Setelah kemenangan akhirnya berhasil diraih oleh para Shinobi terhebat Konoha saat bertarung melawan Isshiki Otsutsuki, namun di sisi lain mereka juga harus mendapatkan banyak sekali kehilangan seperti diperlihatkan di chapter terbaruĀ Boruto: Naruto Next Generation. Dalam chapter 55 kemarin, kita melihat bagaimana Naruto harus kehilangan sosok Kurama, sang monster ekor sembilan.

Kurama harus tewas setelah dia ternyata yang memberikan seluruh kekuatannya kepada Naruto untuk mengaktifkan mode Baryon. Di sisi lain, rekannya yaitu Sasuke juga harus mengalami kehilangan terbesar. Sasuke harus kehilangan sebelah penglihatannya dan juga kemampuan Rinnegan yang dia miliki, akibat mata kirinya ditusuk oleh Momoshiki yang merasuki tubuh Boruto.

Hiro Studios

Inilah yang kemudian menjadi pertanyaan para fans, apakah ada cara bagi Sasuke untuk bisa mendapatkan sebuah doujutsu? Atau apakah ada cara bagi Sasuke mendapatkan mata pengganti Rinnegan? Jawabannya adalah ada. Dan kunci dalama hal ini adalah Amado, seperti yang diperlihatkan di chapter 57 kemarin. Seperti yang kita ketahui, Code akhirnya membebaskan Eida.

Setelah keluar dari tempat penyimpanannya, Code dan Eida berbincang-bincang mengenai apa tujuan dari Code menemuinya dan meminta bantuannya. Eida, yang memiliki kemampuan untuk melihat masa depan, sudah mengetahui apa yang diinginkan oleh Code yaitu dia ingin mencari cara bagaimana dia bisa melepaskan limiter atau pembatas kekuatan yang ada dalam tubuhnya.

Eida kemudian mengatakan bahwa hanya Amado yang bisa melakukannya. Amado memiliki semacam perlindungan, dimana pembatas kekuatan tersebut hanya bisa dinonaktifkan dengan perintah suara dan juga retina matanya. Code sempat memberikan ide untuk membuat semacam kloning, untuk kemudian bisa menirukan Amado. Namun, Eida beranggapan bahwa ide tersebut tidak akan berhasil.

Menurutnya, Amado sudah melakukan modifikasi ilmiah terhadap matanya. Sehingga satu-satunya cara adalah membawa Amado atau mencungkil matanya. Hal inilah yang memunculkan sebuah spekulasi bahwa dengan keahliannya tersebut, Amado bisa saja membantu Sasuke untuk mendapatkan sebuah jurus mata atau doujutsu baru untuk menggantikan Rinnegan yang hilang.

Boruto Manga Online English Version High QualityDi chapter 57 kemarin, Amado mengatakan bahwa dia sudah bertemu dengan Sasuke untuk membahas tentang Boruto. Namun, meskipun tidak diungkapkan dalam percakapannya, ada kemungkinan bahwa mereka juga membahas mengenai mata Sasuke yang hilang. Bisa jadi, Amado menawarkan Sasuke untuk mendapatkan sebuah mata baru, sebuah mata yang sudah dimodifikasi sedemikian rupa.

Untuk hal ini, rasanya Amado memang tidak perlu diragukan lagi. Amado sudah membuktikannya kepada anggota Inner Kara, seperti Delta, yang bisa menembakan laser dari matanya. Berdasarkan hal tersebut, artinya Amado juga bisa saja membuat mata yang sama bagi Sasuke. Bagaimana dengan membangkitkan kembali Rinnegan? Apakah hal tersebut bisa dilakukan?

Jawabannya adalah bisa. Namun, dengan situasi yang sedang tidak memungkinkan seperti saat ini, rasanya pilihan untuk mendapatkan kembali Rinnegan bukanlah sebuah upaya yang bijak. Lagipula, Sasuke sendiri mendapatkan Rinnegan setelah Hagoromo memberikan separuh kekuatannya. Apakah Sasuke mau mempercayakan hal tersebut kepada Amado?

Boruto 57 - Boruto Chapter 57 - Boruto 57 english - MangaReader.siteNaruto sendiri sudah menyatakan bahwa dia masih belum sepenuhnya percaya terhadap Amado, setidaknya itulah yang dia katakan terhadap para Kage lainnya. Dan kemungkinan Sasuke sendiri merasakan hal yang sama. Namun, dengan ancaman besar yang sudah mendekat, dimana Code dan Eida sudah menanti mereka, Sasuke mungkin akan mengambil resiko untuk percaya terhadap Amado.

Perlu dicatat bahwa bukan berarti Sasuke lemah. Sasuke masih menguasai berbagai jenis jutsu, seperti halnya Naruto. Namun, dengan adanya doujutsu buatan dari Amado setidaknya bisa menambah kekuatan dari Sasuke. Jika kemudian Sasuke mau dan setuju Amado membantunya, Amado mungkin bisa menemui Orochimaru untuk mendapatkan data mengenai Sasuke.

Seperti yang kita ketahui, ketika Sasuke masih kecil, Orochimaru berhasil menguasai diri Sasuke dengan menempelkan segel kutukan. Orochimaru saat itu berusaha menjadikan Sasuke sebagai wadah barunya, karena dia menganggap Sasuke adalah sosok yang sempurna. Ketika Sasuke kemudian sempat menjadi penerusnya, Orochimaru terus melakukan penelitian tentang DNA.

Hal inilah yang kemudian berhasil mengembalikan Sasuke saat dia tewas dalam pertempuran melawan Kaguya. Artinya, Orochimaru dipastikan memiliki data genetik dari Sasuke, juga bersama kemampuannya seperti Rinnegan dan Sharingan. Amado mungkin bisa meminta data tersebut atau justru bekerja sama dengan Orochimaru terkait hal tersebut. Dan setelah mendapatkan informasinya, Amado bisa mulai mengembangkan mata baru untuk Sasuke.

Bahkan, Amado mungkin bisa mengerjakan semuanya di lab milik Orochimaru yang mungkin lebih lengkap dibandingkan fasilitas milik Konoha. Meskipun Katasuke dan juga tim riset dari Konoha mungkin sudah melakukan penelitian dasar terhadap hal tersebut, Orochimaru memiliki data lebih terhadap sosok Sasuke. Dan ada satu hal juga yang perlu dicatat bahwa kekuatan dari mata baru ini mungkin tidak akan membuat Sasuke sekuat dulu ketik dia memiliki Rinnegan. Tapi, setidaknya Sasuke akan memiliki kekuatan yang sangat dahsyat yang bisa membantunya mengalahkan Code atau Eida.

Hiro Studios