Sutradara film F9 Justin Lin mengatakan Luke Hobbs yang diperankan Dwayne Johnson dan Deckard Shaw yang diperankan Jason Statham masih menjadi bagian dari keluarga Fast & Furious. Hobbs dan Shaw memang karakter tambahan dalam franchise Fast & Furious, tetapi mereka sangat popular dan disukai oleh para penggemar.

Hobbs dan Shaw bertemu pertama kali di film The Fate of the Furious dan kemudian dilanjutkan dengan film spin-off, Fast & Furious Presents: Hobbs & Shaw. Film tersebut menjadi hit box office dan semakin memperlihatkan persaingan antara Hobbs dan Shaw yang semakin memanas.

Hiro Studios

Sebelum spin-off, penampilan Dwayne Johnson sebagai Hobbs di Fast Five membuat franchise Fast & Furious semakin besar. Setelah itu karakter Hobbs muncul berturut-turut dalam empat film berikutnya dan berkembang menjadi sekutu bagi kru Dominic Toretto. Sedangkan Shaw adalah penjahat Furious 7, tetapi disambut oleh keluarga Dom pada akhir film kedelapan, hal tersebut mengejutkan banyak penggemar.

Baik Hobbs maupun Shaw rencananya tidak akan kembali di film F9, karena hal itu penggemar mempertanyakan nasib dan masa depan mereka kedepannya di franchise Fast & Furios. Mereka memang belum dipastikan akan kembali dalam film Fast & Furios mendatang, tetapi sutradara F9 Justin Lin mengatakan bahwa mereka tidak akan dikesampingkan.

Dalam sebuah wawancara dengan Deadline, Justin Lin berbicara tentang F9 dan rencananya untuk Fast & Furious 10 dan Fast & Furious 11. Pertanyaan terakhir mengalihkan perhatiannya pada Hobbs dan Shaw. Lin ditanya mengenai apakah salah satu atau kedua karakter tersebut akan kembali ke franchise Fast & Furious di masa yang akan datang. Lin mengatakan kalau dia belum bisa mengonfirmasi apakah Hobbs dan Shaw akan muncul kembali di sekuel yang akan datang, tetapi yang jelas mereka tidak akan disingkirkan dari Fast & Furious Universe karena kedua karakter tersebut adalah bagian dari keluarga franchise Fast & Furious.

Dengan franchise Fast & Furious yang tersisa dua film lagi setelah F9, Lin menekankan bahwa posisi Hobbs dan Shaw di universe ini cukup penting. Lin menyutradarai Fast & Furious 10 dan Fast & Furious 11, jadi semuanya tergantung dia untuk menyelesaikan franchise tersebut seperti apa nantinya. Membawa kembali karakter Hobbs dan Shaw akan sangat masuk akal mengingat peran meraka yang cukup besar di film-film sebelumnya.

Sebenarnya kesulitan terbesar dalam membawa kembali Hobbs dan Shaw adalah tergantung para aktor. Karena Dwayne Johnson pernah mengakui bahwa dirinya dan Vin Diesel sempat berseteru setelah film The Fate of the Furious. Tentunya perbedaan mereka perlu diselesaikan terlebih dahulu sebelum reuni franchise terjadi.

Jika Lin membawa kembali Hobbs atau Shaw kembali pada sekuel yang akan datang, hal tersebut bisa memberinya kesempatan untuk memperbaiki beberapa ‘plot hole’ cerita yang para penggemar pikirkan, terutama terkait karakter Shaw. Lin memperkenalkan karakter Shaw di akhir Fast & Furious 6 dan mengungkapkan bahwa Shaw bertanggung jawab atas pembunuhan Han di Fast & Furious: Tokyo Drift.

Hal tersebut langsung membuat para penggemar membenci Shaw, namun pada akhir film The Fate of the Furious karakter tersebut diceritakan menjadi kru Dominic Toretto. Lin mengakui bahwa dia tidak sepenuhnya memahami arc ini, tetapi kembalinya Han di F9 dan seterusnya akan menambah keseruan lagi jika melibatkan Shaw.

Hiro Studios

An ordinary person and nobody. Just a multi-enthusiast.