Sekitar lebih dari dua dekade yang lalu di dunia One Piece, sosok Gol D. Roger diceritakan berhasil pergi menuju pulau terakhir yang ada di Grand Line yaitu Laugh Tale. Disana, Roger dan kelompok bajak lautnya berhasil menemukan harta karun yang ditinggalkan sekitar 800 tahun yang lalu oleh Joy Boy. Roger kemudian mengetahui fakta sebenarnya mengenai abad yang hilang, senjata kuno, dan juga arti dari tekad D.

Namun, seperti yang disebutkan dalam ceritanya, Roger dianggap terlalu cepat untuk menemukan fakta tersebut. Inilah yang kemudian membuat kelompok bajak laut Roger tidak bisa melakukan apa-apa, meskipun disebutkan bahwa mereka yang berhasil menemukan One Piece dan mempelajari sejarah dunia yang ada. Kelompok Roger tidak bisa mengguncang dunia seperti yang disebutkan.

Whitebeard sendiri kemudian mengatakan bahwa seseorang akan menemukan One Piece, dan kemudian menantang dunia, membalikan situasi. Itu artinya isi dari One Piece nanti akan memunculkan sebuah konflik yang sangat besar. Rayleigh sendiri mengatakan bahwa, sebelum Roger dieksekusi dia sudah menginspirasi banyak bajak laut muda dari seluruh dunia untuk mulai berlayar.

Joy Boy One Piece AnimeMereka akan mencari dari sekian banyak bajak laut muda yang terinsprasi dari Roger dan juga mencari keberadaan One Piece, siapa yang mewarisi tekadnya. Terdapat sebuah teori menarik mengenai isi dari One Piece, yaitu Roger, setelah menemukan One Piece atau apapun yang dia temukan di Laugh Tale, kemungkinan ingin memulai konflik dunia.

Namun, sayangnya, Roger tidak memiliki banyak waktu lagi karena penyakit yang dia derita. Karena itulah dia memilih untuk kemudian menyerahkan dirinya dibandingkan untuk memulai konflik tersebut, dan kelompok bajak laut Roger, saat ini sedang menunggu hari dan juga seseorang yang bisa menyelesaikan apa yang Roger hendak mulai dulu.

Melihat bagaimana Crocus dan Rayleigh seolah memposisikan mereka sebagai kunci penting dari Grand Line, membuat seolah mereka adalah “penjaga” dari semua misi tersebut. Para Yonko mungkin adalah yang paling dekat, secara tema dan cerita, dengan Laugh Tale dan One Piece. Mereka merupakan rintangan dan tantangan terakhir bagi banyak bajak laut sebelum berhasil menemukan One Piece.

Buggy The Clown | Wiki | One Piece AminoDan seperti yang diduga oleh sebagian fans, keberadaan Shanks di New World adalah kunci. Shanks dan yang kru Roger lainnya seolah menjaga dunia dan Grand Line sampai penerus yang dianggap pantas muncul. Hal ini diungkapkan Shanks di awal pertemuannya dengan Luffy, dimana dia mengatakan, “temui aku ketika kau sudah menjadi seorang bajak laut besar/hebat.”

Sejauh ini, Shanks sudah melakukan empat tindakan besar. Pertama, mencoba menghentikan pertarungan antara Blackbeard dan Ace, meskipun hasilnya gagal. Kedua, menahan Kaido untuk datang ke Marineford. Ketiga, menghentikan perang di Marineford. keempat, muncul di Mary Geoise untuk memberikan peringatan kepada Gorosei tentang bajak laut tertentu.

Shanks diperlihatkan selalu bertindak diplomatis. Shanks akan selalu berusaha untuk melakukan apapun demi mencegah potensi munculnya kekacauan yang terjadi di seluruh dunia, menjaga dunia agar tetap stabil. Dan hal ini juga berkaitan dengan “tugas” untuk mencari penerus dari tekad Roger. Dia akan berusaha menjaga dunia sampai penerus dari Roger tersebut menunjukan taringnya dengan menantang dunia.

Last mission of the Roger Pirates[#OnePiece] | Anime AminoKelompok bajak laut Roger, entah semuanya atau beberapa dari mereka, kemungkinan akan juga ikut bergabung nantinya dengan penerus Roger tersebut. Banyak fans yang menyangka bahwa kelompok bajak laut Topi Jerami adalah sosok yang selama ini dinanti oleh Roger. Meskipun secara tema, Luffy memang adalah sosok yang dinanti karena dianggap mewarisi tekad seseorang, tapi rasanya terlalu cepat untuk memutuskan itu semua.

Mengapa kemudian Shanks memberikan topi jeraminya kepada Luffy? Shanks menggunakan topi jerami mengindikasikan bahwa dia mewarisi tekad Roger. Namun, bisa jadi sebenarnya Shanks menghormati keinginan terakhir Roger, untuk menemukan seseorang yang bisa menyelesaikan tugasnya. Shanks memberikan topinya kepada Luffy karena dia “bertaruh demi masa depan” karena Luffy diyakini adalah penerus Roger.

Mungkin inilah mengapa Pemerintah Dunia merasa Shanks bukanlah ancaman, dimana dia tidak akan memulai konflik. Mungkin juga itu adalah alasan mengapa mereka bekerja sama dengan Shanks, demi menunda konflik besar tersebut. Apakah Luffy akan meneruskan hal yang belum dimulai Roger? Kita nantikan saja kelanjutan ceritanya ya Geeks!

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.