Poneglyph adalah salah satu benda misterius dan langka di dunia One Piece. Poneglyph pada dasarnya adalah sebuah artefak yang dibuat di sebuah batu besar dan berisi tentang sejarah tentang dunia. Selain itu, Poneglyph juga mengandung petunjuk tentang bagaimana supaya seseorang bisa pergi ke pulau Laugh Tale.

Poneglyph ditulis dengan bahasa khusus, dan tidak banyak orang yang bisa membaca Poneglyph. Berikut adalah beberapa fakta tentang Poneglyph. Sejauh ini, kata Poneglyph sendiri bisa diartikan sebagai ‘tulisan sejarah’ yang memang sesuai dengan apa itu Poneglyph yang sebenarnya, yang merupakan artefak yang berisi tulisan tentang sejarah dunia.

Baru beberapa bajak laut aja yang berhasil mempelajari tentang Poneglyph ini. Bahkan, ada juga bajak laut yang memang sengaja mencari keberadaan Poneglyph untuk menuntun mereka ke pulau terakhir untuk mendapatkan One Piece. Poneglyph sendiri sejauh ini terbagi menjadi dua “bagian” pertama adalah Road Poneglyph dan Rio Poneglyph.

Road Poneglyph diketahui berjumlah empat buah, dan memiliki warna berbeda dengan yang lain. Road Poneglyph memiliki warna merah. Perbedaan warna ini menjadi petunjuk bahwa Road Poneglyph adalah yang paling penting dibandingkan Poneglyph lainnya, karena di Road Poneglyph tersebut terdapat petunjuk untuk bisa pergi ke pulau terakhir yaitu Laugh Tale.

Di sisi lain, sebagian Poneglyph juga sangatlah penting karena berisi catatan sejarah dunia. Inilah yang kemudian disebut dengan Rio Poneglyph. Rio Poneglyph sendiri tidak hanya berisi petunjuk atau informasi mengenai sejarah abad yang hilang. Juga terdapat informasi penting lainnya yang ada di dunia ini, seperti keberadaan senjata kuno yang menjadi incaran banyak orang.

Jumlah Poneglyph sendiri di dunia One Piece diketahui berjumlah sekitar 30 buah. Empat buah Poneglyph disebut sebagai Road Poneglyph, sedangkan sekitar sembilan non-Road Poneglyph berisi informasi mengenai abad yang hilang. Namun, yang menarik adalah Poneglyph yang ditemukan di Alabasta dan pulau manusia ikan, yang menyebutkan tentang Pluton dan Poseidon, serta Poneglyph di pulau langit yang menyebutkan tentang senjata kuno, tidak dianggap sebagai Rio Poneglyph.

Artinya, sisa dari Poneglyph lainnya merupakan Poneglyph yang berisi informasi sejarah saja, atau tidak secara spesifik membahas tentang sesuatu yang membuatnya dianggap menjadi Rio Poneglyph. Oda sendiri diketahui belum memperlihatkan total Poneglyph yang sudah muncul di ceritanya sejauh ini. Tapi, berikut adalah jumlah Poneglyph yang sudah muncul di cerita One Piece versi para fans:

  • 4 Road Poneglyph, tersisa 26 Poneglyph
  • 1 Poneglyph ditemukan di Ohara
  • 1 Poneglyph ditemukan oleh Robin ketika masih muda
  • 1 Poneglyph ditemukan di Alabasta
  • 1 Poneglyph ditemukan di pulau Langit
  • 1 Poneglyph ditemukan di pulau Manusia Ikan
  • 1 Poneglyph ditemukan oleh Jinbe dan diberikan kepada Big Mom
  • 1 Poneglyph ditemukan oleh Big Mom – selain Red Poneglyph
  • 2 Poneglyph ditemukan di Wano selain Road Poneglyph. 1 ditemukan di istana Orochi ketika ditemukan oleh Brook saat menyamar sebagai hantu. 1 lagi ditemukan oleh Law di Onigashima.
  • 1 Poneglyph ditemukan oleh Kozuki Oden dalam flashbacknya

Jadi, berdasarkan dari penuturan di atas, One Piece sudah memperlihatkan 13 dari 30 Poneglyph yang ada. Namun, mungkin ada juga beberapa momen yang terlewat. Masih belum diketahui juga bagaimana kemudian Oda Sensei akan menyatukan semua informasi-informasi yang ada di Poneglyph tersebut nanti. Mungkin pada akhirnya Oda akan mengungkapkan semuanya di akhir cerita.

One Piece: Marco Adalah Pemilik Road Poneglyph Terakhir? | GreensceneSelain itu, meskipun belum ada konfirmasi, ada spekulasi yang menyebutkan bahwa Elbaf menyimpan setidaknya satu Poneglyph. Kemudian Shanks dan Blackbeard masing-masing memiliki satu. Hal ini bisa menjadi alasan mengapa Blackbeard berusaha untuk menculik Robin. Pulau di ujung Grand Line, Lodestar, juga mungkin menyimpan informasi mengenai Road Poneglyph.

Dan terakhir, Laugh Tale menjadi tempat tersimpannya sisa dari Road Poneglyph yang ada di dunia. Inilah alasan mengapa bajak laut yang berhasil menuju Laugh Tale akan mengetahui rahasia dunia, karena sisa dari Rio Poneglyph ada di Laugh Tale. Kita nantikan saja ya Geeks apa yang akan dilakukan Luffy terhadap Poneglyph tersebut.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.