Ada banyak sekali karakter yang sudah diperkenalkan di franchise Dragon Ball yang berpeluang bergabung dengan para Z-Warrior. Seiring berjalannya cerita, Goku tidak lagi sendiri dalam menghadapi musuh yang ada. Semakin banyak karakter yang kemudian bergabung dengan Goku dan menjadi sekutunya. Berdasarkan hal tersebut, bukan tidak mungkin karakter lainnya pun bergabung dengan Goku dan yang lain.

Seri Dragon Ball Super memperlihatkan bagaimana seorang villain yang populer di seri sebelumnya, Dragon Ball Z, berubah menjadi sosok pahlawan. Dalam arc Tournament of Power, Goku merekrout Android 17 sebagai bagian dari timnya yang mewakili Universe 7. Dan keputusannya tidak salah dimana Android 17 berhasil menjadi salah satu anggota tim yang luar biasa. Dia menjadi salah satu bintang baru dan juga pahlawan yang menyelamatkan multiverse. Lalu, siapa lagi yang bisa “bernasib” sama seperti Android 17?

Pikkon

Pikkon merupakan karakter yang mampu dengan mudah mengalahkan Frieza, Cell, dan Ginyu Force. Dia adalah salah satu karakter favorit sebagian besar fans di serinya. Pikkon memberikan perlawanan yang epik terhadap Super Saiyan Goku dalam Other World Tournament, dan membantu menahan serangan Kidd Buu. Dia juga membantu Goku dan Vegeta dalam pertarungan melawan Janemba di Dragon Ball Z: Fusion Reborn.

Yang menjadi masalah bagi Pikkon adalah pertanyaan apakah sebagian besar yang sudah dia lakukan dalam cerita, merupakan bagian dari canon Dragon Ball atau hanya menjadi filler saja. Seri animenya sendiri sudah melupakan sosok Pikkon, tapi bukan berarti dia tidak bisa kembali muncul. Satu hal yang bisa menjadi jalan kemunculan Pikkon adalah dengan Goku “mengakui” keberadaannya dan membawanya kembali dengan menggunakan bola naga.

Pan

Pan merupakan anak dari Gohan dan merupakan salah satu tokoh sentral dalam seri Dragon Ball GT. Meskipun GT bukanlah bagian dari canon Dragon Ball, Pan tetaplah bagian dari universe Dragon ball, dan dia mungkin bisa bergabung dengan Goku dan yang lain. fakta bahwa Pan kecil sudah belajar bagaimana untuk bisa terbang di Dragon Ball Super memberikan petunjuk bahwa Pan versi ini bisa menjadi sosok yang kuat. Jika seri Dragon Ball Super sekarang menghadirkan cerita tentang perjalanan waktu, Pan mungkin sudah cukup dewasa untuk memberikan bantuan dan melakukan peran yang berbeda dari Kid Trunks dan Goten.

Caulifla

Kepopuleran Caulifla sebagai Super Saiyan wanita pertama di franchisenya bisa menjadi jalan baginya untuk bergabung dengan Z-Warrior lainnya ketika dia muncul kembali. Caulifla masih memiliki banyak potensi yang bisa dia gali untuk bisa berada di level yang sama dengan Goku. Meskipun begitu, Caulifla tetap memiliki kekuatan dan kemampuan untuk menyumbangkan tenaganya.

Ketika Dragon Ball Super selesai, Caulifla memiliki tujuan dalam hidupnya yaitu menguasai Super Saiyan 3. Mungkin, ketika dia kembali muncul, Caulifla bisa diperlihatkan sudah menguasai teknik tersebut. Caulifla juga mungkin bisa berpikir bahwa bekerja sama dengan para Z-Warrior bisa meningkatkan kemampuannya sebagai petarung. Dan mungkin saja dia pindah ke Universe 7.

Kale

Jika caulifla pindah ke Universe 7, maka hal yang sama kemungkinan juga akan dilakukan oleh Kale. Sebagai sosok yang sudah dianggap teman baik dari caulifla, Kale akan ikut kemanapun sahabatannya tersebut pergi. Dan menjadi Legendary Super Saiyan di Universe 6, kekuatan Kale tentu akan sangat berguna dalam sebuah pertarungan.

Emosi dalam dirinya bisa menghadirkan masalah yang merepotkan seperti yang diperlihatkan di Tournament of Power. Namun, untungnya dia sudah bisa mengendalikannya. Caulifla dan Kale bisa menjadi duo Super Saiyan yang bergabung bersama Z-Warrior.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2

1
2
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.