Hancurnya para pahlawan dalam cerita di seri manga My Hero Academia menjadi penyebab munculnya salah satu kolaborasi paling epik dan menarik dari seri ini, seperti yang diperlihatkan di chapter 309 kemarin. Di chapter tersebut, bukan hanya kita melihat bagaimana Deku mendapatkan dukungan dan arahan langsung dari All Might sementara dia bergerak di balik bayang-bayang.

Kita juga melihat bagaimana tiga pahlawan paling hebat – Endeavor, Hawks, dan Beast Jeanist – bekerja sama dengan Deku dan All Might. Tujuan utama dari tim ini adalah melindungi Deku dari serangan League of Villains, sambil juga melacak pergerakan mereka. Masyarakat umum sendiri masih sedikit ragu untuk percaya kepada para pahlawan, jadi aliansi baru ini mungkin bisa mengubah pandangan mereka.

Namun, meskipun terlihat dan terdengar sangat menarik untuk melihat mereka semua berada di satu tim yang sama, saling bekerja sama, namun bisa jadi ada beberapa kesulitan atau kerugian yang harus mereka alami. Bukan sebuah kejutan jika All Might menjadi pendamping bagi Deku dalam usahanya sebagai pahlawan solo. Namun, itu artinya All Might harus meninggalkan tanggung jawabnya untuk mengajar di U.A.

Dengan Deku dan All Might yang tidak ada di U.A. pada saat krusial seperti saat ini hanya akan memunculkan banyak pertanyaan diantara para murid dan juga para staff. Seperti yang kita lihat di chapternya, All Might bergerak secara diam-diam, mengkonfirmasi bahwa dia mencoba menjaga kerahasiaan dari apa yang dia lakukan. Dan hal ini bukan tanpa alasan.

Dulu, All Might selalu berada di bawah perlindungan U.A., tapi sekarang dia bergerak tanpa sepengetahuan pihak sekolah, dan hal ini bisa dimanfaatkan oleh para villain. Dia bisa saja dengan mudah ditangkap atau menjadi umpan atau perangkap bagi Deku, agar dia mau menyerah kepada pihak penjahat tanpa perlawanan. Meskipun All Might bergerak secara hati-hati, namun ada banyak villain baru yang muncul dengan kemampuan yang masih misterius.

Intinya secara tidak langsung, All Might adalah kelemahan terbesar dari Deku untuk saat ini. Fakta bahwa Hawks terus menjalin komunikasi dengan All Might mengenai kondisi Deku, bisa diartikan bahwa All Might adalah satu-satunya orang yang memahami seluruh kondisi yang terjadi. Jika kemudian hal itu diketahui oleh para League of Villains, mereka bisa saja menyerang kapanpun, yang mana inilah alasan mengapa Deku terus bergerak.

Tim ini harus siap untuk terus bergerak dan siap untuk menerima serangan apapun, yang mana mungkin akan sulit mengingat mereka pun memiliki tugas masing-masing untuk menangkap para penjahat. Endeavor sendiri tidak diperlihatkan beraksi di chapter 309. Kemungkinan hal ini ada kaitannya reputasinya di mata para penduduk. Reaksi masyarakat terkait Endeavor masih beragam, dan titelnya sebagai pahlawan nomor satu sudah tidak lagi dianggap.

Meskipun tim ini mungkin adalah salah satu tim yang menarik yang muncul di serinya, namun masih perlu pembuktian bahwa mereka bisa membalikan status yang ada. Semua pahlawan sudah kehilangan kredibilitasnya di mata masyarakat sipil, dan mereka diminta untuk bertahan sendiri tanpa bantuan untuk menghadapi para penjahat. Para pahlawan yang bisa diandalkan sendiri tidak terlalu banyak, namun bukan berarti mereka sama sekali tidak ada atau menghilang.

Inilah yang bisa menjadi tujuan utama bagi tim ini. Sekolah lainnya memberikan bantuan dengan mengirimkan murid dari kelas tiga, namun tetap para pahlawan profesional yang menyelesaikan semuanya. Dibutuhkan kerja sama kolektif dari semua pahlawan untuk bisa benar-benar meyakinkan bahwa League of Villains akhirnya benar-benar bisa dihentikan. Bagaimana pendapat kalian tentang tim baru ini Geeks?

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.