Chapter 1010 dari seri manga One Piece akhirnya mengkonfirmasi bahwa Zoro ternyata memang memiliki kemampuan Conqueror Haki. Fakta bahwa Zoro memiliki Conqueror Haki pada dasarnya tidak terlalu mengejutkan. Pasalnya, selama ini pun Eiichiro Oda sudah sejak lama memberikan petunjuk terkait hal tersebut – yang mana memunculkan banyak teori dan spekulasi tentang hal tersebut.

Sebelumnya, banyak fans yang meyakini bahwa Zoro masih belum mengeluarkan kemampuannya yang asli, setelah dia berlatih selama 2 tahun Bersama Mihawk. Dan akhirnya dalam pertarungan melawan Kaido tentunya akan memaksa Zoro untuk kembali menggunakan 100% kekuatannya. Hal ini terbukti di chapter 1010 kemarin. Zoro dipaksa mengerahkan semua kekuatannya hanya untuk bisa menyerang Kaido.

Zoro diperlihatkan menggunakan teknik Asura untuk menyerang Kaido, yang mana teknik tersebut menjadi teknik pamungkasnya setelah dia harus banyak kehilangan staminanya. Dengan menggunakan teknik Asura, artinya Zoro benar-benar mengerahkan semua kekuatannya. Dan yang lebih mengejutkan adalah ternyata serangan tersebut juga memiliki energi dari Conqueror Haki, seperti yang diungkapkan sendiri oleh Kaido.

Raymond Dwipa on Twitter: "YASSSS CAPTAINNNNNNN!!!!merinding baca chapter baruuuuu aaaaaaa!!!!!!! #ONEPIECE1010… "Sudah sejak lama diprediksi bahwa Zoro akan membangkitkan Conqueror Haki miliknya atau spekulasi bahwa Zoro memang memiliki kemampuan Conqueror Haki. Dalam spekulasinya, Zoro diprediksi akan menghadirkan kemampuan Conqueror Haki di tengah-tengah pertarungan melawan Kaido. Seperti saat melawan Kaku, Zoro dipaksa untuk menggunakan 100% kekuatannya.

Namun, apakah memang itu menjadi satu-satunya alasan bangkitnya Conqueror Haki Zoro saat bertarung melawan Kaido? Kemungkinan tidak. Ada spekulasi lainnya yang mungkin bisa menjawab hal ini, yaitu Zoro menggunakannya dalam keadaan terdesak atau dalam situasi yang bahaya. Geeks mungkin ingat hal yang sama juga pernah terjadi kepada Luffy di arc Marineford.

Diperlihatkan bahwa Luffy berusaha dengan keras untuk bisa pergi ke panggung utama, dimana Ace akan dieksekusi. Luffy benar-benar mengerahkan semua yang dia miliki untuk melewati hadangan angkatan laut dan Shichibukai. Namun, usahanya hampir saja gagal ketika Sengoku memutuskan untuk melakukan eksekusi. Melihat hal itu, Luffy kemudian berteriak yang mana hal itu justru membuat Luffy mengaktifkan Conqueror Haki dalam dirinya.

All Conqueror's Haki Moments In One Piece - Discover DiaryBanyak dari angkatan laut – termasuk sang algojo – langsung tidak sadarkan diri. Sengoku, para admiral, dan bahkan Whitebeard sendiri terkejut melihat hal itu. Ini juga yang mungkin terjadi pada Zoro. Stress yang tinggi ditambah situasi yang memaksa Zoro untuk mengerahkan semua kekuatannya, bisa jadi adalah pemicu diri Zoro untuk mengaktifkan Conqueror Haki tanpa dia sadari.

Inilah yang kemudian membuat Zoro terlihat kebingungan dengan apa yang diucapkan oleh Kaido. Dia tidak pernah mengetahui mengenai potensi Conqueror Haki dalam dirinya, sampai kemudian orang lain yang melihatnya. Sama halnya seperti Luffy dulu, sampai kemudain Rayleigh yang mengajari Luffy selama dua tahun di Rusukaina. Menarik tentunya untuk melihat apa yang terjadi selanjutnya setelah semua selesai. Apakah Zoro akan bertanya kepada Rayleigh atau Luffy mengenai hal itu? Apa yang alan dilakukan oleh Zoro selanjutnya, setelah dia mengetahui tentang potensi Conqueror Haki dalam dirinya? Kita nantikan saja kelanjutan ceritanya ya Geeks!

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.