Sejak awal pasca time-skip, sudah jelas diperlihatkan bahwa para Supernova adalah sosok yang sangat kuat, menjadi yang terkuat diantara banyak sekali bajak laut muda yang sedang bangkit. Mereka terus meningkatkan kekuatan mereka dan tidak berhenti berkembang, sampai mereka kemudian diakui oleh Pemerintah dunia dan juga bahkan angkatan laut.

Worst Generation atau Supernova saat ini digambarkan berada dalam posisi yang sama dengan Yonko, Shichibukai, dan Pasukan Revolusi. Mereka sudah mulai diakui kekuatannya dan juga keberadaannya oleh para penguasa. Dan sampai saat ini, di arc Wano, poin tersebut sudah terbukti. Dengan apa yang terjadi saat ini, Oda sepertinya memberikan perbedaan diantara para Supernova.

Saat ini, karakter yang kuat adalah karakter yang memiliki kemampuan Haki yang juga kuat. Untuk bisa memiliki Haki yang kuat maka diperlukan juga tujuan atau tekad yang kuat. Dan untuk memiliki tekad yang kuat, seseorang harus bisa melampaui batasnya dan terus bergerak maju. Semua faktor tersebut menjadi kunci perbedaan Supernova yang kuat dan lemah.

Mereka yang dianggap Supernova yang lemah adalah Jewelry Bonney, Capone Bege, Urouge, Basil Hawkins, dan Scratchmen Apoo. Mereka semua adalah sosok yang dengan sukarela menerima tawaran bergabung dengan para Yonko. Atau mereka mencoba untuk menghadapi para Yonko tersebut dengan kekuatan mereka sendiri, meskipun pada kenyataanya mereka masih terlalu lemah bagi Yonko atau bahkan bagi para bawahannya.

Mereka juga dianggap tidak memiliki keberanian untuk menolak tawaran atau bersinggungan dengan para Yonko tersebut. Selain itu, mereka dianggap tidak memiliki sesuatu yang “spesial” yang bisa membuat mereka berada di puncak persaingan. Mereka sepertinya sudah cukup dengan menjadi kuat. Di sisi lain ada beberapa nama yang dianggap sebagai Supernova terkuat.

Mereka adalah Killer, Eustass Kidd, Roronoa Zoro, Trafalgar Law, dan tentunya Monkey D. Luffy. Mereka sedari awal memang sudah mengincar kepala dari para Yonko. Mereka tidak gentar menghadapi ancaman para Yonko. Para Supernova tersebut juga tidak mau menerima undangan untuk bergabung menjadi anak buahnya, dan lebih memilih menolaknya.

Current Events - Rooftop Five hype "The strongest pirates of the new generation" | WorstgenKelima Supernova tersebut juga dianggap memiliki kekuatan untuk bisa menghadapi bawahan dari Yonko atau bahkan menghadapi Yonkonya sekaligus. Merekalah karakter yang memiliki tekad dan tujuan untuk bisa berada di level tertinggi di dunia One Piece. Lagipula, mereka memiliki banyak sekali kesamaan. Pertama, mereka memiliki kemampuan buah iblis.

Kedua, mereka juga memiliki kemampuan Haki. Luffy adalah sosok Supernova yang memiliki kemampuan Haki yang sempurna, yang disusul oleh Roronoa Zoro. Dan sepertinya Oda Sensei sendiri memang sudah merencanakan untuk menghadirkan mereka berlima menjadi sebagai yang terkuat diantara Supernova lainnya, baik melalui cerita atau melalui petunjuk lainnya.

Hal ini bisa kita lihat mulai dari chapter 1001 sampai 1010 kemarin. Baik Big Mom maupun Kaido sama-sama sering melontarkan “pujian” terhadap kelima Supernova yang menghadapi mereka di atas istana Kaido. Contohnya, Big Mom menganggap mereka sebagai karakter yang luar biasa karena mampu menahan serangan kombinasi dahsyat. Kedua Yonko tersebut juga terkejut melihat Zoro menahan serangan mereka.

ワノ国 |🌊🗻🌸⛩️🏴‍☠️ on Twitter: "WHOA finally, at the end of the chapter we see the silhouette of Kaidou's Man-Beast (Hybrid) form. This chapter is almost at the same level as Chapter 1000. #Kaido sendiri sering “memuji” mereka dengan mengatakan bahwa generasi baru adalah generasi yang menyulitkan. Dia memuji Zoro dengan berkata bahwa serangannya bisa meninggalkan bekas luka di tubuhnya. Bahkan, dalam kekuatan juga Kaido mengakui bahwa mereka adalah monster. Ramalan dari 20 tahun lalu pun sudah menyebutkan bahwa akan ada kekuatan besar yang muncul untuk mengalahkan Kaido.

Meskipun sempat ada teori dan spekulasi bahwa kekuatan tersebut adalah Luffy, namun di chapter 1000 kita akhirnya mengetahui bahwa kekuatan besar tersebut adalah para bajak laut dari generasi baru, yang akan datang ke New World dan mengalahkan Kaido. Marco juga mengakui bahwa sekarang adalah eranya generasi baru, yang mana generasi lama sudah berakhir. Bagaimana menurut kalian Geeks, apakah kalian setuju?

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.