Film terbaru yang dirilis dari MonsterVerse, Godzilla vs. Kong, mencoba mengeksplor lebih dalam dari konsep Hollow Earth yang sebelumnya diperkenalkan di film Kong: Skull Island dan juga Godzilla: King of the Monsters. Pencarian perusahaan teknologi APEX Cybernetics terhadap sumber energi misterius yang bisa menjalankan Mechagodzilla secara penuh, membawa kita pada dunia yang luar biasa tersebut.

Di film tersebut, kita akhirnya mengetahui dan melihat langsung bagaimana sebenarnya Hollow Earth yang ada di bawah bumi. Hollow Earth adalah sebuah dunia yang mirip dengan dunia yang kita tinggali. Terdapat gunung-gunung, alam yang indah, awan, hutan, dan masih banyak lainnya. Namun, yang menjadi “daya tarik” dari Hollow Earth tentu adalah monster yang ada di dalamnya. Kita diperlihatkan bagaimana ada banyak sekali monster yang ada di Hollow Earth, yang mana mungkin sebagian dari monster populer Toho tinggal disana. Berikut adalah daftar monster Toho yang mungkin hidup di Hollow Earth.

Megalon

Megalon adalah villain utama dalam film Godzilla vs. Megalon yang dirilis pada 1973 lalu. Dijelaskan di filmnya bahwa monster berbentuk kecoa ini merupakan monster terkuat dri kerajaan bawah tanah yang bernama Seatopia. Monsterverse mungkin bisa mengadaptasi cerita dan kisah dari Megalon, dengan beberapa perubahan. Megalon bisa diceritakan mirip seperti Godzilla, dipuja oleh peradaban di suatu tempat yang ada di dunia bawah tanah.

Baragon

Kaiju atau monster lainnya yang dirasa pas untuk bisa berada di Hollow Earth adalah baragon. Baragon sendiri adalah monster berkaki empat dan merupakan penghuni dari Monster Island di era 1960an. Yang menarik adalah dalam salah satu momen di film Godzilla vs. Kong ketika Kong dan APEX berhasil menuju Hollow Earth, terdapat monster yang mirip seperti Baragon. Namun, kemungkinan itu adalah monster orisinal dari filmnya. Meskipun begitu, tidak menutup kemungkinan bahwa Baragon juga memang tinggal disana. Baragon juga senang untuk menggali terowongan.

Kamacuras

Dalam film Son of Godzilla, Godzilla dan Minila bertarung melawan trio Kamacuras, yang merupakan monster berbentuk belalang sembah. Keberadaan Kamacuras di Hollow Earth akan menjadi menarik, karena mereka bisa menjadi pesaing Kong dalam menguasai dunia tersebut. Kong sendiri diperlihatkan bertarung melawan dua Warbats, sehingga akan sangat aneh jika Kong tidak bertemu dengan tantangan lainnya di masa yang akan datang.

Kumonga

Salah satu monster yang harus dihadapi oleh Godzilla ketika berada di Monster Island di era Showa adalah Kumonga, seekor monster laba-laba yang mampu melumpuhkan musuhnya dengan jaring yang ada di dalam tubuhnya. Selain Kamacuras, MonsterVerse juga bisa saja menghadirkan Kumonga sebagai salah satu monster yang harus dihadapi oleh Kong di Hollow Earth.

Battra

Dalam film-film Godzilla di era Heisei, diketahui bahwa Mothra ternyata memiliki versi jahatnya yang kemudian dikenal dengan nama Battra. Berbeda dengan Mothra yang berusaha untuk melindungi manusia, Battra justru tidak peduli terhadap manusia dan berpikir bahwa manusia adalah justru sumber masalah dari planet bumi. Menghadirkan Battra di MonsterVerse bisa membuat franchisenya menghadirkan kembali tema mengenai ancaman bumi yang diperlihatkan di King of the Monsters.

Titanosaurus

Film Godzilla vs. Kong mengkonfirmasi bahwa sebagian dari Hollow Earth dialiri oleh air, sehingga dengan lingkungan seperti itu beberapa monster akuatik atau monster air, seperti Titanosaurus, mungkin saja ada disana. Dalam film Terror of Mechagodzilla, Titanosaurus adalah seekor kaiju yang tenang dan damai yang tinggal di lautan sampai kemudian dia dikendalikan untuk membantu Mechagodzilla dalam mengalahkan Godzilla. Jika Titanosaurus memang ada di Hollow Earth, mungkin dia akan sama seperti versi orisinalnya, yaitu kaiju yang damai dan tidak ikut campur dalam hal apapun.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2

1
2