Salah satu Yonko dan juga karakter paling kuat di dunia, Kaido, sudah mengakui bagaimana kehebatan dari Roronoa Zoro. Hal ini diperlihatkan di chapter 1010 kemarin, dimana Zoro menyerang kaido dengan teknik Asura miliknya. Namun, ternyata serangan tersebut bukanlah serangan pamungkas biasa, karena ada kemampuan Conqueror Haki di dalamnya yang membuat Kaido terkejut.

Fakta bahwa Zoro juga memiliki Conqueror Haki selain Luffy di kelompok Topi Jerami, tentu menjadi sebuah kejutan. Meskipun begitu, sebagian fans sendiri sebenarnya sudah sejak lama berspekulasi bahwa Zoro kemungkinan memiliki Haki dahsyat tersebut. Mereka meyakini bahwa sudah sejak awal Zoro sebenarnya memiliki kemampuan ini. Hanya saja, seperti halnya Luffy, Zoro tidak menyadarinya.

Dalam salah satu teori disebutkan bahwa selain Kaido, Dracule Mihawk sendiri sebenarnya adalah orang yang pertama kali mengetahui atau merasakan bahwa Zoro memiliki Conqueror Haki. Tekad atau semangat dari Zoro sudah diakui sangat kuat oleh karakter lain, seperti Urashima dan juga Monet. Namun, Kaido dan Mihawk merasakan sesuatu yang “spesial” dari sekedar tekad biasa.

Mihawk was already aware of Zoro's Conqueror's Haki! - One PieceDan tidak ada orang yang lebih memahami mengenai Conqueror Haki selain sesama pengguna Haki tersebut. Indikasi bahwa Zoro memiliki kemampuan tersebut sudah diperlihatkan sejak arc Sabaody. Jika Luffy berhasil mengintimidasi banteng milik Duval, sedangkan Zoro berhasil menaklukan Humandrill – kera dengan kecerdasan manusia – di pulau Kuraigana.

Dalam pertempuran Marinefrod, Mihawk juga memperlihatkan reaksinya ketika Luffy menggunakan Conqueror Haki tanpa dia sadari. Para admiral dan juga Garp serta Ace merasakan bahwa Luffy akan menjadi ancaman bagi angkatan laut di masa depan. Mihawk sendiri tidak mengatakan apapun, namun terlihat dari reaksinya bahwa Mihawk pun seolah tidak percaya dengan apa yang dia lihat.

Sejauh ini, Oda Sensei sudah berhasil “menyembunyikan” potensi ini di beberapa karakter. Misalnya dengan Rayleigh yang menghabiskan waktunya dengan minum-minuman keras, berjudi, dan berpura-pura ditangkap untuk dijadikan budak. Zoro sendiri selalu “terhalang” oleh perkembangan kekuatan Luffy. Mihawk sendiri jarang sekali muncul dalam cerita, dan hanya kisah persaingannya dengan Shanks yang terdengar dimana-mana.

Luffy uses Haoshoku no Haki Mihawk isn't fazed. Zoro beats some random baboons and dude literally loses his shit. : MemePieceSebgai salah satu karakter paling kuat di serinya yang juga memegang titel ahli pedang terkuat di dunia, rasanya wajar jika Mihawk memiliki semua persyaratan untuk bisa memiliki Conqueror Haki. Berdasarkan penjelasan tersebut, muncul sebuah spekulasi bahwa sebenarnya sedari dulu Mihawk mungkin sudah mengetahui bahwa Zoro memiliki potensi untuk menggunakan Conqueror Haki.

Mihawk mungkin juga mengetahui bagaimana teknik Asura yang dipraktikan oleh Zoro sebelumnya. Namun, dia tidak mau mengatakan apapun tentang kekuatan Zoro tersebut karena dia ingin Zoro belajar untuk mengetahui dan mengendalikannya sendiri. Mungkin ini juga yang dipelajari oleh Zoro selama time-skip dua tahun di Kuraigana. Dan Mihawk pun kemungkinan memiliki Advanced Conqueror Haki seperti halnya Luffy. Bagaimana menurut kalian Geeks?

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.