Perlukah kru Topi Jerami lain menguasai Haki? Chapter 1010 kemarin masih menjadi perbincangan hangat para fans dari seri One Piece. Banyak dari para fans yang kembali berspekulasi mengenai Haki. Salah satu hal yang berkaitan dengan Haki yang muncul dalam spekulasi adalah apakah setelah Zoro diketahui memiliki Haki lainnya, yaitu Conqueror Haki, para kru Topi Jerami lainnya juga akan memiliki haki?

Seperti yang sudah kita ketahui, Haki bisa dibangkitkan dengan berbagai macam cara, seperti latihan yang sangat keras. Hal inilah yang dilakukan oleh Roronoa Zoro dan juga Monkey D. Luffy serta Sanji. Sisanya adalah mereka yang secara tidak sadar memiliki kemampuan ini, contohnya adalah Koby (dan Luffy), dimana kemampuan Haki miliknya membuatnya pingsan.

Haki memang bisa dibangkitkan melalui berbagai macam cara dan juga oleh siapa saja yang ada di dunia One Piece. Tapi, hanya sedikit orang yang bisa menggunakannya dengan sangat baik. Kebanyakan mereka yang memiliki Haki hanya memiliki kemampuan dasarnya saja. Haki sendiri sebenarnya terdapat beberapa level, dan untuk bisa menguasai semua level Haki ini butuh pengalaman dan juga latihan.

Berbicara mengenai Haki, apakah kru Topi Jerami lainnya perlu untuk menguasai Haki? Jawabannya tentu saja perlu. Luffy, Sanji, dan Zoro dikenal sebagai karakter paling kuat di kru tersebut. Sedangkan sebagian lainnya dianggap biasa saja dan sisanya – Nami, Chopper, Robin – dianggap tidak terlalu hebat dalam hal bertarung. Menguasai Haki bisa menutupi kelemahan mereka.

Seperti yang dibahas dalam artikel sebelumnya yang membahas mengenai awakening dari kekuatan Nico Robin, Robin memiliki potensi untuk membangkitkan kekuatan buah iblisnya. Dan mungkin salah satu bentuk peningkatan kekuatan tersebut adalah dengan menambahkan Armament Haki ke lengan tambahan yang dia munculkan dari kekuatan buah iblisnya.

Menguasai Haki juga akan membantu mereka dalam pertarungan, dan hal ini sudah banyak terbukti. Misalnya, ketika Usopp hendak menembak dari jarak jauh di arc Dressrosa. Berkat kemampuan Observation Haki miliknya, maka dia bisa melihat dimana posisi targetnya. Dan hal ini bisa meningkatkan kemampuan bertarung dari Chopper ataupun Nami.

Sebagai calon kru raja bajak laut masa depan, sudah sewajarnya mereka berubah menjadi sosok yang sangat kuat, apalagi lawan yang akan mereka hadapi pasca arc Wano akan semakin berat dan sulit. Jadi, sudah sewajarnya mereka juga mulai mempelajari tentang Haki, setidaknya mereka bisa menguasai dasar dari Haki. Hal ini juga dilakukan demi melindungi mereka dari ancaman yang ada.

Namun, yang kemudian menjadi pertanyaan adalah bagaimana mereka bisa mempelajari kekuatan Haki? Menurut dari apa yang diungkapkan dalam ceritanya, ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk membangkitkan Haki. Pertama, memang berlatih keras dengan cara menemukan sosok yang bisa mengajar mereka. Contohnya adalah Rayleigh yang mengajari Luffy ketiga jenis Haki atau Hyogoro.

Kedua, situasi yang mendesak. Kita sudah melihat bagaimana situasi yang pelik dan mendesak bisa menjadi alasan kemampuan Haki seseorang muncul. Contohnya adalah bangkitnya Observation Haki milik Usopp, ketika dia berkonsentrasi. Kemudian ketika Luffy berhasil membangkitkan Advanced Observation Haki dalam pertarungannya melawan Charlotte Katakuri.

Dilihat dari sisi peluang, kedua cara di atas sama-sama meiliki peluang 50%. Ada sebuah spekulasi yang menyebutkan bahwa para kru Topi Jerami akan mempelajari teknik Haki di Wano, tepatnya setelah semua selesai sebelum kemudian mereka kembali berlayar. Jika hal ini benar, maka kemungkinan Hyogoro yang akan mengajarkan mereka, karena Hyo sangat ahli dalam hal ini.

Namun, bangkitnya Haki karena situasi dirasa lebih masuk akal, seperti yang sedang terjadi saat ini. Contohnya Nami dan Usopp berada dalam situasi yang pelik dimana peluang mereka menang sangat kecil. Dalam kondisi stress dan tertekan tersebut mungkin kemampuan Haki mereka akan bangkit. Atau situasi yang terjadi pada Franky, yang saat ini sedang bertarung melawan Sasaki.

Franky saat ini memanfaatkan kekuatan kola, yang mana tentu bisa habis sewaktu-waktu. Jika itu terjadi, maka Franky tidak memiliki pilihan lain selain bertarung dengan kekuatannya. Di momen inilah Franky bisa membangkitkan Haki miliknya, dengan begitu dia bisa menutupi kekurangannya dan bisa menjadi sosok yang lebih kuat lagi. Kita nantikan saja ya Geeks apakah Oda Sensei akan membuat seluruh kru Topi Jerami memiliki kemampuan Haki.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.