Serial Gotham PD akan menceritakan salah satu ikon polisi kota Gotham, yaitu Jim Gordon. Serial ini sendiri merupakan spin-off dari film The Batman yang akan dimainkan oleh Robert Pattinson pada tahun 2022. Masih sedikit sekali referensi mengenai serial ini sendiri, tetapi dikatakan bahwa nantinya cerita akan berpusat pada kisah korupsi di Kota Gotham. Serial ini direncanakan akan debut di HBO Max sekitar tahun 2022, kemungkinan besar setelah film The Batman rilis pada tanggal 4 Maret 2022 mendatang.

Sebelumnya Terrence Winter, produser The Sopranos, akan terlibat dalam serial Gotham PD, tetapi dia keluar dari proyek pada akhir tahun 2020 lalu. Joe Barton ditugaskan untuk menggantikan Winter yang keluar dari proyek tersebut, semenjak saat itu sedikit demi sedikit kabar mengenai serial Gotham PD mulai terdengar. Serial ini akan menceritakan korupsi di kepolisian Gotham pada awal-awal Batman muncul. Sedangkan film The Batman akan menceritakan tahun kedua Batman memulai tugasnya sebagai pembasmi kejahatan, jadi Gotham PD akan menjadi serial prequel yang nantinya akan membangun universe Batman yang diperankan oleh Pattinson tersebut.

Belum bisa dipastikan bahwa Jeffrey Wright, pemeran Jim Gordon di The Batman, akan bermain di serial tersebut atau tidak. Dan masih belum jelas juga alur cerita dari serial Gotham PD nanti, apakah korupsi yang terjadi di kepolisian Gotham disebabkan oleh orang lain atau bahkan Jim Gordon sendiri koruptornya. Seberapa besar pengaruh serial Gotham PD terhadap film The Batman masih menjadi misteri, yang jelas Warner Bros berencana akan mengembangkan universe Batman Pattinson lebih luas lagi.

Joe Barton menjelaskan bahwa serial tersebut nantinya akan sepenuhnya mengenai korupsi, dia mengatakan di Twitter kepada penggemar, bahwa “Tidak ada polisi baik.” Senada dengan yang para penggemar Batman ketahui mengenai kepolisian kota Gotham dari literasi lainnya. Agar lebih menarik, serial Gotham PD perlu memastikan bahwa serialnya akan berbeda dari kisah-kisah Gotham sebelumnya. Namun, dengan pandangan unik Matt Reeves dalam membawa The Batman ke arah yang lebih segar, sepertinya Joe Barton akan menemukan caranya untuk menggarap karakter Jim Gordon lebih menarik lagi.