Salah satu misteri besar dalam seri Boruto: Naruto Next Generation sedari awal adalah apa yang terjadi kepada mata Boruto. Dalam momen flash-forward, diperlihatkan bagaimana mata kanannya terluka dan Boruto juga kemungkinan kehilangan penglihatannya saat dia bertarung menghadapi sosok Kawaki yang jauh lebih tua dan jahat, disaat dia baru saja menghancurkan desa Konoha.

Di atas reruntuhan, Kawaki menjelaskan pada Boruto bahwa dia akan mati seperti halnya Naruto dan shinobi lainnya, yang mana hal tersebut membuat Boruto menghaktifkan segel Karma miliknya dan mengaktifkan matanya yang lain. Meskipun duel ini masih belum terjadi saat ini, dengan serinya yang berfokus pada Boruto dan Kawaki sebagai sepasang saudara, chalter 47 kemarin mungkin bisa menjadi kunci untuk menjelaskan apa yang terjadi pada mata Boruto saat itu.

Dalam chapternya, Naruto menyadari bahwa pengaruh Momoshiki dalam tubuh Boruto terus berkembang. Dan dia tahu bahwa anaknya bisa dikuasai sepenuhnya oleh Momoshiki suatu hari nanti. Hal inilah yang kemudian membuat Naruto mengatakan bahwa dia akan membunuh anaknya sendiri jika memang situasi berada di luar kendali. Tapi, ketika dia mengunjungi Amado, dia memberikan sesuatu yang mengejutkan.

Amado memberikan Naruto sebuah obat yang pada awalnya dia akan gunakan untuk mengalahkan Jigen alias Isshiki. Menurut Amado obat itu adalah salah satu cara terbaik untuk bisa menghentikan untuk sementara atau menahan pengaruh Karma milik Momoshiki dalam tubuh Boruto. Amado tidak menjelaskan bagaimana dia membuat atau melakukan eksperimen untuk membuat obat tersebut.

Amado juga menjelaskan bahwa ada efeks samping yang harus diterima ketika obat itu diminum, yaitu penglihatan dari pemakan obat tersebut perlahan akan menghilang. Meskipun Amado sudah memperingatkan tentang efek samping yang akan diterima Boruto, Naruto tetap menerima obatnya. Menurut Amado, obat tersebut sengaja dibuat untuk melemahkan Byakugan dari Jigen.

Seperti yang diketahui, klan Otsutsuki adalah pencipta dari doujutsu Byakugan yang kemudian diwariskan kepada klan Hyuga. Ini juga yang menjadi alasan mengapa Amado memperingatkan Naruto agar jangan sampai Himawari memakan obat tersebut, karena efeknya akan sangat berbahaya. Mengingat Boruto tidak memiliki Byakugan, peluangnya sedikit lebih besar sebagai bentuk pengobatan.

Namun, dengan adanya gen Hinata dalam tubuh Boruto, tetap saja akan ada efek negatif yang kemudian muncul ketika Boruto meminum obat tersebut. Bisa jadi, inilah alasan mengapa kemudian Boruto kehilangan matanya saat pertarungan melawan Kawaki di masa depan. Fakta bahwa Amado menyebutkan efek yang bisa ditimbulkan sedari awal sudah menjadi peringatan keras bagi Naruto dan Boruto.

Mengingat Amado menceritakan tentang putrinya yang sudah meninggal, Amado sepertinya paham apa yang dirasakan Boruto dan apa yang sedang diperjuangkan Boruto dan Naruto sekarang. Jadi, kecil kemungkinan bahwa pemberian obat tersebut merupakan langkah sabotase dari Amado. Jikapun kemudian memang Amado memang memiliki niat buruk, Naruto tidak memiliki pilihan lain saat ini dimana dia rela melakukan apapun demi melindungi sang anak.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.