachi bukanlah shinobi biasa. Kakashi yakin terhadap kemampuannya. Dalam misi pertama mereka, Kakashi sempat mengatakan bahwa menjadi Anbu berbeda dengan menjadi shinobi lainnya. Mereka perlu bergerak dibalik bayang-bayang. Mereka juga tidak bisa menikmati kenyamanan yang sama.

Itachi sendiri kemudian dipromosikan untuk bergabung dengan tim Kakashi, namun Kakashi sendiri, merasa bertanggung jawab untuk mengurus Itachi. Pasca pembantaian klan Uchiha oleh Itachi, Kakashi merasa bertanggung jawab dan dia juga menyalahkan dirinya sendiri. Dia merasa bahwa dia harus lebih bisa melakukan lebih untuk bisa menjadi mentor bagi Itachi, dan jika hal itu terjadi, Kakashi merasa bahwa dia tidak akan melakukan hal seperti itu.

Itachi Sebagai Agen Ganda Dan Mempertanyakan Loyalitas Kakashi

Itachi memiliki peran yang unik dimana selain dia menjadi anggota Anbu, dia juga menjadi bagian dari klan Uchiha. Sang ayah, Fugaku Uchiha, yang merupakan pemimpin klan Uchiha, mengharapkan anaknya untuk bisa memberikan informasi mengenai apa yang direncanakan Hokage dan yang lain terhadap klan Uchiha, mengingat tensi diantara mereka semakin meningkat.

Sementara Danzo dan Hokage Ketiga mengharapkan Itachi mau memberikan informasi mengenai klan Uchiha, karena mereka merencakan sebuah kudeta di desa Konoha. Itachi benar-benar dalam tekanan dengan berperan sebagai agen ganda antara keluarganya dan desanya. Dia kemudia berkonsultasi dengan Kakashi mengenai Sharingannya dan bertanya apakah dia merasa bahwa dia sudah menjadi bagian dari klan Uchiha. Kakashi kemudian mengatakan bahwa Sharingan miliknya merupakan pengingat bahwa dia harus melindugi teman-temannya.

Kakashi Tidak Lagi Menjadi Anbu Pasca Insiden Klan Uchiha

Setelah malam tragis ketika Itachi dipaksa untuk memilih untuk membunuh klannya atau melindungi desanya, dia kemudian lari untuk bergabung dengan Akatsuki demi bisa mengawasi sang adik dan melindunginya dari jauh. Itachi kemudian dianggap jahat oleh para penduduk desa lainnya, yang mana hal tersebut membuat kakashi merasa sedih dan juga menyesal.

Akibat hal itu Hokage Ketiga merasa dia melihat kebaikan dalam diri Kakashi dan memilih untuk membebas tugaskannya sebagai anggota Anbu. Hokage Ketiga juga meminta kakashi untuk menjadi guru atau mentor bagi para genin baru Konoha. meskipun semua murid pertamanya gagal dalam tes kerja sama, seperti yang dulu dia alami, namun Kakashi kemudian bertemu dengan Team 7 dan menerima mereka. Melalui Team 7, Kakashi diberikan kesempatan kedua untuk melakukan apa yang dia rasa gagal sebelumnya, dan menjadi sosok pengawas bagi adik rekannya.

1
2
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.