Seri Dragon Ball Super kembali dengan chapter terbaru yang resmi dirilis pada tanggal 20 April kemarin. Saat ini serinya masih berada di arc terbaru, yang berfokus pada sosok Granolah. Granolah berusaha untuk membalas dendam atas apa yang terjadi dengan planetnya, yaitu planet Sugar. Sebelumnya, Granolah merupakan salah satu anak buah Moro yang ikut terlibat dalam arc Moro.

Di chapter sebelumnya, kita melihat bagaimana Goku dan Vegeta kembali berlatih. Mereka dilatih oleh Whis dan juga Beerus. Pada awalnya, hanya Whis dan Goku saja yang berlatih karena Vegeta tidak bisa menggunakan teknik Ultra Instinct. Namun, Beerus kemudian menemukan potensi dalam diri Vegeta, yang akhirnya membuat dia mau menjadi mentor bagi Vegeta untuk mempelajari teknik baru.

Di chapter 71 ini, kita melihat bagaimana Goku mulai berkembang dan mulai bisa mengendalikan kekuatan Ultra Instinct. Sama halnya dengan Vegeta, yang sudah mulai mampu untuk mengendalikan teknik Hakai atau kekuatan penghancur, yang biasanya digunakan oleh dewa penghancur di masing-masing universe, seperti halnya Beerus. Dan hal ini juga diakui oleh Whis dan Beerus.

Read Manga Dragon Ball Chou (Super) - Chapter 71 - Read Manga Online - Manga Catalog №1Di tengah-tengah latihan tersebut Whis kemudian dihubungi oleh Bulma – yang kedatangan Chi Chi dan juga Oil serta Macki. Mereka meminta Goku dan Vegeta segera pulang untuk bisa menjalankan misi yang diberikan keduanya, mengalahkan sosok petarung paling kuat di seluruh alam raya ini yaitu Granolah. Mereka pun kemudian meminta Whis untuk mengantar pulang ke bumi.

Namun, yang menarik adalah sebelum mereka pulang, mereka mendapat semacam “kenang-kenangan” berupa simbol atau lambang. Vegeta, sebagai pengguna kekuatan dewa penghancur, mendapatkan semacam anting yang menjadi simbol bahwa Vegeta adalah pengguna teknik Destruction atau teknik Hakai. Namun, Whis juga ternyata tidak mau kalah.

Read Manga Dragon Ball Chou (Super) - Chapter 71 - Read Manga Online - Manga Catalog №1Dia menggambar sebuah simbol di pakaian Goku yang berkaitan dengan para angel. Goku sendiri sebenarnya pernah diberikan tanda yang sama bersama Vegeta, dalam cerita “Resurrection F” yang memperlihatkan keduanya bertarung menghadapi Golden Freeza. Rivalitas dari Goku dan Vegeta juga sepertinya sudah “menular” kepada Whis dan Goku. Mereka dianggap sudah siap menggunakan kekuatan dahsyat tersebut untuk menghadapi musuh kuat.

Namun, sebelum mereka pergi, Whis sempat menyampaikan sesuatu bahwa mereka berdua tidak boleh besar kepala dengan kekuatan barunya. Karena, bukan tidak mungkin kesombongan yang ada dalam diri mereka justru akan menjadi bumerang bagi diri mereka sendiri. Whis sendiri tidak bisa menjelaskan lebih lanjut mengenai Granolah dan Whis juga mengatakan bahwa dia tidak bisa ikut campur dalam urusan manusia. Kita nantikan saja ya Geeks apakah Goku dan Vegeta akan mampu menghadapi Granolah dengan kekuatan baru ini.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.