Borushiki atau sosok Momoshiki yang mengambil alih tubuh Boruto, diduga akan menjadi penyebab dari kematian Sumire. Hal inilah yang akhirnya membuat Boruto untuk berpikir untuk bisa menghilangkan atau mengurangi pengaruh dari Momoshiki dalam tubuhnya. Dan hal tersebut akan menjadi alasan bagi Boruto untuk kemudian memakan obat yang diberikan oleh Amado.

Naruto akhirnya menunjukan puncak kekhawatirannya terkait dengan nasib sang anak, Boruto. Hal ini diperlihatkan di chapter 57 seri Boruto: Naruto Next Generation. Dalam chapternya diperlihatkan bahwa Naruto dan Shikamaru sedang mengadakan pertemuan dengan para Kage lainnya dari desa lain. Mereka sedang membahas mengenai potensi bahaya dari Kara dan juga memperkenalkan sosok Code.

Di pertempuan tersebut, Gaara sempat bertanya mengenai Boruto dan segel Karma di tubuhnya. Menurutnya, satu-satunya yang paling berbahaya dan mengkhawatirkan adalah Karma di tubuh Boruto. Gaara kemudian bertanya kepada Naruto apakah dia siap untuk menghabisi anaknya sendiri. Naruto kemudian menjawab dia akan melakukan apapun yang terbaik sebagai seorang Hokage.

Who would win, Borushiki or Hashirama? - QuoraNamun, setelah pertemuan tersebut, Naruto kemudian bertemu dengan Amado untuk membicarakan hal tersebut. Amado sendiri terlihat memahami perasaan dari Naruto. Akhirnya dia pun memberikan sebuah obat berupa pil kepada Naruto. Menurut Amado, itu adalah salah satu strateginya dulu saat mencoba untuk melemahkan Jigen dan juga Isshiki.

Pil tersebut bekerja sebagai obat yang memberikan efek untuk mengurangi kemampuan Byakugan dalam diri seseorang, khususnya Otsutsuki. Dengan begitu, Jigen mungkin tidak bisa berbuat terlalu banyak. Masih belum diketahui memang, apakah obat ini akan berfungsi terhadap Momoshiki dalam diri Boruto, dan apakah efeknya akan sama seperti ketika Otsutsukinya sendiri yang meminum obat tersebut.

Selain itu ada juga masalah besar yang harus dihadapi oleh Naruto. Pertama, apakah Naruto mau melakukannya? Dan masalah yang kedua adalah apakah Boruto mau meminum obat tersebut? Seperti yang diungkapkan oleh Amado di akhir percakapan mereka, hanya inilah yang bisa dia lakukan untuk membantu Naruto. Semua keputusan ada di tangan Naruto – dan Boruto.

Melihat dari sikap dan sifat Boruto, memang ada kemungkinan besar Boruto akan menolak untuk meminum pil tersebut. Borushiki sebelumnya sudah membuat Sasuke, yang merupakan adalah mentor dari Boruto, harus mengalami sesuatu yang mengerikan yaitu mata kirinya ditusuk yang membuatnya harus mengalami kebutaan dan Sasuke harus kehilangan Rinnegannya.

Boruto memang diperlihatkan sangat menyesal atas apa yang terjadi, namun hal itu sepertinya tidak cukup kuat untuk membuat Boruto berpikir untuk meminum pil yang diberikan oleh Amado. Karena itulah perlu ada sesuatu peristiwa yang sangat besar terlebih dahulu, peristiwa yang akan membuatnya trauma berat dan terpukul, sebelum kemudian akhirnya dia mau meminum pilnya.

Lalu, peristiwa apa yang kira-kira akan membuat Boruto mau meminum pil tersebut? Ada kemungkinan Borushiki akan membunuh salah satu orang yang dia sayang dan pedulikan, yaitu Sumire. Seperti yang kita ketahui, Boruto sudah menyukai Sumire sejak lama. Dan ternyata Sumire pun merasakan hal yang sama terhadap Boruto, seperti diperlihatkan di chapter 56.

The First Death In Boruto ? - YouTubeMungkin, inilah alasan Ukyo Kodachi dan Masashi Kishimoto menghadirkan dan membangun arc atau cerita tentang Sumire, dan melibatkannya dalam peristiwa besar, seperti saat ini. Sumire sendiri memang peduli terhadap Boruto, namun di sisi lain dia juga peduli terhadap Kawaki. Sumire sedari awal “kasus” segel Karma muncul, sudah menunjukan ketertarikannya untuk bisa menghentikan pengaruh Otsutsuki.

Kematian Sumire akan membuat Boruto akhirnya berpikir bahwa apa yang dilakukan oleh Momoshiki sudah keterlaluan. Dan dari segi narasi, hal ini tentu akan menarik karena akan semakin meningkatkan konflik internal dalam diri Boruto. Karena dia tidak ingin hal buruk kembali terjadi, pada akhirnya dia pun setuju untuk meminum pil tersebut, semata-mata karena dia tidak ingin Momoshiki kembali bangkit dan berhasil mengendalikan dirinya. Bagaimana menurut kalian mengenai hal ini Geeks?

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.