Banyak yang mengira bahwa tidak akan ada lagi film Captain America, apalagi sejak Chris Evans mengumumkan dirinya keluar dari MCU dan Steve Rogers sudah menyerahkan perisainya kepada Sam Wilson. Walaupun Sam Wilson mengambil peran sebagai Captain America yang baru, banyak yang mengira hal tersebut hanya akan diperlihatkan di serial Disney+ saja.

Ternyata film Captain America keempat akan segera diproduksi dalam waktu dekat. Menyusul perilisan episode terakhir The Falcon and the Winter Soldier, dikabarkan bahwa Captain America 4 akan segera diproduksi dengan Malcolm Spellman kembali sebagai penulis naskahnya. Sampai saat ini, kabar tersebut masih belum dikonfirmasi secara resmi oleh pihak Marvel Cinematic Universe.

Hiro Studios

Jika film tersebut benar diproduksi, maka tidak ada salahnya membahas karakter yang akan dipilih sebagai penjahat utamanya. Salah satunya adalah Grand Director alias William Burnside, Captain America keempat di komik Marvel. Sebagai mantan pahlawan yang pernah menjadi simbol Amerika, sepertinya dia akan menjadi karakter yang menarik di MCU.

Penggemar sudah lama berharap untuk melihat karakter William Burnside di MCU. Sebelumnya banyak yang mengira bahwa Burnside akan terlibat di film Captain America kedua dan ketiga. Namun prediksi tersebut ternyata salah, dan Sekarang dengan adanya Isaiah Bradley di serial The Falcon and the Winter Soldier, kemunculan Grand Director bisa lebih emosional dan menarik lagi.

Isaiah Bradley dan Grand Director adalah dua karakter yang berbeda, tetapi keduanya mempunyai konsep yang serupa. Di komik tahun 1950-an, Marvel menceritakan Captain America melawan komunis di Amerika Serikat, tetapi di komik tahun The Avengers #4 yang rilis tahun 60-an, diceritakan bahwa Steve telah membeku sejak Perang Dunia II.

Kemudian Marvel memperbaiki plot hole tersebut pada tahun 1970-an dengan menjelaskan bahwa Captain America tahun 50-an itu sebenarnya adalah seorang guru idealis yang menggunakan versi baru serum super soldier, dan dia melakukan operasi plastik agar terlihat seperti Captain America Steve Rogers.

Sayangnya, serum tersebut memberikan efek samping negatif padanya dan menyebabkan Burnside gila. Pemerintah yang mengetahui hal tersebut memberinya hukuman mati suri. Beberapa tahun kemudian, ketika bangun, Burnside terlibat pertempuran dengan Steve Rogers yang asli. Singkat cerita dia kalah dan dicuci otak oleh HYDRA, kemudian menjadi Grand Director yang jahat.

Meski berstatus sebagai penjahat, Burnside sering digambarkan sebagai sosok yang menyedihkan, sama seperti Isaiah Bradley di TFATWS. Diceritakan Steve berempati melihat Burnside, dia ditinggalkan oleh orang-orang yang membuatnya dirinya menjadi seperti itu. Empati Steve tersebut sama seperti perasaan Sam kepada Isaiah setelah terkejut mengetahui kisahnya.

Karena MCU menghadirkan kisah yang serupa untuk Sam dan Isaiah seperti di komiknya, Sehingga kemunculan William Burnside nantinya tidak akan menjadi sesuatu yang mengejutkan. Dari Isaiah akhirnya Sam mengetahui bahwa pemerintah berusaha mengganti Captain America dengan lebih banyak eksperimen super soldier. Ditambah lagi Sam diberitahu Yesaya bahwa mereka ditinggal dan dilupakan, seperti William Burnside di komik.

Jadi, kisah Isaiah Bradley di serial TFATWS memberikan kemungkinan bahwa sebenarnya banyak sekali korban eksperimen pemerintah sejak simbol Amerika Steve Rogers menghilang, salah satunya mungkin William Burnside yang akan muncul nanti di Captain America 4 dengan wajah Steve Rogers.

Hiro Studios

An ordinary person and nobody. Just a multi-enthusiast.