Sebelum Hatake Kakashi menjadi pemimpin dari Team 7 dan Itachi keluar dari desa Konoha dan bergabung dengan kelompok Akatsuki, mereka dulunya sama-sama pernah menjadi bagian dari kelompok rahasia Anbu. Memang tidak banyak yang bisa diketahui dari kelompok rahasia dari desa Konoha tersebut selain mereka mengenakan topeng, memiliki kemampuan bertarung dan kemampuan lainnya yang luar biasa.

Para Anbu juga sering kali melakukan berbagai misi-misi yang berbahaya dan dan rahasia, sehingga jelas Kakashi dan Itachi pernah bekerja sama menghabiskan waktu bersama saat mereka masih menjadi bagian dari kelompok tersebut. Dan momen tersebut nyatanya memberikan dampak besar dalam hidup mereka. Meskipun arc “Kakashi: Shadow of the ANBU Black Ops” adalah filler, setidaknya arc tersebut memberikan cerita menarik dari mereka berdua.

Hiro Studios

Kakashi dan Itachi “Terpaksa” Bergabung Dengan Anbu

Setelah gagal melindungi kedua temannya, Rin dan Obito, Kakashi hidup dalam situasi yang sangat ekstrem dimana dirinya merasa sangat kehilangan dan merasa tidak berguna untuk melindungi orang-orang yang dia cintai. Hokage keempat, yang sekaligus juga adalah mentor dari Kakashi, sangat khawatir dengan kondisi Kakashi sehingga memintanya untuk bergabung dengan Anbu.

Itachi, seorang ninja yang sangat cerdas meskipun usianya masih muda, bergabung dengan Anbu setelah Hokage ketiga, Danzo, dan sang ayah memintanya. Meskipun masing-masing orang yang meminta Itachi bergabung dengan Anbu ini memiliki agendanya masing-masing, Itachi tetap mematuhinya. Itachi benar-benar sangat luar biasa, bahkan Kakashi menganggap bahwa dia akan melampauinya sebagai seorang Anbu.

Keduanya Bergabung Di Usia Muda

Kakashi dan Itachi sudah sangat mahir sebagai seorang shinobi di usia mereka yang masih muda. Semua itu karena kecerdasan dan kemampuan mereka, sehingga mereka berdua diharapkan bisa menjadi yang terbaik oleh banyak orang. Meskipun normalnya hal itu menjadi sebuah beban bagi anak di usianya, namun mereka sendiri membuktikan bahwa usia bukan halangan.

Kakashi dan Itachi sudah banyak mengalami kejadian yang mengerikan dan tragedi selama bergabung dengan Anbu. Kakashi sendiri menjadi seorang chunin di usianya yang masih 6 tahun, dan kemudian bergabung dengan Anbu di usia 13 tahun. Itachi sendiri menjadi genin di usianya yang masih 8 tahun dan menjadi chunin di usianya yang ke 10. Kemudian dia bergabung dengan Anbu di usia ke 11, menjadikannya sebagai anggota Anbu paling muda yang pernah ada.

Itachi Ditugaskan di Kelompok Kakashi

Sebelum Itachi ditugaskan untuk bergabung dengan Anbu, Kakashi sempat berdiskusi mengenai Itachi bersama Hokage Ketiga, yang mengatakan bahwa Danzolah yang memberikan rekomendasi Itachi untuk bergabung dengan Anbu. Dan Kakashi sendiri setuju bahwa itu adalah pilihan yang bijak. Hokage Ketiga juga menginformasikan Kakashi bahwa Itachi akan bergabung dengan timnya.

Namun, Kakashi sendiri khawatir karena Itachi dianggap masih terlalu muda, meskipun dia sudah berhasil masuk Anbu di usianya yang sangat muda. Kakashi sendiri pada akhirnya setuju dan melakukan tugasnya dengan baik menjadi pemimpin bagi Itachi. Dia yang melindungi Itachi dan membimbingnya pada saat melakukan misi pertamanya.

Keduanya Memiliki Sharingan

Kakashi sebenarnya tidak memiliki Sharingan, namun mata Sharingan diberikan oleh sahabatnya, Obito, yang saat itu sudah kalah dalam sebuah pertempuran. Saat itu dia yakin bahwa dia akan mati, dan kemudian menawarkan Kakashi mata Sharingannya untuk menggantikan salah satu mata Kakashi. Kakashi pun kemudian menerima tawaran tersebut dan menjadi sosok yang luar biasa.

Meskipun dia bukanlah seorang Uchiha, Kakashi mampu menggunakannya dengan baik. Itachi, yang notabene adalah bagian dari klan Uchiha, sudah membangkitkan dan menguasai Sharingan di usia 8 tahun. Pada usianya 12 tahun, setelah melihat kematian dari Shisui, Itachi kemudian membangkitkan Mangekyou Sharingan dan menjadi sosok yang sangat ahli dalam menggunakan Genjutsu.

Misi Pertama Kakashi dan Itachi “Tidak Resmi”

Misi pertama kedua shinobi hebat tersebut digambarkan sebagai misi yang rahasia dan “tidak resmi.” Mereka ditugaskan untuk ikut dengan kelompok yang yang dikirim dalam misi diplomasi untuk pertukaran gulungan bersama Prajna Group. Anggota dari Anbu sendiri diperintahkan untuk membunuh Prajna Group karena dianggap sebagai pengkhianat.

Itachi dan Kakashi benar-benar bekerja sama dengan baik. Mereka menyerang dan berhasil membunuh Prajna Group tanpa mengalami luka sedikitpun atau membuat shinobi konoha lainnya terluka. Might Guy sendiri terkejut mengetahui apa yang terjadi dan dia menolak semua hal yang berkaitan dengan membunuh lawan. Namun, kakashi sendiri menyatakan bahwa tugas membunuh adalah pekerjaan dari seorang Anbu.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2

Hiro Studios

1
2