Momoshiki Otsutsuki merupakan salah satu dari tiga anggota klan Otsutsuki yang datang ke bumi untuk mencari kekuatan Chakra terbesar di planet ini – yang mana kekuatan tersebut ada dalam diri Naruto. Momoshiki sempat bertarung melawan Naruto dan Sasuke sekaligus, tapi nyatanya mereka berdua masih bukan tandingan seorang Momoshiki.

Setiap Otsutsuki yang menjalankan misi, selalu pergi berpasangan. Momoshiki sendiri merupakan partner dari Kinshiki Otsutsuki. Momoshiki memiliki kekuatan beberapa kali lipat lebih kuat dibandingkan Kinshiki. Sehingga wajar jika kemudian Momoshiki menjadi salah satu ancaman terbesar bagi dunia shinobi. Setelah memakan Kinshiki, Momoshiki bahkan bertambah lebih kuat, bahkan kekuatannya mampu menahan serangan Naruto Uzumaki dan Sasuke Uchiha secara bersamaan.

Meskipun begitu, pada akhirnya Momoshiki sendiri berhasil dikalahkan. Sayangnya, sebelum Momoshiki benar-benar tewas, dia kemudian menyentuh Boruto. Karena itulah mulai sejak saat itu, Boruto menjadi wadah bagi Momoshiki. Pasalnya, Momoshiki bukan hanya sekedar menyentuh saja, melainkan juga memindahkan data tentang dirinya melalui segel Karma kepada Boruto.

Where did this belief that the Five Kage of Boruto are individually stronger than Hashirama and Madara come from? - QuoraKemampuan Momoshiki memang sangat dahsyat, salah satu yang paling menyita perhatian adalah kemampuannya untuk menghentikan waktu. Momen tersebut terjadi di chapter 10 manga Boruto: Naruto Next Generation, dimana Boruto diperlihatkan berhasil mengalahkan Momoshiki. Setelah pertarungan tersebut, Boruto kemudian bertemu dengan Momoshiki yang sedang berada di atas pohon suci atau pohon Shinju yang hancur akibat Rasengan Boruto.

Yang menarik adalah ketika momen tersebut terjadi, waktu seolah-olah berhenti. Sasuke, dengan menggunakan Rinnegannya, terlihat menyadari hal tersebut. Sasuke sendiri seolah tidak bisa berbuat banyak, karena tubuhnya kaku, seperti halnya Naruto yang ada di sebelahnya. Namun, hal inilah yang kemudian memunculkan perdebatan di kalangan fans. Sebagian percaya bahwa Momo saat itu menghentikan waktu.

Mereka beralasan bahwa semua orang disana – Sasuke dan Naruto – jelas tidak bergerak. Hanya Momoshiki dan Boruto yang mampu bergerak dengan bebas. Namun, sebagian fans lainnya berpikir bahwa itu bukanlah kemampuan menghentikan waktu. Melainkan perbedaan waktu yang sangat besar. Seperti yang kita ketahui, klan Otsutsuki adalah ras yang istimewa dibandingkan manusia. Mengendalikan waktu mungkin menjadi salah satu kemampuan mereka.

Boruto Ep10Para fans lainnya beranggapan bahwa teknik tersebut mirip seperti halnya Tsukuyomi, dimana beberapa detik di dunia nyata sama dengan berhari-hari atau berpuluh-puluh tahun di dunia genjutsu. Selain itu, alasan lainnya bahwa momen tersebut mungkin hanya waktu yang diperlambat karena adanya perbedaan penggambaran adegan tersebut antara manga dan animenya. Terdengar suara angin dan juga rambut yang bergerak. Jika itu memang waktu yang berhenti, tentu tidak akan ada hal tersebut.

Masih harus kita tunggu apakah suatu saat nanti Boruto, dengan kekuatan Karma dalam diri Momoshiki, akan bisa melakukan hal yang sama. Atau mungkin kemampuan tersebut hanya bisa digunakan dalam keadaan tertentu. Bagaimana menurut kalian Geeks, apakah kalian yakin bahwa itu adalah kemampuan menghentikan waktu, atau justru hanya sekedar waktu yang berjalan lambat?

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.